Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tempat Camping Favorit 2020 Di Bandung, Cocok Untuk Acara Sekolah, Mahasiswa Dan Keluarga

-- Halo sahabat temanku kali ini saya akan kasih isu terkait tempat kemping paling saya rekomendasikan, tempatnya bersahabat dan tentunya nyaman sekali terutama sahabat sahabat yang rumahnya di sekitar kota cimahi, kota bandung dan kab. Bandung barat.

Kita tau Kegiatan kemping bersama merupakan kegiatan rutin sekolah/madrasah yang setiap tahunnya dilaksanakan. Seperti kegiatan latihan dasar kepemimpinan siswa (LDKS), kegiatan peresmian pramuka, paskibra, jadwal ratifikasi anggota OSIS, dan lainnya. Tak terkecuali para mahasiswa yang kebetulan sedang menempuh pendidikan di Bandung Raya.

Di SD/MI, SMP/MTs, sma kegiatan kemping bersama merupakan jadwal wajib terutama bagi siswa siswi yang gres masuk melanjutkan jenjang pendidikan ke tingkat menengah dan tingkat atas. Acara ini rutin dilaksanakan dengan tujuan melatih fisik dan mental siswa. Selain itu untuk menanamkan budaya disiplin, kerjasama dan gotong royong, mandiri, taat beribadah, tolong menolong, dan tahan banting terhadap situasi apapun dikala diberi ujian hidup.

Ada beberapa tempat camping paling saya rekomendasikan yang cocok untuk kegiatan sekolah di daerah Bandung raya dan sekitarnya. Bukan hanya untuk anak sekolah, Anda dan keluarga sanggup mencobaya terutama kalau hendak liburan ke Bandung.

Berikut beberapa tempat camping sekitar Bandung raya paling direkomendasikan:

1. CIC (Ciwangun Indah Camp)

 Halo sahabat temanku kali ini saya akan kasih isu terkait tempat kemping paling saya rekom Tempat Camping Favorit 2020 di Bandung, Cocok Untuk Kegiatan Sekolah, Mahasiswa dan Keluarga

Ciwangun Indah Camp (CIC) merupakan tempat camping yang sangat cocok untuk keluarga, siswa siswi sekolah, dan mahasiswa.  Beberapa forum pemerintah dan swasta selalu melakukan kegiatan camping dan training disini. Seperti dari TNI, training Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BPBD) dan lainnya.

Bukan hanya sekedar tempat camping, CIC sudah dilengkapi wahana lain terutama kegiatan outbound, penginapan dan tempat camping yang luas.

Camping di CIC sangat saya rekomendasikan bagi teman-teman sekalian terutama kegiatan pendidikan. Tempatnya sangat luas dan beda dari yang lain. Berada di sebuah bukit sehingga anda harus naik melalui beberapa tahap tangga ke atas.

Ada beberapa blok yang disediakan mulai dari blok A paling bawah, blok B, blok C, blok D paling atas. Kapasitas per blok diperkirakan cukup 14 tenda doome kapasitas 10 orang. Bagaimana dengan kamar kandi? Per blok sudah disediakan kamar mandi plus toilet masing masing berjumlah 4 kamar. Maka, tak perlu repot cari kamar mandi bulak balik naik turun ke bawah.

 Halo sahabat temanku kali ini saya akan kasih isu terkait tempat kemping paling saya rekom Tempat Camping Favorit 2020 di Bandung, Cocok Untuk Kegiatan Sekolah, Mahasiswa dan Keluarga
CIC (Ciwangun Indah Camp, Bandung Barat
Fasilitas lainnya ialah masjid besar yang sanggup anda gunakan apabila ada kegiatan sholat tahajud berjamaah. Kegiatan ini saya sarankan di masjid saja biar lebih khusyu.

CIC merupakan pusatnya outbound dikawasan seluas 22 h dengan ketinggian 1100 m diatas permukaan laut. Disini terdapat tempat bukit, tebing, lembah, gua, hutan, kebun the, taman, satwa, sungai, air terjun, mata air.

Untuk mengantisipasi hujan lebat, biasanya pengelola menunjukkan izin memakai gazebo bawah yang ada disekitar area camping CIC.

Tiket Masuk Camping CIC

Tiket masuk CIC murah banget kok dan sangat cocok dengan kantong anak sekolah. Tiket non paket camping (tidak termasuk tenda, listrik, lapak camping) sebesar Rp. 25.000/malam. Harga tersebut sanggup diskon sesuai jumlah peserta. Nah untuk tiket paket sebesar Rp. 80.000 (sudah termasuk tenda, dan kemudahan lainnya).

Lokasi CIC Camping

Lokasinya sangat gampang dan strategis dan terjangkau oleh aneka macam kendaraan. Baik dari arah Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung, dan Kota Cimahi.

Bagaimana dari luar kota, menyerupai Jakarta, Banten, Bogor? Anda keluar dari pintu tol Baros, Cimahi, kemudian menuju Alun alun Cimahi, masuk Jl. Kolonel Masturi yang ke arah Lembang. Dari sentra kota Cimahi kurang lebih 17 km

Daftar Paket Outbound CIC 2020
  1. Paket Outbound 1: Tiket Masuk, ice breaking, game 5 packs, flying fox, three in one, Saung  Rp. 110.000 
  2. Paket Outbound 2: Tiket Masuk, ice breaking, hiking tracks, fun games 5, flying fox, shaking bridge, three in one, semi team building, dan Saungaung Rp. 125.000 
  3. Paket Outbound 3: Tiket Masuk, welcome drink, ice breaking, hiking, shaking bridge, flying fox, Makan Siang, fun games, team building, snack traditional, dan Saung Rp. 250.000 
  4. Paket Menginap Komplit, Rp. 400.000 
  5. Paket Anak-Anak, Rp. 85.000 
  6. Paket Menginap & Outbound, Rp. 250.000 
  7. Paket Fun Game, Rp. 60.000 Paket Team Building, Rp. 85.000 
  8. Paket Camping: Tiket Masuk, area camping, Tenda, sleeping bag, Matras, Kayu Bakar, Cas Listrik, hiking/tracking, R. 85.000

Alamat lengkap CIC:
JL. Kolonel. Masturi/Jl. CIC Kp. Ciwangun RT 03 RW 15,  Desa Cihanjuang Rahayu Kec. Parongpong Kabupaten Bandung Barat 40053 0852-2103-8317

2. Punceling Pass

 Halo sahabat temanku kali ini saya akan kasih isu terkait tempat kemping paling saya rekom Tempat Camping Favorit 2020 di Bandung, Cocok Untuk Kegiatan Sekolah, Mahasiswa dan Keluarga

Selanjutnya, salah satu tempat camping paling Saya rekomendasikan ialah Punceling Pass, Ciwidey, Kabupaten Bandung. Seiring berjalannya waktu, keberadaan tempat wisata yang satu ini semakin terkenal dikalangan traveller terutama para pelancong dari aneka macam daerah untuk berwisata dilokasi ini.

Tidak hanya untuk sekedar berwisata, lebih dari itu Punceling Pass sangat cocok dan romantis untuk kegiatan camping. Biasanya banyak sekali jadwal camping sekolah yang dilaksanakan disini, atau hanya beberapa orang saja sengaja untuk menghilangkan penat suasana perkotaan. Camping didaerah dataran tinggi memang paling mengesankan dan menantang dibanding ditempat rendah yang cenderung cuacanya panas. Maka Punceling Pass, cocok sekali untuk kegiatan camping dalam mengisi waktu liburan Anda dan keluarga.

Lokasinya tidak jauh dari lereng Gunung Patuha terkadang tempat ini sering terlewatkan oleh wisatawan yang hendak berlibur.

Di tempat ini kita akan di manjakan dengan pemandian air panas yang mengalir pribadi berasal dari Gunung Patuha bak pemandianya sendiri alami dan terbuka layaknya dalam hutan. Maka anda juga tak perlu khawatir dengan dinginnya udara Ciwidey yang pribadi menusuk kulit, alasannya badan sanggup dihangatkan dengan secangkir air kopi dan bak air hangat. Wahana lainnya terdapat bak terapi ikan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Nah, bagi Anda dan keluarga atau dari sekolah yang ingin camping ke Punceling, hening saja biayanya cukup murah kok hanya Rp. 15.000/orang. Jika camping dengan personil banyak yang niscaya ada diskon kok, hehe.
Lokasi:

3. Ranch Cangkuang, Gambung



Menurutku inilah tempat camping paling manis yang wajib Anda kunjungi di daerah Bandung. Diatas sudah saya rekomendasikan beberapa tempat camping paling asyik dan menyenangkan, tapi kalau saya bandingkan dengan Gambung, maka Gambunglah pemenangnya.

Kenapa? Gambung itu tempatnya natural banget, sangat alami, jauh dari perkampungan, dikelilingi kebuh teh, tempatnya sangat luas, dan yang paling alami banget ialah Anda akan dimanjakan dengan sungai mengalir dihiasi bebatuan besar ciri khas alam pegunungan.

Nah, apa yang harus dipersiapkan sebelum wisata camping ke Gambung?

Yang terperinci peralatan camping harus dipersipkan jangan hingga ada yang tertinggal dirumah. Jika tertinggal tidak mengecewakan kok tempatnya jauh. Selanjutnya masakan juga harus cukup selama camping digambung.

Kapan Sebaiknya Camping di Gambung? 

Untuk kegiatan camping sekolah, sebaiknya dilaksanakan antara bulan Agustus hingga awal Nopember. Pada bulan tersebut biasanya belum masuk demam isu penghujan. Apabila sudah masuk demam isu penghujan, maka ditakutkan jadwal tidak berjalan sesuai rencana terutama fisik penerima camping. Namun, kalau kemarau panjang dan belum masuk demam isu hujan volume sungai Gambung sedikit berkurang.

Tempat Camping Gambung paling cocok untuk kegiatan sekolah misal SMA, SMP, Perguruan Tinggi, Tentara Nasional Indonesia dan lainnya. Untuk anak SD Saya rasa Gambung terlalu jauh.

4. Paku Haji 50 

 Halo sahabat temanku kali ini saya akan kasih isu terkait tempat kemping paling saya rekom Tempat Camping Favorit 2020 di Bandung, Cocok Untuk Kegiatan Sekolah, Mahasiswa dan Keluarga

Tempat camping selanjutnya yang manis untuk kegiatan perkemahan ialah Paku Haji. Jika ke Paku Haji silahkan Anda sanggup menentukan tempat campingnya apakah mau di Wisata Kuda Paku Haji atau Paku Haji 50 (PH50). Kedua-duanya cocok untuk kegiatan camping.

Tempatnya manis dan luas untuk camping begitu juga dengan fasilitasnya tidak mengecewakan lengkap. Namun ada yang kurang terutama air dikala camping demam isu kemarau. Biasanya debit air berkurang kalau demam isu kemarau, kecuali jumlah pesertanya hanya 100 kebawah.

Paku Haji 50 cocok untuk kegiatan camping SD dan SMP. Bagaimana untuk mahasiswa? Saya rasa kurang pas saja, tapi menurut pengalaman banyak juga mahasiswa yang melakukan kegiatan camping di Paku Haji.

Tarif Camping Paku Haji 50
  • Jumlah Peserta kurang dari 100 Orang, Rp. 15.000 per hari
  • Jumlah Peserta lebih dari 100 Orang, Rp. 12.500 per hari
  • Jumlah Peserta lebih dari 200 Orang, Rp. 10.000 per hari

Fasilitas
  • Mushola
  • Kamar Mandi
  • Listrik 3.500 watt
  • Ruang Serba Guna
  • Taman Batu Kavling
  • Tempat Permainan
  • Tempat Parkir
  • Hutan Lindung
Lokasi: Jalan H. Gofur Km 04 No. 50 Paku Haji, Wisata Kuda Jalan Warung Liwet Paku Haji, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

5. Wisata Kuda Paku Haji

 Halo sahabat temanku kali ini saya akan kasih isu terkait tempat kemping paling saya rekom Tempat Camping Favorit 2020 di Bandung, Cocok Untuk Kegiatan Sekolah, Mahasiswa dan Keluarga

Wisata Kuda Paku Haji Salah satu tempat camping recomendid berikutnya ialah Wisata Kuda Paku Haji. Wisata Kuda Paku Haji identik dengan wisata kudanya, selain itu terdapat beberapa wahana menarik lainnya, menyerupai tempat outbound, flying fox, area khusus tempat makan, kebun binatang, bak renang dan lainnya.

Tak hanya itu, Paku Haji dilengkapi area Camping yang tidak mengecewakan luas. Terdapat 2 area camping yang sanggup Anda gunakan, yaitu blok A dan Blok B. Blok A letaknya dibawah, sedangkan blok b diatas.
Tempatnya cukup luas dan cocok untuk kegiatan camping siswa SMP/ MTs atau SD. Oleh alasannya itu setiap harinya selalu ada kegiatan camping terutama hari kamis hingga minggu.

Tempat camping tersebut dilengkapi dengan lampu penerangan yang sudah disediakan pengelola, kamar mandi berjumlah 8, musholla, gazebo, dan kemudahan lainnya.

Untuk tiket camping biasanya dibenderol biaya kurang lebih Rp. 25.000 per hari. Sebenarnya masih sanggup nego dengan pengelola, apalagi penerima campingnya banyak.

Alamat Wisata Kuda Paku Haji: Jalan Haji Gofur No.Km. 4, RT 02 RW 10, Desa Pakuhaji, Kec. Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40552 (022) 081322272623

6. Ranca Upas, Ciwidey

 Halo sahabat temanku kali ini saya akan kasih isu terkait tempat kemping paling saya rekom Tempat Camping Favorit 2020 di Bandung, Cocok Untuk Kegiatan Sekolah, Mahasiswa dan Keluarga

Tempat camping favorit lainnya yang ada di Bandung yaitu Ranca Upas. Menurutku inilah tempat camping paling pas, paling natural, paling keren untuk kegiatan perkemahan. Setiap hari Ranca Upas selalu didatangi wisatawan bukan hanya dari Bandung tapi dari luar kota. Camping dengan keluarga sangat cocok sekali terutama mengisi libur simpulan pekan anda.

Tempatnya sangat luas sehingga sanggup menampung ratusan tenda yang siap pasang. Kegiatan LDKS sekolah, kegiatan pramuka, kegiatan mahasiswa dan kegiatan sekolah lainnya paling cocok dilaksanakan disini. Salah satu kegiatan ritin yang selalu dilaksanakan Ranca Upas ialah Jambore Tingkat Nasional.

Kecuali yang tidak tahan udara dingin, saya harap jangan memaksakan. Ya alasannya udaranya sangat hambar sekali apalagi malam jam 2 pagi sangat menusuk hati, hehe. Ya itulah Ciwidey, tempat favorit wisatawan yang ada di Bandung

Jika Anda dan keluarga mau camping ke Ranca Upas kurang lebih 50 km dari sentra kota Bandung perjalan yang akan ada tempuh. Perkiraan 2 jam itu juga kalau lancar.

Alamat: Jl. Raya Ciwidey - Patengan No.KM. 11, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973 HP. 0812 2345 6911

Itulah beberapa tempat camping favorit yang ada di Bandung Raya. Sebenarnya masih banyak tempat camping yang jauh lebih manis terutama tempat-tempat yang masih alami sehingga kesan campingnya sangat terasa. Insya Allah tempat lainnya akan segera Saya update.
Sumber https://cariduit-dot.blogspot.com/