Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Iktikad Akhlak
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah :Mts 1 seluma
Mata pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas : VII/1
Alokasi waktu : 2x45 menit (1x pertemuan)
A. Kompetensi Inti
1. perilaku terpuji
B. Kompetensi Dasar
1. Menjelaskan sikap terpuji
2. Membiasakan hidup dengan sikap terpuji
3. Menunjukan sikap terpuji di lingkungan sekitar
C. Indikator
1. Siswa sanggup menjelaskan sikap terpuji
2. Siswa bisa membiasakan hidup dengan sikap terpuji
3. Siwa bisa berperilaku terpuji di linkungan sekitar
D. Tujuan pembbelajaran
1. Siswa sanggup menjelaskan sikap terpuji
2. Siswa sanggup membiasakan hidup dengan sikap terpuji
3. Siswa sanggup membuktikan sikap terpuji di lingkunagan sekitar
E. Materi pembelajaran
1. Amanah
2. Adil
3. Jujur
F. Metode pembelajaran
1. Pendekatan: Saintifik
2. Strategi:teknik bola salju
3. Metode:Ceramah,diskusi dan penugasan.
G. Kegiatan pembelajaran
KEGIATAN | DISKRIPSI | ALOKASI WAKTU |
Pendahuluan | · Memberikan salam · Menanyakan kepada siswa kesiapan belajar · Menanyakan kehadiran siswa/absen · Membuka pembelajaran dengaan sama-sama menguncapkan basmalah | 15 menit |
Inti | · Guru Menjelaskan bahan yang akan disampaikan · Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dan memberi masing-masing siswa nomor yang berbeda · Guru menyuruh siswa berdiskusi · Guru mempersilahkan masing-masing siswa menciptakan pertanyan di kertas kecil, sesui bahan pelajaran · Guru menyuruh siswa menggulung pertanyaan yang telah di buat dan melemparkan kepada teman semoga pertanyaan tertukar. · Guru memanggil nomor siswa secara acak dan menyuruh siswa menjawab pertanyan yeng sudah di pegang masing-masing siswa · Guru menyimpulkan pembelajaran · Guru memperlihatkan latihan soal kepada siswa, · Guru menyuruh siswan menukarkan soal yang sudah di jawab untuk di koreksi sama-sama | 55 menit |
Penutup | Guru memperlihatkan kiprah (PR) kepada siswa Guru menutup pelajaran dengan menguncapkan lapas hamdalah,dan menguncapkan salam | 10 menit |
LEMBAR PENILAIAN PROSES
PENGAMATAN MENYEBUTKAN PENGERTIAN AMANAH,ADIL,JUJUR, JENIS-JENIS, CONTOH, HIKMAH DAN KIAT-KIAT DALAM MENINGKATKAN PERILAKU TERPUJI.
Tanggal : 26 April 2016
No | Nama siswa | ASPEK YANG DIAMATI | Skor | Nilai | |||
Benar | Urut | Partisipasi | Semangat | ||||
1 | |||||||
2 | |||||||
3 | |||||||
4 | |||||||
5 | |||||||
6 | |||||||
7 | |||||||
8 | |||||||
9 |
H. Sumber dan Alat belajar
1. Buku pedoman mata pelajaran
2. Papan tulis,sepidol,dan penghapus
3. Lembar soal
I. Penilaian
A. Tes
1. Soal pilihan ganda
B. Non tes
1. Kehadiran
2. Kedisiplinan
3. Keaktifan
Mengetahui Kepala Madrasah | Bengkulu, mei 2016 Guru Mapel Aqidah Akhlaq |