Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Satu Dasawarsa Bblogger Bareng Sajian Istimewa Rm. Torani


Sungguh aku nggak nyangka, kayaknya gres aja kenalan sama komunitas ini, kayaknya gres aja aku ngeblog. Tapi ternyata, Komunitas Balikpapan Blogger (BBloger!) sudah sepuluh tahun. Oya, ya benar, mereka pendirinya toh kini sudah jadi bapak-bapak, emak-emak semua. Hihihi.

Ternyata panjang juga perjalanan komunitas ini yang adakalanya aku amati lewat gambar-gambar dan goresan pena yang bertebaran di blog, yang dulu face bubuhannya masih muda dan langsing-langsing. Baiklah, skip dulu masa lalunya. Demi spirit masa depan, balasannya HUT Balikpapan Blogger yang ke-sepuluh (9 Desember 2007 – 2017) diramaikan di RM. Torani, Rumah Makan yang notabene selalu jadi best partner buat Komunitas BBlogger. Karena sudah banyak banget event-event hasil kerjasama BBlogger dan RM. Torani

Jadi, aku mau kisah perihal momen perayaan ini dan sedikit perihal RM. Torani. Karena sebetulnya, aku eksklusif sudah sering banget main-main, makan kenyang, makan enak, makan nagih, sampe goler-goleran di RM. Torani. Mungkin, kisah perihal RM. Toraninya ntar dapat bertahap.

SSST.. KAK RIAN SETIAWAN BOCORIN CARA GRATISAN PAKAI MENGHILANGKAN WATERMARK PADA APLIKASI EDIT VIDEO BERBAYAR.

Awalnya, aku ingin bersenang-senang bareng Cmumut di momen perayaan BBlogger! ini. Tapi, apalah daya upaya sehabis diajak,si neng malah banyak nangisnya. Segenap upaya dan seribu jurus ngebujuk pun nggak mempan. Mungkin butuh teknik ngerayu Dilan 1990…. lha!

Fine, alasannya yaitu acaranya santai dan jadi ajang silaturahmi, balasannya Cmumut lebih banyak dibawa main dekat kolam ikan. Nah, ini memang sudut yang menawan di RM. Torani, alasannya yaitu disediakan dua kolam ikan bagus yang bikin mata pengunjung nyaman. Karena keberadaan kolam ikan ini pulalah, Cmumut sumringah mulu sementara aku nggak tahu apaan yang dibahas teman-teman di sebelah sana.

So, yang tadinya niat mau bikin review, balasannya sempat resah juga alasannya yaitu kurang bahan. Masih ditambah keterlambatan tiba ke program alasannya yaitu hujan deras dan macet. Ya, maklum saja, alasannya yaitu perayaannya bertepatan dengan malam minggu.
Acara kebersamaan ini dimulai dengan makan bersama.  After dinner,  acara ini berlanjut dengan pemotongan camilan manis anniversary. Eh, ternyata ada dua kue, satu dari RM. Torani dan satu lagi dari mbak Anggi (Astra Motor Balikpapan). So, thankyou mbak Anggi J


Udah gitu aja? Nggak. Selain sesi sambutan dari banyak sekali pihak, program ini juga berisi materi yang merupakan lanjutan dari Kelas Blogger ke-2.

Baca Kelas Blogger Balikpapan perdana (lagi) : Belajar Ngeblog, SEO dan Konten

Di kelas kedua ini kami mencar ilmu menciptakan video dengan pemateri Rian Setiawan, yang doyan ngevlog di IG-nya @setengah5pagi

Riang Setiawan ini udah sering ngisi materi mencar ilmu bikin video. Sebenarnya si kakak ini cuma pakai satu aplikasi dikala ini dan ngerekam pake hape. Ada satu hal yang bikin aku ingin tau tiap kali lihat videonya: ‘Kok dapat nggak ada watermarknya ya?’ Oh, oke, mungkin emang aplikasinya atau alasannya yaitu Kak Rian ini bayar. Ternyata nggak kedua-duanya. Aplikasi edit video yang @setengah5pagi gunakan ada watermarknya dan untuk menghilangkannya mesti bayar.

Dan di momen Istimewa BBlogger! saturday night lalu, Kak Rian Setiawan bocorin rahasianya yang mana aku udah usang penasaran. Tapi ya gitu, off record lah ini.. yang penting aku puas dapat tahu wkwkw.

Sekarang kelas mencar ilmu video-nya Kak Rian, banyak peminatnya. Kak Rian juga mulai merambah channel Youtube.
Setelah mencar ilmu bikin video bareng Rian Setiawan, seharusnya kelas berlanjut dengan mencar ilmu mereview. Tapi, subhanallah lelah sekali rasanya. Resiko mencar ilmu malam ya begini, capek-ngantuk. Dan syukurlah, mencar ilmu menciptakan review balasannya ditunda di kelas selanjutnya alasannya yaitu udah pukul 10 malam. Kami pun bersiap pulang.

Rumah Makan Torani, Seafood Terbaik yang Bisa Kamu Temukan

Seperti aku bilang, aku udah berkali-kali ke RM. Torani ini. Karena aku gres ngeblog kembali baru-baru ini, terus jelas belum sempat menuliskan perihal rumah makan yang ramah keluarga ini. Kedua, alasannya yaitu ada beberapa hambatan balasannya aku gagal memotret malam perayaan HUT Balikpapan Blogger ke 10 pada 9 Desember lalu, termasuk keseluruhan RM. Torani yang terletak di Jl. Jend Sudirman- Stal Kuda. I’m really sorry, alasannya yaitu aku penggemar berat foto memotret, potret memoto.. eh, malah nggak kesampaian buat motret.

Menu utama yang disediakan: ikan bandeng tanpa duri, ayam goreng, dan sate udang. Sedangkan di meja makan ada 3 varian sajian kepiting: Kepiting Asam Manis, Kepiting Lada Hitam, dan Rica-rica. Kalau diamati dari semua sajian yang dihadirkan, niscaya udah kebaca bahwa RM. Torani ini yaitu rumah makan yang menyediakan aneka seafood. Dan one of the best-nya di Balikpapan lho.


Khusus malam Istimewa ini, aku mencicipi: Kepiting Asam Manis, Kepiting Lada Hitam, Satay Udang dan Ikan Bandeng Tanpa Duri. (Ini merasakan apa doyan)
Baiklah ini emang doyan.

Satay Udang yang disajikan di RM. Torani ini yummy banget, empuk, gurih bumbu, dan berasa manis udangnya. Biasanya udang gres masih ada rasa manis-manisnya. So far, aku nggak tahu udah habis berapa tusuk.



Selanjutnya, makan kepiting.
Apa sih ekspektasi aku dikala menyantap kepiting?
- Dagingnya empuk, segar
- Bumbunya meresap ke dalam
- dan ada yang bukain cangkangnya,
Eaa, ternyata dua impian terkabul. Favorit saya, kepiting lada hitam yang rasanya nonjok hingga di dalam. Sayang nggak ada yang bukain cangkangnya. Thanks to penjepit yang disediakan.

Kalau ikan bandeng tanpa duri yaitu sajian yang selalu ngehits, percayalah. Karena RM. Torani ini aktivis Bandeng Tanpa Duri, dan bandengnya bukan dipresto lho. Rasa ikan bandeng tanpa duri-nya RM. Torani ini mind blowing. Juara. Kalau mau cari buah tangan atau mencari sajian Istimewa yang khas pas ke Balikpapan, mesti mampir ke RM. Torani, beli bandengnya yang femes. Someday, aku mau ceritain khusus perihal RM. Torani ini, agar ya. Mudah-mudahan untuk edisi selanjutnya dapat menuliskan secara gamblang perihal RM. Torani. Amiin.

Akhirnya, SELAMAT ULANG TAHUN BALIKPAPAN BLOGGER, SEMOGA BERJAYA DAN LEBIH BAIK LAGI. Senang punya teman-teman gres pada hari ini.

Dan terimakasih untuk RM. Torani. Selalu bahagia dapat mengakrabkan diri dengan keramahan rekan-rekan di RM. Torani :)

--------

PS : Foto-foto diambil dari Grup BBlogger!