Contoh Model Pembelajaran Discovery Geografi Hots
Selamat siang teman-teman guru geografi se nusantara, kali ini aku akan berikan referensi model pembelajaran discovery geografi berbasis HOTS yang sesuai dengan kurikulum 2013. Pembelajaran periode ke 21 dikala ini lebih mengarahkan anak supaya sanggup lebih bebas berkreasi dan berekspresi mengemukakan pendapatnya. Model discovery ialah model mencar ilmu yang memperlihatkan kesempatan kepada anak untuk menemukan sendiri tanggapan atas sebuah duduk kasus positif dalam kehidupan. Berikut referensi pembelajaran discovery geografi bahan konsep geografi.
1. Stimulation (memberikan stimulus)
Contoh: Guru menampilkan sebuah kejadian berupan fenomena gempa bumi Palu yang berkaitan dengan aspek geografi.
2. Problem Statement (mengidentifikasi masalah)
Contoh: Mengidentifikasi penyebab terjadinya gempa di Palu.
3. Data Collecting (mengumpulkan data)
Contoh: Mencari dan mengumpulkan data perihal penyebab peristiwa gempa di Palu dari sumber terpercaya.
4. Data Processing (mengolah data)
Contoh: Mencari upaya meminimalisir dan menanggulangi peristiwa gempa di Palu
5. Verification (memverifikasi)
Contoh: Membandingkan hasil diskusi antar kelompok untuk mendapat isu dan mencari solusi terbaik dalam menanggulangi fenomena gempa.
6. Generalization (menyimpulkan)
Contoh: Menyimpulkan upaya mitigasi gempa di Palu.
Dalam hal ini memang lebih baik memakai media internet supaya siswa sanggup mengeksplorasi banyak sekali macam info yang mendukung terhadap permasalahan tersebut. Siswa juga diajak untuk mencari data dari sumber terpercaya dan menentukan mana sumber yang hoax atau bukan. Gambar: disini Sumber https://www.gurugeografi.id/
Kerusakan akhir gempa di Palu |
Contoh: Guru menampilkan sebuah kejadian berupan fenomena gempa bumi Palu yang berkaitan dengan aspek geografi.
2. Problem Statement (mengidentifikasi masalah)
Contoh: Mengidentifikasi penyebab terjadinya gempa di Palu.
3. Data Collecting (mengumpulkan data)
Contoh: Mencari dan mengumpulkan data perihal penyebab peristiwa gempa di Palu dari sumber terpercaya.
4. Data Processing (mengolah data)
Contoh: Mencari upaya meminimalisir dan menanggulangi peristiwa gempa di Palu
5. Verification (memverifikasi)
Contoh: Membandingkan hasil diskusi antar kelompok untuk mendapat isu dan mencari solusi terbaik dalam menanggulangi fenomena gempa.
6. Generalization (menyimpulkan)
Contoh: Menyimpulkan upaya mitigasi gempa di Palu.
Dalam hal ini memang lebih baik memakai media internet supaya siswa sanggup mengeksplorasi banyak sekali macam info yang mendukung terhadap permasalahan tersebut. Siswa juga diajak untuk mencari data dari sumber terpercaya dan menentukan mana sumber yang hoax atau bukan. Gambar: disini Sumber https://www.gurugeografi.id/