Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN "BAHASA INDONESIA(PETUNJUK DENAH)"


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / I
Waktu : 2 x 35 menit

1.      Standar Kompetensi
Mendengarkan klarifikasi wacana petunjuk skema
2.      Kompetensi Dasar
Membuat gambar/denah menurut klarifikasi yang didengar
3.      Tujuan Pembelajaran :
a. Siswa sanggup Mendengarkan petunjuk arah yang dibacakan guru wacana Petunjuk Arah ke Bumi Perkemahan dengan Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) serta Berani ( courage)
b. Siswa sanggup Membuat skema menurut klarifikasi yang didengar
c. Siswa sanggup Menjawab pertanyaan sesuai dengan denah
d. Siswa sanggup Menjelaskan secara verbal mengenai skema yang dibuat
4.      Karakter siswa yang diperlukan :
Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
5.      Materi Pokok
Gambar / Denah
6.      Kegiatan Pembelajaran
a.       Membuat skema menurut klarifikasi yang didengar.
b.      Menjawab pertanyaan sesuai dengan denah.
c.       Menjelaskan secara verbal mengenai skema yang dibuat
7.      Langkah-langkah Pembelajaran
a.      Kegiatan Awal
            Apersepsi dan Motivasi 
·                     Siswa diajak mengamati skema lokasi suatu tempat.
·                     Bertanya jawab seputar skema yang diamati.
b.      Kegiatan Inti
·                     Eksplorasi
Dalam acara eksplorasi, guru:Siswa diminta mendengarkan petunjuk arah yang dibacakan guru. secara perhatian ( respect ).
·                     Elaborasi
Dalam acara elaborasi, guru:Sambil mendengarkan guru membacakan petunjuk arah, siswa diminta menggambar skema sendiri dengan cara Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )Petunjuk Arah ke Bumi Perkemahan Ikuti petunjuk untuk mencapai Bumi Perkemahan.
Siswa bertanya kepada teman di sebelahnya apakah skema buatannya sudah benar!Bertanyajawab wacana petunjuk arah yang dibacakan guru
·                     Konfirmasi
Dalam acara konfirmasi, guru:Guru bertanya jawab wacana hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memperlihatkan penguatan dan penyimpulan
c.       Kegiatan Penutup
Dalam acara penutup, guru:
·                     Siswa diminta menjelaskan secara verbal di depan kelas wacana skema yang dibentuk sendiri.
8.      Penilaian
9.      Sumber / Alat
a.       Buku paket Bina Bahasa Indonesia 4A
b.      Gambar Denah




                                                                                                   ............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mapel Bahasa Indonesia.





..................................                                                                ..................................
NIP :                                                                                         NIP :