Contoh Modul Asuh Sekolah Penggagas Dan Cara Membuatnya
Bismillah Sahabat edukasi, Pada kurikulum Sekolah pencetus Dokumen Rencana Pembelajaran atau perangkat didik yang wajib dipakai yakni RPP dan modul ajar. pada laman ini dituliskan komponen modul didik beserta link download kumpulan modul didik kurikulum merdeka lengkap semua jenjang mulai darri paud sd smp sma smk selaku referensi untuk penyusunan modul pada tahun pedoman 2022-2023.
Satuan pendidikan yang menggunakan modul didik yang ditawarkan pemerintah, maka modul didik tersebut sanggup dipadankan dengan RPP Plus, alasannya yakni modul didik tersebut memiliki komponen yang lebih lengkap dibanding RPP
JIka satuan pendidikan membuatkan modul didik secara mandiri, maka modul didik tersebut sanggup dipadankan dengan RPP
Satuan pendidikan sanggup menggunakan banyak sekali perangkat didik tergolong modul didik atau RPP dengan kelengkapan komponen dan format yang beraneka ragam sesuai dengan karakteristik dan keperluan penerima didik
Mengembangkan Modul Ajar
Tujuan pengembangan modul ajar: Mengembangkan perangkat didik yang memandu pendidik melaksanakan pembelajaran.
Catatan: Pendidik dan satuan pendidikan sanggup menggunakan banyak sekali taktik untuk membuatkan modul didik selama modul didik yang dihasilkan menyanggupi persyaratan yang sudah ditetapkan dan aktivitas pembelajaran dalam modul didik sesuai dengan prinsip pembelajaran dan asesmen.
Modul didik yang dikembangkan menyanggupi persyaratan berikut ini:
1. Esensial: Pemahaman rancangan dari setiap mata pelajaran lewat pengalaman berguru dan lintas disiplin.
2. Menarik, bermakna, dan menantang: Menumbuhkan minat untuk berguru dan melibatkan penerima didik secara aktif dalam proses belajar. Berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya, sehingga tidak terlampau kompleks, tetapi juga tidak terlampau mudah untuk tahap usianya.
3. Relevan dan kontekstual: Berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya, dan sesuai dengan konteks di waktu dan kawasan penerima didik berada.
4. Berkesinambungan: Keterkaitan alur aktivitas pembelajaran sesuai dengan fase berguru penerima didik.
Komponen Modul Ajar
Selanjutnya berikut komponen modul ajar. Penulisan modul didik berniat untuk memandu pendidik untuk melaksanakan proses pembelajaran. Komponen dalam modul didik diputuskan oleh pendidik menurut kebutuhannya. Secara lazim modul didik memiliki komponen selaku berikut:
Informasi Umum• Identitas penulis modul
• Kompetensi awal
• Profil Pelajar Pancasila
• Sarana dan prasarana
• Target penerima didik
• Model pembelajaran yang digunakan
Komponen Inti
• Tujuan pembelajaran
• Asesmen
• Pemahaman bermakna
• Pertanyaan pemantik
• Kegiatan pembelajaran
• Refleksi penerima didik dan pendidik
Lampiran
• Lembar kerja penerima didik
• Pengayaan dan remedial
• Bahan bacaan pendidik dan penerima didik
• Glossarium
• Daftar pustaka
Tidak semua komponen di atas wajib tercantum dalam modul didik yang dikembangkan oleh pendidik. Pendidik di satuan pendidikan diberi keleluasaan untuk membuatkan komponen dalam modul didik sesuai dengan konteks lingkungan dan keperluan berguru penerima didik
Strategi Mengembangkan Modul Ajar
π Mengidentifikasi tujuan pembelajaran yang sanggup dikelompokkan dalam satu lingkup materi. Satu MA sanggup meliputi beberapa tujuan pembelajaran.
π Lakukan asesmen diagnosis mengidentifikasi penguasaan kompetensi permulaan penerima didik.
π Tentukan teknik dan instrumen asesmen sumatif beserta indikator kesuksesan asesmen sumatif yang hendak dijalankan pada selesai lingkup materi.
π Tentukan periode waktu atau jumlah JP yang dibutuhkan.
π Tentukan teknik dan instrumen asesmen formatif menurut aktivitas pembelajaran.
π Buat rangkaian aktivitas pembelajaran dari permulaan hingga akhir.
π Pastikan aktivitas pembelajaran selaras dengan tujuan pembelajaran.
π Setiap aktivitas dilengkapi dengan pengertian memiliki arti dan pertanyaan esensial yang menjadi acuan.
π Persiapkan lembar belajar, materi belajar, dan media berguru sesuai dengan kesiapan, minat, dan profil berguru penerima didik.
π Lampirkan instrumen asesmen menyerupai ceklis, rubrik atau lembar pengamatan yang dibutuhkan.
π Periksa kembali kelengkapan komponen modul ajar.
Contoh Modul Ajar Kelas 4 SD
Sobat guru penggerak, dibawah ini ada dua penampakkan atau cuplikan contoh mudul didik SD sekolah pencetus selaku referensi.
Modul 1DOWNLOAD CONTOH :MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA PAUD SD Sekolah Menengah Pertama Sekolah Menengan Atas SMK
πDiskusi dan aktivitas berkelompok dibagi menurut kalangan dengan kesiapan yang berbeda, sehingga pembelajaran sesuai dengan tingkat kesiapan penerima didik.
πKegiatan pengamatan sekitar, diskusi dengan pertanyaan pemantik yakni pembelajaran yang membangun elemen bernalar kritis dan juga sanggup berdiri diatas kaki sendiri dengan melibatkan penerima didik dalam diskusi dan penyeleksian bentuk untuk kiprah asesmen sumatif
Asesmen sumatif menyediakan opsi dalam menghasilkan produk presentasi, sanggup dengan menulis laporan ilmiah, menghasilkan rekaman sandiwara radio, rekaman siaran atau poster/ infografis. Dalam eksperimen daur air, pendidik menyediakan opsi menantang sesuai dengan tingkat kesiapan penerima didik, dengan tiga aktivitas eksperimen yang berbeda.
Informasi modern tentang Sekolah penggerak
π Kepmendikbudristek tentang agenda sekolah pencetus (DOWNLOAD PDF)
π Cara Mendaftar Guru Penggerak Angkatan 5 (YUK DAFTAR DISINI)
π Contoh format Rapor Sekolah pencetus (LIHAT FORMATNYA)
π Contoh Penerapan Pola Pikir bertumbuh (YUK DAFTAR DISINI)
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca warta di blog guru-id.com, Semoga berharga dan menyediakan aksesori wawasan. salam edukasi.
Sumber https://www.guru-id.com/