Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pegertian Dan Perbedaan Bluray, Brrip, Dvdrip, Dvdscr, Cam, Ts, Tc, & R5 Dll



Setiap kita yang penggemar download movie di internet akan selalu berpikir apa istilah-istilah DVDRip, DVDSCR, CAM, TS, TC, dan R5. Kualitas video ketika Anda akan men-download film penting untuk mengetahui apa kualitasnya alasannya yaitu kita tidak ingin menghabiskan waktu men-download film mendapat kualitas film tidak menyerupai yang diharapkan. Berikut akan diberikan beberapa pejelasan.






Bluray/HD : 

Resolusi jauh lebih besar yaitu 1920x1080 atau 1280x720 (tergantung filenya). Konsekuensinya, file jadi besar dan memutarnya juga berat, sehingga diharapkan spesifikasi komputer yang tinggi juga, jika tidak nanti jadi video yang diputar patah-patah. Kualitas ini jauh lebih baik dari DVDRip.

m-HD :

Mini/micro HD, hampir sama dengan HD, tetapi dengan resolusi yang lebih kecil yaitu 1280x500, sehingga ukuran filepun juga lebih kecil dibandingkan HD.

BRRip :

Ripper dari Bluray, kualitasnya jauh lebih anggun dari DVDRip namun membutuhkan spesifikasi hardware yang lebih tinggi pula. Jika hardware komputer (VGA dan lain-lain) tidak memadai maka video yang diputar akan terlihat patah-patah.

DVDRip :

Copy-an dari DVD asli. Namun kualitas resolusi gambar rendah. DVDRip kualitas original DVD di pasaran. DVDrip dikeluarkan dalam SVCD dan DivX/XviD.

DVDScr :

DVDScr atau DVD Screener, biasanya yaitu salinan dari sebuah PROMO DVD. DVDScr keluar sebelum DVD orisinil keluar di pasar. Video biasanya tiba dengan watermark dalam video, kadang kala di beberapa bab dari video movie berubah dalam warna hitam dan putih, dan resolusi gambar rendah.

R5 :

Mengacu pada format tertentu dirilis di DVD Region 5, bekas Uni Soviet, dan selundupan rilis ini salinan yang didistribusikan di internet. Dalam upaya untuk bersaing dengan film pembajakan, industri film menentukan untuk menciptakan sebuah format gres untuk DVD rilis yang sanggup dihasilkan dengan lebih cepat dan lebih murah daripada rilis DVD tradisional. Kualitas kurang baik alasannya yaitu RIP video pribadi dari DVD.

CAM :

Cam yaitu rekaman yang dilakukan dengan kamera video digital. Tripod kadang kala digunakan, atau tidak sehingga menciptakan kamera goyang. Kualitas tidak bagus.

TS atau Telesync :

TS atau Telesync yaitu sama dengan CAM kecuali memakai sumber audio eksternal. Sebuah sumber audio pribadi tidak menjamin kualitas audio yang baik dari sumber, banyak kebisingan yang sanggup mengganggu. Kualitas tidak bagus.

TC :

Sebuah mesin telecine salinan film digital dari reels. Suara dan gambar harus sangat baik, namun alasannya yaitu peralatan yang terlibat dan biaya telecines cukup jarang. Kualitas biasa saja.

VHSRip :

Dicopy pribadi dari VHS tapenya secara langsung, biasanya hanya dimiliki oleh film-film olah raga atau dewasa.

TVRip/Episodes :

Film dengan jenis ini biasanya direkam pribadi pada dikala film tersebut sedang disiarkan. Kulitas bergantung pada stasiun televisi yang menyiarkan, apakah film tersebut disiarkan dalam format high definition atau tidak. Kalau film tersebut disiarkan dengan format high definition, maka kualitasnya akan sangat baik. Contoh untuk flm dengan flag ini yaitu film-film serial amerika, misal Heroes, KyleXY, 24, dll. 

DSRip (Digital Satelite) :

Direkam dari transmisi satelite, kualitasnya baik, biasanya di encode dalam format xvid.

PDTV (Pure Digital TV)

Film jenis ini direkam melalui jaringan TV digital dengan memakai TV Tuner yang mendukung format digital. Kualitasnya sangat baik, biasanya di encode dalam format xvid.


HDTV (High Definition TV) :

Sama dengan PDTV.

Setelah kita mengetahui mengenai apa itu jenis-jenis kualitas film, tergantung pada pilihan kita nantinya untuk menentukan film yang cocok.

Semoga Bermanfaat