Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Balasan Unbk Geografi 2018 Isyarat A Nomor 1-5

Halo teman-teman menyambut awal tahun 2019
ini saya akan coba berikan pola soal UNBK Geografi 2018 dan pembahasannya. Pola soal dari tahun ke tahun tidak begitu banyak berubah jadi pastikan kau banyak berlatih mengerjakannya. Jangan lupa like, share blog gurugeografi atau kau dapat juga subscribe channel youtube dan instagram @gurugeografi.

1. Fenomena geosfer:
1) kebakaran hutan menjadikan kabut asap
2) terbentuknya stalaktit dan stalagmit di Gua Tabuhan Pacitan
3) kolaborasi Indonesia dan ASEAN
4) terjadi erosi di Pantai Parangtritis
5) kegiatan jual beli di Pasar Tanah Abang
Aspek fisik kajian geografi ada pada angka ....

Jawabannya: 1), 2) dan 4)
Pembahasan: Aspek fisik ialah semua bencana yang bersifat alamih dan tidak dibangun oleh manusia. Kaprikornus untuk membedakan aspek geografi itu gampang saja. Aspek fisik cari yang semuanya alamiah bila non fisik cari yang ada kegiatan manusia. Praktis kan.

2. Prioritas pemerintah pusat ialah menggalakan kegiatan tol bahari dan dilakukan atas filosofi negara kepulauan. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemajuan ekonomi di banyak sekali wilayah Indonesia. Pendekatan yang cocok untuk mengkaji fenomena tersebut ialah ....

Jawabannya: Kewilayahan/Kompleks Wilayah
Pembahasan: Ada 3 pendekatan geografi kan, keruangan, kelingkungan dan kewilayahan. Dalam soal diatas kegiatan tol bahari itu kan akan menghubungkan antara daerah/wilayah di Indonesia jadi pastinya pendekatan kewilayahan dong. Kaprikornus wilayah-wilayah di Indonesia akan terkoneksi satu sama lain dengan hadirnya tol laut, gitu maksudnya. Ngerti ora son?

3. Kandungan minyak bumi di wilayah Indonesia tidak merata dan lebih banyak terkonsentrasi di wilayah Indonesia bab barat sementara wilayah Indonesia bab timur lebih banyak mengandung materi mineral. Prinsip geografi yang sesuai dengan fenomena tersebut ialah ....

Jawabannya: Penyebaran/Distribusi
Pembahasan: Dalam paragraf di soal mengatakan sebaran materi galian baik di barat dan timur. Ini sudah mengatakan distribusi alias penyebaran guys. Kalau masih gundah baca berulang-ulang deh.

4. Mayoritas penduduk di kawasan utara Jawa bermata pencaharian sebagai nelayan sementara di kawasan pegunungan penduduknya bermatapencaharian sebagai petani Konsep geografi yang berkaitan dengan fenomena tersebut ialah ....

Jawabannya: Diferensiasi Area
Pembahasan: Paragraf tadi menjelaskan 2 perbedaan karaker wilayah guys. Di utara jawa yang lebih banyak didominasi nelayan penduduknya sementara di pegunungan petani. Ini menerangkan perbedaan wilayah ya guys.

5. Dampak yang ditimbulkan dari gerakan lempeng pada gambar di bawah ialah .... Gambar: disini
 ini saya akan coba berikan pola soal UNBK Geografi  Kunci Jawaban UNBK Geografi 2018 Kode A Nomor 1-5
Batas lempeng
Jawabannya: Patahan
Pembahasan: Gambar mengatakan tipe lempeng batas transform atau saling begesek. Pada zona ini sering muncul batas Patahan. Contoh patahan populer di Indonesia ialah Sesar Semangko, Sesar Lembang dan Sesar Palukoro di Palu. Kalau di dunia ada Sesar San Andreas.

Sumber https://www.gurugeografi.id/