Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Niat Puasa Ramadhan Nawaitu Terlengkap & Do'a Berbukanya 2019

Puasa ramadhan adalah ibadah wajib tahunan yang harus dikerjakan oleh setiap umat muslim apabila sudah sampai pada syarat yang sudah di tetapkan syariat seperti di antaranya baligh baik wanita atau laki-laki, sehat, berakal, tidak gila, mengetahui kewajiban puasa, memahami masuk waktunya dan tidak sedang halangan haid atau semisalnya. Apabila syarat tersebut terpenuhi maka di wjaibkan baginya berpuasa pada bulan ramadhan, jika sengaja di tinggalkan, hukumnya dosa bahkan setatus dari keislamannya perlu di pertanyakan lagi.

Apabila orang sehat sudah baligh lagi berakal lalu meninggalkan puasa secara sengaja maka dihukumi dosa besar serta wajib untuk mengganti atau qadha di bulan lain. Akan tetapi bagi yang sakit atau haid tidak menjadi dosa dengan meninggalkannya bahkan di haruskan, namun tetap wajib menggantinya nanti. sehingga dengan begitu puasa ramadhan di pastika wajib kepada setiap umat muslim yang sudah memenuhi syarat tanpa ada terkecuali.

Hakikat dari puasa bukanlah hanya sekedar menahan haus dan rasa lapar atau lelah saja, akan tetapi memberikan banyak pelajaran penting bagi orang yang mengerjakannya di mana apabila di lihat dari kehidupan sehari hari maka puasa ini bisa menumbuhkan rasa toleransi, melatih kesabaran, belajar menahan hawa nafsu, rendah diri, menghilangkah keangkuhan dan kesombogan dan banyak lagi yang lainnya. Sedangkan yang paling penting bahwa puasa ini akan mampu menjaga orang yang mengerjakannya dari panasnya neraka dan menjadi sarana pengampunan dosa.

Puasa ramadhan adalah ibadah wajib tahunan yang harus dikerjakan oleh setiap umat muslim a Doa Niat Puasa Ramadhan Nawaitu Terlengkap & Do'a Berbukanya 2019

Di antara hal yang mesti di perhatikan dalam tata cara berpuasa selain kesunnahan berbuka dan sahur juga harus memahami bagaimana bacaan dari niat puasa ramadhan bahkan niat ini menjadi satu hal penting karena rukun dari ibadah. Sehingga sah atau tidaknya puasa pertama kali di tentukan pada niat, dengan begitu jangan sampai mengerjakan puasa namun rukun ini tidak di laksanakan.

Lalu bagai mana apabila lupa niat di malam hari apakah sah di lakukan siang hari? perihal masalah ini berpedoman terhadap pendapat kalangan ulama syafi'i maka tidak sah, harus mengganti di lain bulan serta tetap di haruskan utuk menahan layaknya orang berpuasa. Dengan demikian saran yang paling tepat usahakan ikut shalat tarawih, karena biasanya sehabis selesai di lanjut dengan membaca niat bersama yang di pimpin oleh imam dengan begitu niat puasa ramadhan pun tidak akan pernah lupa.

Niat Puasa Ramadhan

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghodin 'an adaa'i fardhi syahri romadhoona hadihis-sanati lillahi ta'aalaa

Artinya : Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta'ala.

Untuk mengenai batasan dari waktu pembacaan niat yaitu di mulai sejak setelah maghrib hingga sebelum datangnya waktu di mulainya berpuasa atau orang-orang biasanya hingga waktu imsyak, akan tetapi imsak tidak menjadi ketentuan dari awal waktu puasa, karena saat di mulainya puasa yaitu awal terbit fajar, jadi selain bisa di bacakan di malam hari niat juga bisa di hadirkan ketika waktu sahur, asal jangan sampai lupa.

Lalu bagaimana hukum dari doa berbuka puasa? membacakannya adalah sunnah tidak ada kaitannya dengan sah atau tidaknya puasa, apabila di bacakan mendapatkan pahala sunnah dan jika tidak maka tidak mendapakan apa-apa. Namun alangkah baiknya jika senantiasa membaca doa ketika berbuka puasa supaya bertambah pahala kebaikan serta apa yang di makan di sertai dengan keberkahan, dan berikut kami tulis doanya.

Doa Berbuka puasa

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa'alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamarroohimiin

Artinya : Ya Allah keranaMu aku berpuasa, dengan Mu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat MU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.

Apabila harus membahas semua tentang ramadhan maka akan sangat panjang sekali bahkan membutuhkan waktu sangat panjang, jika kurang puasa silahkan cari lagi pada artikel lain yang sama-sama masih ada hubungannya dengan niat puasa ramadhan nawaitu terlengkap & Do'a berbukanya 2019 sebulan artinya, ganti senin kamis, sunnah, membaca dan lain sebagainya, serta mohon maaf dari segala kekurangan dan kesalahan.
Sumber http://santriema.blogspot.com/