Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu Registry Pada Windows


Kita tahu bersama bahwa Windows merupakan OS yang terkenal ketika ini, hampir seluruh dunia termasuk masyarakat Indonesia menggunakannya. Edisi Windows yang digunakan pun berbeda-beda, di jaman kini ini kita lebih sering menggunakan edisi Windows menyerupai Windows 7, 8, dan 10. Salah satu alasan kita menggunakan Windows yaitu alasannya fasilitas dalam menginstall dan mengkonfigurasi hardware maupun software.

Semua informasi konfigurasi tersebut disimpan di dalam sistem operasi tepatnya di registry. Registry merupakan database yang digunakan untuk menyimpan informasi penting perihal konfigurasi sebuah sistem, mulai dari konfigurasi perangkat keras, perangkat lunak, pasangan ekstensi file dengan aplikasinya, sampai preferensi pengguna.

Pada awalnya Windows tidak menyimpan konfigurasi di registry, melainkan pada file .INI yang digunakan pada sistem Windows 16-bit menyerupai Windows 3.x, kemudian registry diciptakan untuk menggantikan fungsi file .INI tersebut. Registry pertama kali diperkenalkan pada sistem Windows 16-bit sebagai penampung informasi pasangan ekstensi file dengan aplikasinya, kemudian dikembangkan lagi menjadi database dengan cakupan data yang luas pada sistem operasi turunan Windows NT.

Dimana file registry disimpan?

Pada Windows 3.x, registry disimpan di file reg.dat yang terletak di direktori C:\Windows\reg.dat, dan hanya berfungsi sebagai penampung informasi pasangan ekstensi dengan aplikasinya.

Pada Windows 9x, registry disimpan di dua hidden file yaitu system.dat dan user.dat yang terletak di direktori Windows. Keduanya mempunyai isi yang berbeda, system.dat mengandung semua informasi perihal software, hardware, security, dan pengaturan default Windows. Sedangkan user.dat mengandung informasi perihal account pengguna.

Pada Windows NT, registry dibagi menjadi lima subtree, di setiap tree tersebut mengandung key dan subkey yang disusun secara rapih. Susunan tersebut sama menyerupai direktori dalam penyimpanan file. Sementara itu, bentuk fisik dari registry tersebut disimpan di beberapa file yang disebut dengan hive, hive dan log nya disimpan dalam direktori Windows\System32\config.

Struktur registry

Registry pada Windows mempunyai struktur yang menyerupai dengan folder dan file pada Windows. Folder utama disebut dengan Hive, pola hive yaitu menyerupai HKLM, HKCU, dll. Setiap hive mempunyai sub folder yang dinamakan dengan Keys, di dalam keys akan ada Subkeys atau Values. Values ialah data yang mengandung konfigurasi, values mempunyai beberapa jenis namun yang paling sering digunakan ialah strings, DWORD, dan binary.



Fungsi masing-masing hive dalam registry

HKEY_LOCAL_MACHINE

Sering disebut dengan HKLM berisi perihal informasi hardware dan setting software yang berlaku untuk semua user. Memiliki beberapa subkey, antara lain:

• Software, berisi semua konfigurasi perangkat lunak yang terinstall di dalam komputer.

• System, berisi semua informasi dan konfigurasi sistem operasi Windows yang sedang berjalan. Konfigurasi tersebut termasuk konfigurasi driver dan service Windows.

• SAM, akronim dari Security Account Manager, berisi database akun pengguna yang ada di sistem operasi.

• Hardware, berisi informasi perihal konfigurasi semua perangkat keras yang terhubung dengan sistem menyerupai prosesor, perangkat input dan output yang digunakan, dll.

• Security, berisi konfigurasi keamanan Windows.

HKEY_CURRENT_USER

Berisi informasi perihal user yang sedang login, termasuk profil user, konfigurasi perangkat lunak, dan preferensi user. Terdiri dari beberapa subkey, antara lain:

• AppEvents, berisi perihal asosiasi antara bunyi dengan event nya.

• Control Panel, berisi beberapa setting control panel.

• InstallLocationMRU, berisi perihal informasi lokasi master Windows. (XP)

• Network, berisi informasi yang bekerjasama dengan jaringan.

• Software, berisi perihal konfigurasi software untuk user yang sedang log on.

• RemoteAccess, berisi informasi alamat dan profil untuk remote network access. (XP)

• Console, berisi konfigurasi window Command Prompt, menyerupai tinggi, lebar, dan warna text.

• Environment, berisi user variable.

• Keyboard Layout, berisi konfigurasi layout keyboard.

• Printers, berisi konfigurasi koneksi ke printer.

HKEY_CLASSES_ROOT

Berisi informasi semua pasangan ekstensi file dengan aplikasi pembukanya. Misal .rar dibuka dengan WinRAR dan .mp3 dibuka dengan Winamp.

HKEY_USERS

Berisi user setting yang akan digunakan oleh semua user. Jika hanya terdapat satu user maka nama subkey dari hive tersebut ialah .DEFAULT.

HKEY_CURRENT_CONFIG

Berisi perihal informasi konfigurasi untuk hardware. Hive ini tidak mengandung data apapun, melainkan hanya berisi rujukan menuju konten yang ada pada:  
Di Hardware Profiles\Current a subkey HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\CurrentControlSet\Hardware Profiles.


HKEY_DYN_DATA



Berisi perihal semua informasi Plug and Play.

CATATAN: HKEY di registry Windows merupakan akronim dari kata Handle to Key. Untuk membuka sajian Registry ialah dengan tekan (Windows+R) ketikkan Regedit.Tekan enter

Semoga Bermanfaat