Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Panduan Penulisan Soal Hots-Higher Order Thinking Skills

Keterampilan berpikir tingkat tinggi atau yang lebih dikenal HOTS  BUKU PANDUAN PENULISAN SOAL HOTS-HIGHER ORDER THINKING SKILLS

Buku Panduan Penulisan Soal HOTS-Higher Order Thinking Skills. Keterampilan berpikir tingkat tinggi atau yang lebih dikenal HOTS (higher order thinking skills) merupakan topik yang hangat dibicarakan di dunia pendidikan. Isu yang menjadi perhatian yakni rendahnya keterampilan berpikir tingkat tinggi akseptor didik Indonesia, menyerupai ditunjukkan hasil studi internasional PISA (Programme for International Student Assessment). Padahal keterampilan berpikir tingkat tinggi merupakan salah satu modal individu untuk mempersiapkan diri menghadapi dunia faktual dengan perubahan yang semakin cepat.


Salah satu perjuangan yang perlu dilakukan dunia pendidikan untuk menyiapkan akseptor didik sebagai generasi penerus bangsa yang sanggup bersaing di tingkat global yakni meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi akseptor didik. Pusat Penilaian Pendidikan sebagai forum evaluasi berskala nasional membantu mewujudkannya dengan menyiapkan buku Panduan Penulisan Soal HOTS-Higher Order Thinking Skills (Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi). Diharapkan dengan buku ini, pendidik sanggup menyusun instrumen evaluasi yang berkualitas.

Dalam konteks pembelajaran dan evaluasi masa 21, akseptor didik harus mempelajari dan menguasai esensial keterampilan antara lain berpikir kritis dan pemecahan masalah; berpikir kreatif dan inovatif; dan berkolaborasi dan berkomunikasi efektif. berpikir kritis dan pemecahan masalah; dan berpikir kreatif dan inovatif merupakan keterampilan berpikir tingkat tinggi.

Keterampilan berpikir tingkat tinggi perlu dimiliki oleh setiap akseptor didik supaya sanggup berfungsi optimal sebagai individu dan anggota masyarakat yang kritis, mandiri, dan produktif. Peserta didik yang mempunyai keterampilan tingkat tinggi lebih terbuka pada adanya banyak sekali perbedaan atau keragaman, tidak gampang mendapatkan suatu informasi tanpa bukti atau alasan yang berdasar, tidak gampang terpengaruh atau terbawa arus, mereka sanggup bangkit diatas kaki sendiri dalam berpikir dan bertindak, sanggup membedakan hal yang penting dan prioritas sehingga sanggup menghasilkan karya faktual yang bermanfaat. Pada alhasil keterampilan berpikir tingkat tinggi diharapkan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia.

Pembelajaran dan evaluasi keterampilan berpikir tingkat tinggi pada hakikatnya merupakan pembelajaran dan evaluasi bermakna bukan sekadar menghapal alasannya yakni pembelajaran dan evaluasi ini memungkinkan akseptor didik untuk sanggup : 1) mentransfer, menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang sudah dimilikinya ke konteks yang gres atau cara yang lebih kompleks; 2) berpikir kritis, menerapkan pertimbangan yang bijaksana (wise judgement) atau menghasilkan kritik yang berdasar (reasoned critique); 3) menuntaskan masalah, mengidentifikasi dan menuntaskan dilema dalam kehidupannya.

Buku Panduan Penulisan Soal HOTS-Higher Order Thinking Skills memberi pemahaman perihal Pengertian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Bagaimana Menilai Berpikir Tingkat Tinggi, termasuk Prinsip Penyusunan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Langkah Penulisan Soal Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, dan Contoh Soal Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi untuk semua mata pelajaran.

Link download

Demikian isu perihal Buku Panduan Penulisan Soal HOTS-Higher Order Thinking Skills. Semoga ada manfaatnya, terima kasih. 



= Baca Juga =




Sumber https://ainamulyana.blogspot.com/