Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Niat Tata Cara Shalat Ied Idul Fitri Lengkap Waktu Dan Jumlah Rakaatnya

Bacaan Niat Tata Cara Shalat Ied Idul Fitri Lengkap Waktu Dan Jumlah Rakaatnya - Idul fitri adalah sebuah perayaan di akhir bulan ramadhan yang di isi oleh beragam kegiatan islami sesuai perintah yang di syariatkan dalam agama, salah satunya melaksanakan shalat ied idul fitri di pagi hari, memperbanyak bacaan takbir, bermaaf-maafan dan lain sebagainya. Dan salah satu ibadah yang lebih di anjurkan pelaksanaannya pada waktu tersebut adalah shalat ied.

Shalat ini merupakan yang harus dilaksanakan oleh seluruh umat muslim karena memiliki tingkatan hukum sebagai sunnah mu'akad yaitu jenis sunnah yang di anjurkan, meski dalam hal hukum ini berberapa ulama berbeda pendapat ada yang menyatakan sebagai fardlu ain dan fardlu kifayah sebab rosululloh saw tidak pernah meninggalkannya.

Dalam tata cara pelaksanaan, berbeda dengan shalat pada umumnya terutama dari sisi niat shalat idul fitri serta khutbah yang di lakukan setelah selesai shalat juga adanya takhbir setelah takhbirotul ikhram dan setelah berdiri rakaat kedua, namun dalam bacaannya dan gerakannya tidak begitu berbeda yaitu di awali dengan takhbirotul ikhram dan di akhiri salam.

Bacaan Niat Tata Cara Shalat Ied Idul Fitri Lengkap Waktu Dan Jumlah Rakaatnya Bacaan Niat Tata Cara Shalat Ied Idul Fitri Lengkap Waktu Dan Jumlah Rakaatnya

Sementara untuk jumlah rakaat pada shalat idul fitri ini yaitu sebanyak dua rakaat sama halnya dengan shalat idul adha, yang mana harus di kerjakan secara berjamaah di mesjid atau di lapangan atau di tempat terbuka yang memungkinkan mampu menampung orang banyak. Selain itu sebelum berangkat shalat ied alangkah baiknya jika melaksanakan mandi besar dulu, makan, serta memakai pakaian bersih

Tata Cara Shalat Idul Fitri

1. Niat shalat ied idul fitri

Untuk Makmum :

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli sunnata 'iidhil fithri rokataini mustakhbilal qiblati ma'muman lillahi ta'aala

Artinya : Saya niat sholat sunnah idul fitri dua raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala

Untuk Imam :

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli sunnata 'iidhil fithri rokataini mustakhbilal qiblati imaaman lillahi ta'aala

Artinya : Saya niat sholat sunnah idul fitri dua raka'at menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta'ala

2. Takhbirotul ikhram sebagaimana pada shalat lainnya

3. Setelah takhbirotul ikhram di lanjut dengan melakukan takhbir lagi sebanyak 7 kali dan di antara takhbir tersebut membaca doa yaitu :

سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ . اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِي

Subhanallah wal hamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu akhbar, allahummaghfirli war hamni

Artinya : Maha suci Allah, segala pujian bagi-Nya, tidak ada sesembahan yang benar untuk disembah selain Allah. Ya Allah, ampunilah aku dan rahmatilah aku.

4. Di lanjut dengan membaca fatihah dan salah satu surat dari al-quran, namun lebih di anjurkan untuk membaca surat qaaf untuk rakaat pertama dan rakaat kedua surat Al Qomar jika mampu maka atau Al A’laa dan surat Al Ghosiyah jika belum faham bisa di ganti dengan yang lainnya.

5. Setelah itu kemudian melakukan ruku, sujud dan i'itidal seperti shalat pada umumnya.

6. Berdiri untuk melakukan rakaat kedua sambil takhbir

7. Takhbir sebanyak 5 kali yang diselangi dengan bacaan seperti di atas pada rakaat pertama

8. Di lanjukan seperti halnya yang pertama hingga salam.

9. Setelah selesai shalat di lanjut khubah idul fitri yang di lakukan oleh imam dan makmum hanya di tugaskan untuk mendengarkan seperti halnya pada shalat jumat dan idul adha. Untuk isi khutbah ini sebaiknya yang berhubungan dengan hikmah puasa, zakat fitrah dan sedekah atau menyantuni fakir miskin.

Bagi sebagaian orang, terutama yang rajin belajar tentang agama tentu sudah tidak memerlukan lagi panduan seperti ini, sebab asti mereka sudah paham betul. Namun tidak menutup kemungkinan jika ada di antara sehabat di luar sana yang sama sekali belum tahu bagaimana tata cara shalat idul fitri secara lengkap. Maka dari itu silahkan pelajari semuanya terutama yang berhubungan dengan bacaan niat tata cara shalat ied idul fitri lengkap waktu dan jumlah rakaatnya sholat berapa rakaat, doa setelah, mandi, idul adha beserta artinya, pengertian, video dan lain sebagainya.
Sumber http://santriema.blogspot.com/