Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Tv Akari Layar Berwarna Belang Pelangi


Pada kesempatan kali ini aku akan membahas wacana bagaimana Cara Mengatasi TV Akari Layar Bewarna Belang belang menyerupai warna Pelangi. Kerusakan menyerupai ini banyak terjadi di TV merek cina. Baca juga Cara Memperbaiki TV AKARI Gracia Mati Standby.

Kasus TV Akari Layar Berwarna Belang Seperti Pelangi

Ketika dinyalakan, TV ini bewarna garis garis belang horizontal bewarna hijau biru merah menyerupai pelangi. Kasus ini biasa juga disebut dengan nge-flek. Bukan hanya bergaris belang, biasanya juga berbentuk lain, menyerupai melingkar membentuk pelangi, di sudut sudut, bahkan ada yang abstrak.

Penyebab TV Akari Layar Berwarna Belang Pelangi

Penyebab layar tv bewarna belang pelangi biasanya disebabkan oleh 2 kemungkinan..

1. TV Terkena Radiasi Magnet
Radiasi magnet disekitar tv sanggup menciptakan struktur warna pada crt menjadi kacau, lantaran phospor tertarik oleh medan magnet yang ada disekitar tv. Contoh medan magnet disekitar tv ialah adanya speaker aktif di samping tubuh TV.

Cara mengatasinya cukup mudah, kita hanya perlu menjauhkan medan magnet tersebut dari tubuh tv, kita hanya perlu menunggu beberapa hari untuk melihat apakah layar tv kembali normal atau tidak.

2. Kerusakan Pada Rangkaian Mesin Degaussing
Kerusakan degaussing biasanya disebabkan oleh rusaknya komponen lilitan degaussing atau komponen PTC (Positive Temperature Coefficient). Kerusakan pada degaussing ditandai dengan layar tv bewarna pelagi meskipun disekitar tv tidak terdapat medan magnet.

Diagnosa TV Akari Layar Berwarna Belang Pelangi

Untuk mengetahui kerusakan terjadi dimana, kita perlu mengecek pada serpihan lilitan degaussing, apakah putus atau tidak, dan kita juga harus cek komponen PTC.

1. Cek Lilitan Degaussing - Kemungkinan Kerusakan 10%
Lilitan degaussing terletak melingkar menyerupai kabel yang dibungkus oleh solasi pada serpihan body dari CRT, menyerupai gambar dibawah ini.

Kita harus test kedua ujung dari lilitan tersebut apakah nyambung atau tidak. Jika tidak nyambung kemungkinan lilitan tersebut putus.

Kerusakan pada lilitan degaussing ini jarang terjadi pada tv tabung yang lama, kerusakan pada lilitan degaussing sering terjadi pada tv merek sharp dan tv tabung keluaran yang lebih baru.

2. Cek Komponen PTC (Positive Temperature Coefficient) - Kemungkinan Kerusakan 90%
Komponen ini berbentuk kotak yang biasanya mempunyai 2 kaki atau 3 kaki, biasanya dalam pcb mesin tv tertulis instruksi RT/RTH menyerupai gambar dibawah ini.

Fungsi PTC ialah untuk menghambat arus listrik yang masuk kekumparan degaussing.

Sifat nilai kendala pada PTC ialah semakin panas PTC, hambatanya semakin besar pula. Bila pada PTC tertulis instruksi 14 Ohm, itu berarti pada kondisi pasif/dingin tahanannya bernilai 14 Ohm dan saat aktif tahanannya membesar dikarenakan suhu panas.

Pada PTC normal biasanya mempunyai impedance 9-12-18 ohm tergantung bawaan televisi. Namun jikalau PTC tidak terdapat respond saat dicek memakai multitester, maka sanggup jadi PTC tersebut mengalami kerusakan.

Perbaikan TV Akari Layar Berwarna Belang Pelangi

1. Perbaikan Jika Lilitan Degaussing Bermasalah
Jika lilitan degaussing putus, kita harus menggantinya dengan yang baru. Jika tidak ada indikasi putus, kita sanggup melaksanakan hardreset pada degaussing dengan cara siklus power pada tv beberapa kali (on satu menit, kemudian off setidaknya 20 menit, begitu berulang-ulang).

Atau juga sanggup memakai alat CRT degausser komersil yang tersedia di pasaran menyerupai gambar dibawah ini.


Alat tersebut berisi ratusan gulung kawat magnet dalam kumparan 6 - 12 inci. Tinggal colok ke tembok, aktifkan saklarnya, kemudian dekatkan beberapa inci ke depan layar. Lalu tarik perlahan sentra kumparan kearah salah satu ujung layar, kemudian susuri pinggiran layar. kemudian kembalikan keposisi awal kumparan sejajar dengan sentra layar. Berikutnya, perlahan jauhkan dari sentra layar. Ketika anda sudah berada kurang lebih 2 meter di depan layar, lepaskan saklarnya.

2. Perbaikan Jika PTC Rusak
Jika terjadi kerusakan PTC, mau tidak mau anda harus mengganti komponen tersebut. Usahakan memakai seri PTC yang sama atau mempunyai kendala yang sama, supaya komponen tersebut abadi dan tahan lama. PTC yang tidak sesuai nilai hambatanya sanggup menyebabkan komponen tersebut meledak. Letak PTC pada TV Akari persisnya menyerupai gambar dibawah ini.



Jika dengan 2 perbaikan diatas problem layar bewarna pelangi belum juga teratasi, biasanya kerusakan terjadi di defleksi yoke. Jika sudah menyerupai itu kita terpaksa harus ganti yoke dengan seri yang sama atau yang mempunyai spesifikasi yang sama dengan yang rusak tersebut.

Itulah tadi pengalaman aku wacana cara mengatasi TV Akari Layar Berwarna Belang Pelangi. Semoga sedikit pengalaman diatas sanggup membantu anda dalam proses service. Tunggu pengalaman selanjutnya dari aku hanya disini.

Salam Nota 😉