Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN"BAHASA INDONESIA ( PERISTIWA )"
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / I
Tema : Peristiwa
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit
1. Standar Kompetensi
Mendengarkan klarifikasi wacana symbol daerah/lambang
2. Kompetensi Dasar
Menjelaskan kembali secara verbal atau tulis klarifikasi wacana symbol daerah/lambing
3. Tujuan Pembelajaran:
1. Siswa sanggup Mendengarkan klarifikasi wacana lambang Pramuka.
2. Siswa sanggup Mencatat pokok-pokok klarifikasi wacana lambang Pramuka.
3. Siswa sanggup Menuliskan klarifikasi wacana lambang Pramuka secara terperinci
4. Siswa sanggup Menjelaskan secara verbal arti lambang Pramuka
4. Karakter siswa yang diperlukan :
Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
5. Materi
Lambang
6. Kegiatan Pembelajaran
a. Mendengarkan klarifikasi wacana lambang Pramuka.
b. Mencatat pokok-pokok penjelasan.
c. Menuliskan klarifikasi wacana lambang secara terperinci.
d. Menjelaskan kembali secara verbal wacana arti lambang.
7. Langkah-langkah
1. Kegiatan Awal
Apersepsi dan Motivasi :
· Siswa diajak memperhatikan lambang Pramuka (Tunas Kelapa) yang dipajang di depan kelas.
2. Kegiatan Inti
· Eksplorasi
Dalam aktivitas eksplorasi, guru:Siswa mendengarkan klarifikasi guru wacana lambang Pramuka.
· Elaborasi
Dalam aktivitas elaborasi, guru:Sambil mendengarkan, siswa mencatat hal-hal penting klarifikasi guru wacana arti lambang Pramuka.
Selanjutnya siswa diminta menjelaskan kembali secara tertulis wacana lambang Pramuka sebagaimana klarifikasi guru.
Selanjutnya siswa diminta menjelaskan kembali secara tertulis wacana lambang Pramuka sebagaimana klarifikasi guru.
· Konfirmasi
Dalam aktivitas konfirmasi, guru:Guru bertanya jawab wacana hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memperlihatkan penguatan dan penyimpulan
3.Kegiatan Penutup
Dalam aktivitas penutup, guru:
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memperlihatkan penguatan dan penyimpulan
3.Kegiatan Penutup
Dalam aktivitas penutup, guru:
· Siswa diminta menjelaskan kembali wacana lambang Pramuka secara verbal di depan teman-temannya.
8. Penilaian
9. Sumber / Bahan
a. Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 18
b. Lambang Pramuka/Tunas Kelapa
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP : NIP :