Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ayo Berlatih Halaman 72 - 75 Kelas 6 Tema 6

AYO BERLATIH

HALAMAN 72, 74, 75 KELAS 6 TEMA 6

Halaman 72

 Ingatkah kamu yang dimaksud masa pubertas Ayo Berlatih Halaman 72 - 75 Kelas 6 Tema 6
Ayo Berlatih
Ingatkah kamu yang dimaksud masa pubertas? Tuliskan pengertianmu mengenai masa pubertas pada kolom berikut.
Jawaban :

Pubertas adalah tahap perkembangan dimana pada masa ini terjadi perkembangan organ reproduksi.

Ciri pubertas laki-laki adalah :
  1. Tumbuhnya rambut halus pada ketiak dan alat kelamin
  2. Suara membesar
  3. Tumbuh jakun
  4. Tumbuh kumis, jambang, dan janggut
Ciri pubertas perempuan adalah :
  1. Tumbuhnya rambut halus pada ketiak dan alat kelamin
  2. Suara melengking
  3. Payudara membesar
  4. Pinggul membesar

Halaman 74


Bagaimana Cara Menjelaskan Masa Puber Pada Anak?
 Ingatkah kamu yang dimaksud masa pubertas Ayo Berlatih Halaman 72 - 75 Kelas 6 Tema 6
Sebagian besar orangtua mungkin sama, hampir selalu menganggap anaknya masih kecil sehingga mereka menganggap bahwa membicarakan masa pubertas, perubahan tubuh, serta seks adalah hal yang tabu dan terlalu dini untuk dimengerti anak. Padahal, pembicaraan terkait pubertas dibutuhkan si anak agar mereka tidak merasa ketakutan, bingung, atau tertekan ketika mengalami hal tersebut.

Atau mungkin anda menunggu kapan anak akan bertanya sendiri tentang perubahan yang terjadi pada tubuhnya. Tapi, pada banyak kasus, hal ini jarang terjadi. Anak-anak akan merasa sungkan untuk bertanya terkait perubahan pada dirinya yang mereka rasakan ketika pubertas. Apalagi, anak-anak juga tidak tahu apakah hal tersebut boleh ditanyakan apa tidak karena omongan tentang pubertas tergolong sensitif.

Lalu apa yang harus anda lakukan untuk mempersiapkan anak memasuki masa pubertas? Bagaimana cara orangtua untuk memberitahu apa saja yang akan terjadi ketika anak mengalami pubertas dan apa dampaknya?

Kapan anda harus mulai membicarakan masa pubertas dengan anak?

Sebelumya, anda harus mengetahui masa pubertas yang normal yang terjadi pada anak perempuan dan laki-laki. Sebagian besar anak perempuan memulai masa pubertasnya ketika mereka berusia 8 hingga 13 tahun. Tetapi hal ini sangat bervariasi, tergantung dengan kondisi masing-masing anak, bisa saja mereka mengalami pubertas sebelum berusia 18 tahun atau bahkan setelah 13 tahun.

Sedangkan pada anak laki-laki, pubertas akan dialami saat mereka memasuki usia 10-16 tahun, lebih lambat dibandingkan dengan anak perempuan. Pada usia tersebut, anak-anak biasanya mulai mengalami perubahan-perubahan bentuk atau fungsi tubuh.

Karena itu, lebih baik jika anda sudah mulai membicarakan hal ini kepada anak anda sebelum ia benar-benar mengalami perubahan, sehingga mereka memiliki pengetahuan tentang apa itu masa pubertas dan apa saja yang akan terjadi saat itu

Bagaimana cara menjelaskan masa pubertas pada anak?
 Ingatkah kamu yang dimaksud masa pubertas Ayo Berlatih Halaman 72 - 75 Kelas 6 Tema 6

Beberapa hal yang dapat anda lakukan ketika mencoba menjelaskan tentang masa pubertas yang akan si anak alami yaitu :

Tahap Pertama :
jelaskan bahwa masa pubertas adalah masa yang akan terjadi pada semua anak. pada awalnya mungkin anak anda akan merasa bingung, malu, dan tidak ingin mendengar perkataan anda, tetapi hal ini memang normal terjadi. Apabila jika anak anda mengalami pubertas lebih dahulu atau malah belakangan dibandingkan teman-temannya. Oleh karena itu, jelaskan juga bahwa masa pubertas akan datang di waktu yang berbeda-beda pada setiap anak. Kemudian, beritahu mereka bahwa masa pubertas adalah tahapan awal seseorang untuk menjadi dewasa.

Tahap kedua :
Memberitahukan anak anda bahwa pada masa tersebut akan terjadi berbagai perubahan fungsi tubuh yang berbeda-beda antara anak laki-laki dan perempuan. Apabila anda memiliki alat peraga atau buku tentang pubertas, maka akan lebih mudah untuk menjelaskan masa pubertas ke anak. Jelaskan berbagai perubahan yang akan terjadi pada anak anda, seperti:

Anak laki-laki :
  • Rambut-rambut halus mulai tumbuh di sekitar alat kelamin dan ketiak
  • Memiliki jerawat pada wajah
  • Testis dan penis mulai membesar
  • Suara menjadi pecah dan berubah
  • Mengalami mimpi basah (ejakulasi yang tidak disadari ketika tidur)
  • Mulai tumbuh jakun di leher
  • Mulai muncul secara samar kumis, jambang dan janggut
Anak perempuan :
  • Payudara mulai tumbuh
  • Rambut-rambut halus mulai tumbuh di sektiar alat kelamin dan ketiak
  • Memiliki jerawat pada wajah
  • Mengalami haid/menstruasi
  • Pinggul membesar / perubahan bentuk tubuh
  • Suara menjadi lebih melengking
Pada anak perempuan, anda dapat menjelaskan proses haid atau menstruasi dengan menggunakan gambar. Beritahu dia tentang apa yang akan terjadi pada saat haid terjadi, seperti mengeluarkan sehingga mereka harus menggunakan pembalut, serta memberitahukan bahwa hal ini akan terjadi setiap bulan, jangan lupa juga untuk memberitahukan bagaimana cara menggunakan pembalut pada anak perempuan anda.

Sedangkan pada anak laki-laki jelaskan dengan perlahan tentanga alat kelamin mereka yang akan mengalami perubahan, mengalami ereksi tiba-tiba, dan berbagai perubahan lainnya. Lebih baik, jika ayah yang menjelaskan hal ini kepada anak laki-lakinya, sementara ibu yang berdiskusi dengan anak perempuan

Tahap Ketiga :
Persiapkan diri untuk menghadapi perubahan emosi pada anak anda. Masa pubertas juga akan membuat si anak mempunyai emosi yang tidak stabil. Jika anda bisa memahami hal ini, maka anda akan lebih mudah untuk menghadapi serta berkomunikasi dengan mereka. Jelaskan juga ke anak bahwa perubahan fisik akan diiringi dengan perubahan emosi mereka.

Tahap Keempat :
Tetap terbuka dan bersedia untuk membahas tentang pubertas dengan anak anada, bahkan setelah anda selesai berdiskusi dengannya. Anak-anak sering kali malu untuk bertanya tentang hal ini saat anda sedang berbicara. Berikan dorongan pada anak anda untuk bertanya lebih lanjut terkait pubertas, berikan ia pengertian bahwa anda bisa ditanyakan kapan saja tentang hal ini. Jaga komunikasi dan keterbukaan anda dengan si anak.

sumber : hello sehat

Halaman 75

 Ingatkah kamu yang dimaksud masa pubertas Ayo Berlatih Halaman 72 - 75 Kelas 6 Tema 6
Ayo berlatih
Kamu telah mencari bacaan tentang ciri-ciri masa pubertas. Jawablah pertanyaan mengenai bacaan yang sudah kamu peroleh!

1. Apa judul bacaan yang kamu peroleh?
   Jawaban : (Jawaban relatif, tergantung bahan bacaan yang dicari siswa)

Bagaimana cara menjelaskan masa puber pada anak

2. Sesuaikah antara harapan informasi yang kamu peroleh ketika baru membaca judul bacaan dengan 
    informasi yang kamu peroleh setelah membaca bacaan?
    Jawaban :

Sesuai

3. Informasi apakah yang kamu peroleh setelah membaca bacaan?
    Jawaban :

Informasi tentang ciri-ciri pubertas dan cara orangtua dalam menjelaskan pubertas kepada anak-anak mereka.


Hal 76⏩
⏪Hal 70