Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Iktikad Akhlak


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)
Nama sekolah        :Mts 1 seluma
Mata pelajaran      : Aqidah Akhlak
Kelas                        : VII/1
Alokasi waktu       : 2x45 menit (1x pertemuan)
     A.    Kompetensi Inti
1.      perilaku terpuji
     B.     Kompetensi Dasar
1.      Menjelaskan sikap terpuji
2.      Membiasakan hidup dengan sikap terpuji
3.      Menunjukan sikap terpuji di lingkungan sekitar
      C.    Indikator
1.      Siswa sanggup menjelaskan sikap terpuji
2.      Siswa bisa membiasakan hidup dengan sikap terpuji
3.      Siwa bisa berperilaku terpuji di linkungan sekitar    
       D.    Tujuan pembbelajaran
1.      Siswa sanggup menjelaskan sikap terpuji
2.      Siswa sanggup membiasakan hidup dengan sikap terpuji
3.      Siswa sanggup membuktikan sikap terpuji di lingkunagan sekitar
         E.     Materi pembelajaran
1.      Amanah
2.      Adil
3.      Jujur
           F.     Metode pembelajaran
1.      Pendekatan: Saintifik
2.      Strategi:teknik bola salju
3.      Metode:Ceramah,diskusi dan penugasan.

            G.    Kegiatan pembelajaran
KEGIATAN
DISKRIPSI
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
·         Memberikan salam
·         Menanyakan kepada siswa kesiapan belajar
·         Menanyakan kehadiran siswa/absen
·         Membuka pembelajaran dengaan sama-sama menguncapkan basmalah



15 menit
Inti
·          Guru Menjelaskan bahan yang akan disampaikan
·         Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dan memberi masing-masing siswa nomor yang berbeda
·         Guru menyuruh siswa berdiskusi
·         Guru mempersilahkan masing-masing siswa menciptakan pertanyan di kertas kecil, sesui bahan pelajaran
·         Guru menyuruh siswa menggulung pertanyaan yang telah di buat dan melemparkan kepada teman semoga pertanyaan tertukar.
·         Guru memanggil nomor siswa secara acak dan menyuruh siswa menjawab pertanyan yeng sudah di pegang masing-masing siswa
·         Guru menyimpulkan pembelajaran
·         Guru memperlihatkan latihan soal kepada siswa,
·         Guru menyuruh siswan menukarkan soal yang sudah di jawab untuk di koreksi sama-sama










55 menit
Penutup
Guru memperlihatkan kiprah (PR) kepada siswa
Guru menutup pelajaran dengan menguncapkan lapas hamdalah,dan menguncapkan salam

10 menit

LEMBAR PENILAIAN PROSES
PENGAMATAN MENYEBUTKAN PENGERTIAN AMANAH,ADIL,JUJUR, JENIS-JENIS, CONTOH, HIKMAH DAN KIAT-KIAT DALAM MENINGKATKAN PERILAKU TERPUJI.
Tanggal : 26 April 2016
No
Nama siswa
ASPEK YANG DIAMATI
Skor
Nilai
Benar
Urut
Partisipasi
Semangat
1







2







3







4







5







6







7







8







9








H.    Sumber dan Alat belajar
1.      Buku pedoman mata pelajaran
2.      Papan tulis,sepidol,dan penghapus
3.      Lembar soal
I.       Penilaian
A.    Tes
1.      Soal pilihan ganda
B.     Non tes
1.      Kehadiran
2.      Kedisiplinan
3.      Keaktifan

Mengetahui
Kepala Madrasah





Bengkulu,   mei  2016
Guru Mapel Aqidah Akhlaq