Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Upaya Anggun Dengan Catokan Rambut Dari Kurun Ke Masa


“Ih, saya pengen lho ngutak-ngatik rambutku.”

Saya terpancing mendengar dialog mitra dikala itu. Tentu saja, dialog para wanita tidak sanggup dilepaskan dari dandan dan kecantikan. Mungkin, curhat rambut dikala itu ialah yang sedang terpikirkan. Obrolan ini bersama-sama terjadi di masa silam. Teman yang satu ini bermaksud mengubah model rambutnya yang biasa terlihat sehari-hari, menjadi berbeda.

“Tapi, saya nggak mau ke salon, nggak mau di potong, bukan mau ditata juga.”

Jawaban ini selain balasan yang cukup kere, kenyataannya wanita memang menyerupai itu, senang menyebabkan rumah sebagai kawasan merawat diri.
Kenyataan terbaiknya teman-teman bersedia mendapatkan tantangannya, tanpa seorang pun mempunyai peralatan khusus. Teknik mengubahnya ialah dengan cara mengepang rambut habis-habisan, kemudian menyeterika rambut itu dengan seterika pakaian. LOL. Hasilnya memang waw amazing. Yang lurus sanggup bergelombang, yang bergelung sanggup jadi lurus kembali. But, please do not copy this trick. Karena trik ini tidak kondusif dan sebab diperlukan trik khusus lain.

Dan sebab kisah ini bersama-sama terjadi di masa lampau. Zaman teman-teman saya masih muda (ya berarti saya juga dong) masih berupa cewek-cewek centil ingin tau dan banyak ngakaknya. Memang, mengutak-atik penampilan seakan sudah melekat pada diri perempuan. Karena wanita itu memang senang tampil menyenangkan, minimal senang dengan diri sendiri, termasuk memedulikan penampilan rambut sesuai selera dan standar sehatnya masing-masing.

Tapi mengapa mesti rambut dipanaskan? Karena untuk mengubahnya tidak memungkinkan dengan cara biasa. Misal, rambut lurus tidak sanggup keriting kolam Ratu Kerajaan hanya dengan dikepang, niscaya beberapa jam akan kembali normal. Dan rambut ikal tidak cukup ditarik-tarik saja. *Duh ditarik.

Proses memanaskan rambut sah-sah saja, boleh, selama tidak menyakitkan dan sesuai aturan. 
Bicara wacana Ratu Kerajaan alias orang-orang di masa lampau, bersama-sama trik memanaskan rambut sudah dimulai semenjak lama. Baik untuk meluruskan, mengeriting maupun menata semata, hair style.

Hair stuff yang digunakan untuk meluruskan atau mengeriting tentu saja tidak sama dengan dikala ini. Kisahnya dimulai dikala seorang wanita berjulukan Erica Feldman memakai batang logam panas untuk membentuk rambut. Meski tidak tercatat sebagai penemu, tapi tercatat dialah yang memulai langkah awal ini. Di tahun yang sama, laki-laki dari Paris, Marcel Grateau-lah yang tercatat sebagai penemu benda yang kudu dipanaskan ini.

Bagaimana pun penemuan itu terus ada, maka kemudian seorang lelaki lain berjulukan Simon E. Monroe, mematenkan pelurus rambut yang bentuknya menyerupai sisir logam, pada tahun 1906. Selang tiga tahun kemudian, Issac K. Shero kembali mematenkan penemuannya yang berbeda dari penemuan sebelumnya, yakni dua seterika yang digabungkan sebagai pelurus rambut.

Balik ke masa kini, hair stuff yang digunakan sebagai pelurus rambut atau yang disebut catokan rambut, konon lebih menyerupai dengan penemuan Lady Jennifer Bell Schofield, yang tercatat menemukannya tahun 1912.

Karena kita sudah berada di #zamannow, tentu saja praktik mengubah model rambut di #zamanold yang mesti dipanaskan dengan api itu ada yang terkesan tidak aman, tidak ramah rambut dan banyak pula yang ditinggalkan.

Karena itu seiring pedoman inovasi, untuk mengganti model rambut, semoga manis paripurna dari rambut, dan ingin tampil menawan demi menarik hati suami sendiri telah banyak catokan rambut yang sanggup dipilah dan dipilih.

Secara umum, catokan rambut diklasifikasikan menjadi dua jenis, ada yang mempunyai kegunaan untuk meluruskan rambut yang biasanya berbentuk menyerupai jepitan pipih, datar dan memanjang. Ada yang mempunyai kegunaan untuk mengeriting rambut, yang biasanya berbentuk menyerupai telunjuk.

Cantik dari penampilan ialah satu dari potongan keseluruhan cantik, sebab masih ada faktor manis lain yakni sehat. Ya, kesehatan rambut penting pastinya. Karena itu ada juga beberapa hal juga berkenan untuk diperhatikan, yakni: memahami kondisi rambut pribadi, merapikan kusut berlebih terlebih dahulu, menawarkan serum rambut sesudah dicatok, memahami suhu yang sempurna bagi rambut dikala catokan rambut dipanaskan dan menghindari pemakaian yang berlebihan.

Menggunakan catokan rambut ini, selain lebih ringan (dibanding alat catok di masa silam), adaptif, mempunyai kandungan ion negatif, plus sanggup irit waktu. Dan ah iya, tentu saja, jadi sanggup membuat salon sendiri di rumah.


Salam
Lidha Maul