Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Tanggapan Sbmptn Geografi 2018 Part 3

Halo teman-teman sekalian pecinta geografi seluruh Indonesia. Kali ini aku akan coba berikan kunci tanggapan pembahasan SBMPTN Geografi 2018 nomor 10-14. Simak baik-baik dan share ke teman-teman lainnya.

1. Ragam spesies tumbuhan dan fauna di daerah ekuator lebih banyak dibandingkan daerah lain di bumi. 
SEBAB
Daerah tropika memiliki kondisi lingkungan yang relatif paling sesuai untuk mendukung kehidupan makhluk hidup pada umumnya. 

Kunci 
Jumlah spesies tumbuhan dan fauna di daerah ekuator lebih banyak dibandingkan daerah lain di bumi alasannya yakni daerah ekuator yang beriklim tropis memiliki kondisi lingkungan yang relatif sesuai untuk mendukung kehidupan makhluk hidup pada umumnya. Suhu dan curah hujan yang besar menciptakan bermacam-macam jenis tumbuhan sanggup hidup. Makara daerah tropis itu surganya biodiversitas tumbuhan fauna dunia.

Hal ini dikarenakan tumbuhan memerlukan air serta suhu yang sesuai. Semakin banyak air yang tersedia, maka semakin banyak pula tumbuhan yang sanggup hidup. Semakin banyak tumbuhan yang hidup, maka semakin banyak pula binatang yang hidup di dalamnya. Daerah tropik punya curah hujan tinggi sehingga kandungan air tanah relatif tinggi. Jadi, pernyataan dan alasan benar berhubungan. 
Pembahasan SBMPTN Soshum
2. Pesisir timur Sumatra lebih berisiko terjadi peristiwa tsunami dibandingkan pesisir barat Sumatra. 
SEBAB
Daratan pesisir timur Sumatra sebagian besar berupa dataran rendah dan rawa-rawa. 

Kunci 
Pesisir timur Sumatra tidak berisiko peristiwa tsunami alasannya yakni pertemuan Lempeng Eurasia dan Lempeng Indo-Australia ada di sebelah pesisir barat-selatan Sumatra. Daerah pesisir timur Sumatra sebagian besar berupa dataran rendah dan rawa, sedangan daerah pesisir barat-selatan Sumatra sebagian besar berupa rangkaian pegunungan. Jadi, pernyataan salah, tetapi alasan benar. 

3. Faktor penarik yang menyebabkan terjadinya perpindahan penduduk dari kota ke desa yakni .... 
(1) harga tanah yang murah
(2) kenyamanan hidup yang tinggi
(3) ikatan kekeluargaan yang tinggi 
(4) keamanan hidup yang terjamin 

Kunci 
Faktor penarik (dari kota) yang menyebabkan perpindahan penduduk dari kota ke desa meliputi: harga tanah yang murah; kenyamanan hidup yang tinggi; ikatan kekeluargaan yang tinggi; keamanan hidup yang terjamin; dan biaya hidup yang rendah. Jadi, semua tanggapan benar. 

4. Secara geografis, garis lintang pada peta dunia sanggup dipakai untuk mengatakan .... 
(1) perubahan cuaca 
(2) perbedaan musim 
(3) perubahan waktu 
(4) perbedaan iklim 

Kunci 
Garis lintang dipakai untuk mengetahui perbedaan demam isu dan iklim. Garis lintang tengah bumi yakni khatulistiwa. Garis bujur dipakai untuk mengetahui perbedaan waktu. Jadi, tanggapan yang benar yakni nomor 2 dan 4.

Sumber https://www.gurugeografi.id/