Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Karya Juara Lomba Penemuan Pembelajaran 2018

Pada tahun 2018, aku mengikuti lomba yang disebut lomba penemuan pembelajaran yang sering disebut dengan inobel. Dalam lomba ini calon penerima terlebih dahulu mengajukan tawaran penelitian melalui website yang telah ditentukan, yaitu http://kesharlindungdikmen.id. Dari ribuan tawaran yang masuk, diseleksi sebanyak 400 peserta. 400 penerima yang proposalnya lolos dipanggil untuk diberikan bimtek (bimbingan teknis) wacana penelitian. Selain itu penerima dibimbing untuk memperbaiki proposalnya.

Setelah itu penerima kembali ke sekolah melaksanakan penelitian sesuai dengan tawaran yang telah diajukan sebelumnya. Adapun judul penelitian aku yakni "PENGEMBANGAN EMODUL FORMAT EPUB SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KAIDAH PENCACAHAN". Jenis penelitian ini yakni penelitian pengembangan, yang sering dikenal dengan R&D (Research and Development). Dalam penelitian ini aku berbagi produk berupa media pembelajaran, yaitu emodul atau modul elektronik, yaitu modul yang sanggup diakses melalui laptop dan gawai (ponsel pintar).

Setelah selesai melaksanakan penelitian, laporan penelitian diunggah melalui web yang sudah ditentukan. Dari penerima yang sudah unggah laporan, diambil 100 finalis, 50 dari SMA/SLB dan 50 dari SMK. Dari 50 SMK/SLB diambil 3 juara dan dari 50 Sekolah Menengah kejuruan juga diambil 3 juara. Beruntung dalam lomba ini, aku meraih juara II. Adapun abstraknya yakni sebagai berikut.

ABSTRAK

"PENGEMBANGAN EMODUL FORMAT EPUB SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KAIDAH PENCACAHAN"

Penelitian ini bertujuan untuk berbagi emodul format epub untuk pembelajaran matematika dan untuk menguji efektivitasnya dalam pembelajaran. Adapun jenis penilitian ini yakni Research and Development (R & D) atau penelitian pengembangan dengan memakai model 4D, yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Development (pengembangan) dan Disseminate (penyebaran). Emodul yakni modul yang sanggup dibuka memakai perangkat digital, yaitu laptop, smart phone dan gawai lainnya. Topik yang diambil yakni kaidah pencacahan, sampai media ini disebut emodul kaidah pencacahan. Simpulan yang dihasilkan dari penlitian ini yakni (1) Emodul Kaidah Pencacahan dinyatakan valid oleh ahli, dengan nilai 97,1 kategori sangat baik, (2) Emodul Kaidah Pencacahan mendapat respons sangat posotif dalam uji coba terbatas, dengan nilai 87,5, (3) Emodul Kaidah Pencacahan dinyatakan efektif dipakai dalam pembelajaran dengan perbedaan selisih rata-rata nilai tes kelas eksperimen dan kelas kontrol 7,0, (4) Emodul Kaidah Pencachan mendapat respons sangat positif dalam uji efektivitas, dengan nilai 87,3.
Kata Kunci : Penelitian Pengembangan, 4D, emodul, epub.

Laporan lengkapnya sanggup anda unduh (download) melalui tauran di bawah ini.


Sumber https://www.mathzone.web.id/