Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh dan Pembahasan Part 44

Conto dan Pembahasan Part 44


Dibawah ini kami siapkan Contoh Indonesia (UKDI) Edisi Ke 44 dan Kunci Jawaban Disertai dengan Pembahasan


 Conto  dan Pembahasan Part  Contoh  dan Pembahasan Part 44
Contoh dan Pembahasan

Hai teman-teman sahabat ukdi-dokter.blogspot.com semuanya. Berikut ini seperti biasa kita akan latiha soal-soal UKDi yang disertai jawabannya yaa. Selamat belajar teman-teman.


1. Seorang wanita berusia 25 th, G1P1A0, hamil 6 bulan datang ke dokter dengan keluar darah dari kemaluan. Dari pemeriksaan fisik VS normal, teraba fundus di atas simpisis dan lunak, β-HCG tinggi.

Diagnosis pasien ini adalah

a. Abortus insipidus
b. Abortus inkomplit
c. Abortus imminens
d. Mola hidatidosa
e. Hiperemesis gravidarum

Jawaban: d. Mola hidatidosa
Pembahasan :
Kata Kunci dari soal ini adalah umur kehamilan 6 bulan (26 minggu) keluar darah dari kemaluan. Beta HCG yang tinggi. Ini sangat menunjukkan mola hidatidosa. Tidak memenuhi kriteria abortus oleh karena umur kehamilan >20 minggu. Sedangkan hiperemesis gravidarum ada riwayat muntah dan badan keton (+). Sumber: Protap Obstetri



2. Seorang wanita, G3P1A1, hamil 15 minggu datang ke dokter dengan keluar bercak-bercak darah dari kemaluan. Ini sudah dirasakan sejak usia kehamilan 2 bulan, sudah berobat tetapi tidak ada perbaikan. Pemeriksaan fisik VS normal, TFU simpisis, porsio tertutup, gerakjanin tidak ada.

Tatalaksana pasien ini adalah :

a. Pertahankan kehamilan
b. Pemberian antibiotik
c. Lakukan dilatasi dan kuretase
d. Pemberian oksitosin
e. Anti perdarahan

Jawaban: c. Lakukan dilatasi dan kuretase
Pembahasan :
Kata kunci adalah perdarahan pada usia 15 minggu dan gerak janin tidak ada.  TFU nya setinggi simfisis (setinggi usia kehamilan 12 minggu) kemungkinan ini sudah abortus. Portio masih tertutup. Maka dari itu dilakukan dilatasi kemudian di kuretase. (simber: protap obstetri)



3. Seorang wanita hamil, mengeluh sakit kepala, mata kabur, TD 170/100, protein urin +++.

Diagnosis pasien ini adalah :

a. Preeklamsia ringan
b. Preeklamsia berat
c. Impending eklamsia
d. Miopia

Jawaban: c. Impending eklamsia
Pembahasan :
Kata Kunci dari soal ini adalah TD 170/100 dengan proteinuria +++ menunjukkan PEB ditambah dengan riwayat ada keluhan oandangan mata kabur ini ciri khas impending eklamsia. (protap obs)



4. Seorang pasien perempuan usia 24 tahun datang ke poliklinik dengan keluahan keputihan, cairan jernih dan berbau tidak sedap. Dari pemeriksaan swap vagina ditemukan mikorganisme uniseluler yg bergerak memiliki flagel.

Apakah diagnosis pasien tersebut:

a. Kandidiasis
b. Tricomonas
c. Uretritis
d. Sisitis
e. Herpes Simpleks

Jawaban : b. Tricomonas
Pembahasan :
Kata kunci adalah keputihan, cairan jernih, berbau tidak sedap. Dan ketika pemeriksaan swab vagina terlihat flagel. (protap ginek)



5. Seorang pasien perempuan usia 24 tahun datang ke poliklinik dg keluhan keputihan yg berwarna jernih dan bau tak sedap..dari pemeriksaan fisik ditemukan mikro organisme uniselur yg memiliki flagel.

Obat untuk pasien tersebut adalah

a. Metrodinazol
b. Mikonazol
c. Albendazol
d. Sulfamoxazol

Jawaban: a. Metrodinazol
Pembahasan :
Obat untuk trichomoniasis 3x 250 mg metronidazole selama 7 hari, jgn diberikan utk wanita hamil pada trimester 1. Plihan lain klotrimazol 100 mg/hr intravagina selama 7 hari (bisa buat yg hamil). (Sumber protap ginek)



6. Wanita 20 thn G1P0A0,merasa hamil 8 mggu dtg dg keluhan mual dan muntah sejak sehari yg lalu.

Apa hormon penyebab keluhan tsb?

a. Estrogen
b. Progesterone
c. B-HCG
d. Oksitosin
e. Prolaktin

Jawaban:  c. B-HCG
Pembahasan :
Hormon yang membuat muntah pada trimester pertama adalah Beta-HCG dan progesteron. Pada usia kehamilan 16 minggu sudah tidak mual biasanya krn peran B-HCG digantikan oleh plasenta. (obfis)



Demikianlah artikel kami ini yang singkat dengan judul yaitu Contoh dan Pembahasan Part 44. Semoga apa yang kami sajikan dan berikan daitas tersebut dapat bermanfaat bagi teman-teman semuanya dan sampai jumpa lagi dipertemuan kita yang selanjutnya.


Sumber https://ukdi-dokter.blogspot.com/