Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengubah Foto Biasa Terlihat Layaknya Miniatur Dengan Tilt Shift Effect




Pernah melihat foto-foto miniatur? Pasti dong ya, pertanyaan apa ini. Misal foto-foto mini figure(mainan), kereta-keretaan, mobil-mobilan, maket dan lainnya yang dikategorikan sebagai foto miniatur.

Tapi, goresan pena ini bukan wacana berguru memotret benda-benda miniatur. Melainkan, mengubah foto-foto biasa menjadi terlihat mirip miniatur. Caranya dengan memakai tilt shift effect.
Untuk para pemain Instagram, niscaya tahu imbas ini. Saya sendiri tahu imbas ini alasannya suka main photoshop. Saya suka ikuti tutorial dari blognya om-om bule (emang udah niscaya om?). Pada photoshop edisi lama, fitur ini nggak muncul, alias kita mesti utak-utik sendiri. Kalau kini sih udah ada. Nanti saya kasih skrinsutnya. Btw, ini bukan wacana photoshop ya, catat-garisi-tebalkan. Fitur ini udah banyak disediakan di banyak sekali aplikasi edit gambar. Makara siapa pun bisa

Sebelumnya, kenalan dulu sama tilt-shift ini yuk:

“Semua berdasarkan apa yang saya pahami, jikalau ada kekurangan dan kesalahan, mohon maaf dulu deh (salim)”

Efek ini sebetulnya ialah imbas blur, dimana teknik blur yang umum digunakan ialah blur yang memanjang dan berangsur-angsur, bukan bundar mirip ‘lens effect’ dikala kita mengedit foto semoga terlihat fokus. Tujuan memakai tilt shift effect ini untuk membuat delusi optik semoga foto-foto biasa terlihat mirip miniatur.

Teruntuk kalian yang bersedia buang-buang kuota, boleh dicek lho hasil kota-kota hasil tilt-shift via youtube berikut:


Dimana kita sanggup menemukan Efek Tilt Shift ini:
1. Lensa khusus

Dari apa yang saya ketahui, Tilt shift sebetulnya bermula dari penggunaan lensa khusus, dengan teknik pengambilan gambar tertentu. Karena saya hanya pengguna kamera biasa dan udah coba hingga jungkir balik (kameranya, maksud saya) ya udah tetap nggak bisa, maka dari itu mending diedit sajalah.

2. Program dan Aplikasi Edit Gambar

Sekali lagi, saya nggak sanggup sebutin aplikasi apa saja, alasannya bukan pemakai banyak aplikasi edit foto. Kalau photoshop udah terang ada, biar pun nggak ada, teknik ngeblur ini sanggup dibentuk sendiri. Photoshop gitu loh. Khusus di hape, saya pakai SNAPSEED. Pada tools-nya sanggup dilihat, ada Lens Blur. Nah, itu sanggup dipakai. Umumnya teknik ngeblur ala tilt shift ini memakai (garis) memanjang, jadi pilihlah yang itu walau bukan berarti wajib ya.
Tilt-shift yang terdapat pada Snapseed, sanggup memakai fitur lens blur


Tilt-shift yang terdapat pada Snapseed


3. Instagram
Yes, di Instagram kan udah ada tuh. Pasti familiar dong ya. Jadi, ini manfaat tilt shift di Instagram


Pertanyaan: Apakah foto-foto biasa niscaya terlihat layaknya miniatur dikala memakai imbas ini? Jawab : Sayangnya nggak gitu juga. Ada sedikit teknik lain yang mesti diterapkan, semacam S&K begitulah.

Yuk, kita coba:

1. Sebelum mengedit foto yang akan dibentuk miniatur, coba cek foto-foto kita. Ada baiknya foto yang diambil sebelumnya memakai angle high level atau bird level. Kenapa? Ya ibaratnya, kita sebagai juru foto ialah kingkong, dimana raksasa mandangin objek mereka dengan cara menunduk, bukan ngedongak.
Bisa nggak jikalau eye level alias sejajar? Beberapa waktu kemudian saya coba foto-foto yang ngambil gambarnya sejajar mata, tapi kurang kena. Mungkin sanggup kali ya jikalau tidak mengecewakan jauh, biar mengakibatkan delusi mungil. Tapi yang pasti, silakan dicoba sendiri

2. Di goresan pena ini, saya akan kasih gimana caranya edit pake photoshop aja ya. Saya nggak expert dan nggak geek juga sih, cuma alasannya kemaren ngeditnya udah pake photoshop, jadi ya yang saya post teknik dengan photoshop aja lah.

Tutorial.
Pertama-tama buka photoshopnya (ya iyalah, tutorial bodoh). Saya pakai Photohop CC 2015. Lalu masukkan foto yang akan diedit. Khusus foto yang saya edit ialah foto yang sama dengan yang ada di Instagram saya : https://www.instagram.com/p/BcDtU8NhC7F/ 

A post shared by Lidha Maul (@bulirjeruk) on


Foto di atas, sebelumnya ialah mirip di bawah ini:
Sungguh, foto aslinya cukup butek.
Foto ini diambil dengan jarak tidak terlampau jauh atau dekat, yang niscaya posisi tukang fotonya lebih tinggi


3. Pada Photoshop CC 2015, pilih Filter -- Blur Gallery -- Tilt Shift


4. Nanti akan muncul pilihan teknik ngeblur bergaris-garis. Selain photoshop, teknik ini juga sama kok. Tinggal kita ngatur seluwes jari-jemari aja.

Model mulai terlihat mirip liliput

5. Jangan lupa untuk atur-aturlah cahayanya, manfaatkan kontras di kawasan yang telah diseleksi. Atur sekeren-keren dan semantapnya pencahayaannya, alasannya dibalik pencahayaan yang baik ada kepala teman-teman Anda yang mengangguk-angguk terus bilang, ‘kereen’


6. Untuk mengakibatkan kesan jarak dekat,  sanggup dilakukan cropping. Selesai. Ya selesai. Udah gitu aja.

Karena saya masih perlu banyak belajar. Berikut ada beberapa foto biasa yang udah saya coba praktikkan dengan memakai tilt-shift effect ini.
Masih garang berdasarkan saya, tapi tidak mengecewakan terlihat mini.
Lokasi : TMII
Perumahan mini

Mainan kereta-keretaan


Kota mainan :D
Lokasi : Taman Kelinci, Batu

Miniatur masjid
Lokasi : lupa :D

My City
Lokasi : Balikpapan

Favorit Banget :D
Lokasi : Bromo

Seru ya. Cuma alasannya teknik blur, yang kita pandang jadi beda. Meskipun simpel, triknya ialah kita mesti jeli mana yang mau diblur dan diseleksi.
Kalau kalian ada yang mau coba tilt-shift ini?
Nah, itu aja dari saya. Terimakasih sudah berkenan membaca. Boleh kasih saran dan kritik kok :)


Salam.
Lidha Maul