Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Evaluasi Pendidikan Agama Islam Semester 1

APLIKASI PENILAIAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEMESTER 1

Penilaian kurikulum 2013  juga menjelaskan mengenai Kriteria Ketuntasan Minimal atau yang disingkat sebagai KKM yang mengacu pada SKL dengan mempertimbangkan karakteristik pelajaran dan akseptor didik, serta kondisi pada satuan pendidikan. Penilaian yang dilakukan oleh pendidik mencakup tiga jenis penilaian. Yang pertama ialah evaluasi sikap. Teknik untuk evaluasi ini dilakukan melalui observasi maupun teknik relevan lainnya ibarat evaluasi diri dan antar teman. Setelah evaluasi perilaku dilaksanakan kemudian diolah dan kesannya dimasukkan ke dalam deskripsi capaian yang mencakup perilaku sosial dan spiritual.
APLIKASI PENILAIAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEMESTER  APLIKASI PENILAIAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEMESTER 1
APLIKASI PENILAIAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEMESTER 1

Penilaian yang kedua ialah evaluasi pengetahuan dengan tujuan mengukur proses serta hasil kompetensi yang telah dicapai oleh akseptor didik. Adapun jenis pengetahuan yang dinilai dibagi ke dalam beberapa jenis mencakup pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif. Berbeda dengan evaluasi sikap, untuk menilai pengetahuan akseptor didik, teknik yang dipakai ialah tes tertulis, tes lisan, dan penugasan. Dalam mengolah nilai pengetahuan, nilai tersebut diperoleh dari evaluasi harian, tengah semester, dan simpulan semester dengan teknik evaluasi yang sesuai kompetensi dasar.

Jenis evaluasi yang ketiga pada panduan evaluasi kurikulum 2013 ialah evaluasi keterampilan dengan tujuan mengukur kemampuan dalam mengaplikasikan pengetahuan untuk melaksanakan tugas-tugas tertentu. Penilaian keterampilan ini dilakukan melalui evaluasi praktik, produk, projek, serta evaluasi portofolio. Tindak lanjut dari hasil evaluasi tersebut berupa remedial dan pengayaan bagi siswa.

Penilaian untuk praktik kerja para akseptor didik ialah kewajiban kawan perjuangan atau industri, sehingga evaluasi diberikan bukan oleh pendidik. Nilai yang didapatkan dari hasil praktik kerja ini akan disampaikan dalam rapor berupa deskripsi. Dicantumkan pula keterangan yang diberikan oleh industri mengenai kinerja siswa selama melaksanakan PKL yang disampaikan lewat jurnal, sertifikat, atau surat keterangan dari industri tersebut. Itulah klarifikasi mengenai panduan evaluasi kurikulum 2013 yang merupakan garis besar panduan tersebut.

APLIKASI PENILAIAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEMESTER 1

Bagi bapak ibu guru yang sedag membutuhkan Aplikasi Penilaian Pendidikan Agama ISlam Semester 1 kelas satu hingga enam silahkan download pada link di bawah ini :
APLIKASI PENILAIAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEMESTER 1 KELAS 1
APLIKASI PENILAIAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEMESTER 1 KELAS 2
APLIKASI PENILAIAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEMESTER 1 KELAS 3
APLIKASI PENILAIAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEMESTER 1 KELAS 4
APLIKASI PENILAIAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEMESTER 1 KELAS 5
APLIKASI PENILAIAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEMESTER 1 KELAS 6


Aplikasi ini menawarkan porsi evaluasi pada KI-3 ( aspek Pengetahuan ) dan KI-4 ( Aspek Ketrampilan ). Sedangkan untuk KI-1 dan KI-2 kami akan ikutkan dalam Aplikasi Rapot Semester 1 semua mata pelajaran. Adapun untuk kelas 1 dan 4, semua aspeknya sudah edisi revisi.

Semoga apa yang kami sajikan ini bermanfaat bagi guru PAI dalam proses evaluasi dalam acara berguru mengajar.