Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Baru Analisis Kd Dan Ki Sma Kk 2013 - Berkasguru25

Baru Analisis KD dan KI Sekolah Menengan Atas KK 2013 

Pada kesempatan di pagi hari ini saya akan mengembangkan mengenai kompetensi inti dan kompetensi dasar untuk jenjang Sekolah Menengan Atas kurikulum 2013. SKL dijabarkan ke dalam bentuk kompetensi inti(KI).Selanjutnya KI dijabarkan ke dalam bentuk kompetensi dasar (KD).Kompetensi inti merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai SKL yang harus dimiliki seorang akseptor didik pada setiap tingkat kelas atau aktivitas yang menjadi dasar pengembangan KD.Kompetensi dasar yaitu kemampuan yang menjadi syarat untuk mneguasai komptensi inti yang harus diperoleh akseptor didik melalui proses pembelajaran. Silakan bisa di download di bawah ini.
Pada kesempatan di pagi hari ini saya akan mengembangkan mengenai kompetensi inti dan kompetensi Baru Analisis KD dan KI Sekolah Menengan Atas KK 2013 - Berkasguru25
Analisis KD dan KI Sekolah Menengan Atas KK 2013

Tujuan Analisis SKL KI KD

Analisis SKL KI KD sebagai titik awal perencanaan pembelajaran tentu mempunyai maksud dan tujuan. Analisis SKL KI KD menjadi titik awal penguatan pendidikan karakter. Kita perlu memahami kerangka berpikir terkait analisis skl ki kd ini semoga pembelajaran yang kita sajikan berjalan sesuai bagan besar pencapaian Standar Kompetensi Lulusan Kurikulum 2013. Ok, mari berangkat dari harapan dan impian penerapan Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 diterapkan BUKAN SEKEDAR UPDATE PENGETAHUAN dan KETERAMPILAN SAJA. Kurikulum 2013 diterapkan untuk menyiapkan siswa semoga mempunyai kompetensi baik perilaku spiritual, perilaku sosial , pengetahuan dan keterampilan semoga nantinya unggul dalam persaingan global kurun 21 ini. Keunggulan ini ditunjang dengan pengembangan keterampilan kurun 21 menyerupai critical thinking, creative thinking, collaborating dan communicating (4 C). Keunggulan-keunggulan ini sudah dicanangkan dan dirumuskan dalam Standar Kompetensi Lulusan (SKL).

Pada ranah operasional, pembentukan kompetensi lulusan dilakukan melalui pembelajaran yang dilakukan oleh guru di seluruh mata pelajaran. Dalam konteks ini, bahan pembelajaran dan proses pembelajaran menjadi instrumen penting menuju tercapainya Standar Kompetensi Lulusan yang dicita-citakan. Materi pembelajaran yang TIDAK LINIER dengan Standar Kompetensi Lulusan yang diinginkan JELAS menjadi PENYEBAB tidak tercapainya kompetensi yang diinginkan. Demikian juga dengan proses pembelajaran. Terbentuknya kompetensi lulusan pada siswa tergantung juga dengan proses pembentukan kompetensi yang dilakukan pada proses pembelajaran. Proses pembelajaran sanggup berjalan optimal kalau guru memahami Kompetensi Dasar (KD), dan MENERAPKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK nya semoga kompetensi dasar yang dirumuskan dalam kalimat-kalimat sanggup diwujudkan pada diri siswa atau akseptor didik.

Analisis SKL KI KD inilah wujud langkah guru meluruskan dan melinierkan perencanaan proses pembelajaran untuk pencapaian Standar Kompetensi Lulusan yang diinginkan.

Pengertian Analisis SKL KI KD
Analisis SKL KI KD wajib dipahami oleh setiap pendidik. Analisis SKL KI KD ialah kegiatan menguraikan keterkaitan SKL KI KD atas banyak sekali bagiannya, menelaah bab itu sendiri serta korelasi antar bab untuk memperoleh banyak sekali gosip pedagogis yang berkhasiat untuk menciptakan perencanaan pembelajaran yang benar.

Analisis SKL KI KD menjabarkan komponen SKL (Standar Kompetensi Lulusan), KI (Kompetensi Inti) dan KD (Kompetensi Dasar) baik KD Pengetahuan maupun KD Keterampilan. Selain aktifitas menjabarkan menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, Analisis SKL KI KD juga menjabarkan korelasi dan keterkaitan antar komponen yang di analisis tersebut.

Jelas kiranya bahwa silabus dan RPP yaitu dokumen yang diturunkan dari Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar KI KD, dan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar KI KD sendiri diturunkan dari Standar Kompetensi Lulusan SMK. Agar supaya silabus dan RPP Sekolah Menengah kejuruan yang dikembangkan benar-benar akurat mengeksekusi keinginan Standar Kompetensi Lulusan Sekolah Menengah kejuruan maka perlu ada jaminan linieritas Kompetensi Dasar KD terhadap SKL nya. Analisis SKL KI KD inilah penjamin linieritas silabus dan RPP Sekolah Menengah kejuruan terhadap Standar Kompetensi Lulusan SKL.

Memahami Contoh Analisis SKL KI KD
Analisis SKL KI KD pada setiap mata pelajaran dilakukan mengikuti rujukan dalam Bimtek Implementasi K2013. Pada posting ini rujukan analisis skl ki kd admin sadurkan dari Modul Bimtek Implementasi Kurikulum 2013

Cobalah rekan-rekan pembaca amati tabel berikut ini.

  1. Hasil Analisis KI-KD KK 2013 Sekolah Menengan Atas Mapel PPKn.docx 
  2. Hasil Analisis KI-KD KK 2013 Sekolah Menengan Atas Mapel Antropologi.docx 
  3. Hasil Analisis KI-KD KK 2013 Sekolah Menengan Atas Mapel Bahasa dan Sastra Indonesia.docx
  4. Hasil Analisis KI-KD KK 2013 Sekolah Menengan Atas Mapel Bhs Inggris.docx 
  5. Hasil Analisis KI-KD KK 2013 Sekolah Menengan Atas Mapel Bhs Jepang.docx 
  6. Hasil Analisis KI-KD KK 2013 Sekolah Menengan Atas Mapel Biologi.docx 
  7. Hasil Analisis KI-KD KK 2013 Sekolah Menengan Atas Mapel Ekonomi.docx 
  8. Hasil Analisis KI-KD KK 2013 Sekolah Menengan Atas Mapel Fisika.docx 
  9. Hasil Analisis KI-KD KK 2013 Sekolah Menengan Atas Mapel Jepang.docx
  10. Hasil Analisis KI-KD KK 2013 Sekolah Menengan Atas Mapel Kimia.docx 
  11. Hasil Analisis KI-KD KK 2013 Sekolah Menengan Atas Mapel Mapel Prakarya.docx 
  12. Hasil Analisis KI-KD KK 2013 Sekolah Menengan Atas Mapel Matematika.docx 
  13. Hasil Analisis KI-KD KK 2013 Sekolah Menengan Atas Mapel PAI.docx 
  14. Hasil Analisis KI-KD KK 2013 Sekolah Menengan Atas Mapel Paibudi Pekerti.docx 
  15. Hasil Analisis KI-KD KK 2013 Sekolah Menengan Atas Mapel Penjasorkes.docx 
  16. Hasil Analisis KI-KD KK 2013 Sekolah Menengan Atas Mapel PPKn.docx 
  17. Hasil Analisis KI-KD KK 2013 Sekolah Menengan Atas Mapel Sejarah.docx 
  18. Hasil Analisis KI-KD KK 2013 Sekolah Menengan Atas Mapel Seni_budaya.docx 
  19. Hasil Analisis KI-KD KK 2013 Sekolah Menengan Atas Mapel Sosiologi.docx



Demikian  Analisis KD dan KI Sekolah Menengan Atas KK 2013 sanggup bermanfaat untuk bapak/ibu guru