Latihan Soal Dan Kunci Balasan Un/Unbk Bahasa Indonesia Smp 2019
Latihan Soal dan Kunci Jawaban UN/UNBK Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama 2019. Masih bersama saya dengana admin blog Soal Prediksi. Pada kesempatan kali ini admin masih akan membagikan latihan soal jenjang Sekolah Menengah Pertama pada Ujian Nasional (UN/UNBK/UNKP) di mata ujian Bahasa Indonesia.
Mata ujian ini meliputi teks - teks pada setiap soal yang membutuhkan waktu lebih usang daripada lainnya.
Sedangkan untuk materi UN Bahasa Indonesia SMP sendiri. Sobat bisa menyidik keseluruha butir soal ini dengan kisi - kisi SKL UN bahasa indonesia Sekolah Menengah Pertama yang sudah dibagikan pihak BSNP pada bulan November kemarin.
Rincian yang saya kutip ialah sebagai berikut :
- Membaca non sastra
- Membaca sastra
- Menulis terbatas
- Menyunting kata, kalimat, paragraf
- Menyunting ejaan dan tanda baca
Sobat bisa mengecek rincian lengkapnya pada postingan resmi BSNP.
Sebagaimana yang sobat ketahui bahwa Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama akan diadakan untuk mengukur Standar Kompetensi Siswa pada 4 mata pelajaran Utama. Walau pun hasilnya tidak menentukan kelulusan siswa sama sekali, akan tetapi hasil tersebut bisa menjadi materi pertimbangan untuk sobat melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya.
Jadi, selamat belajar, dan berjuang latihan soal UN / UNBK Bahasa Indonesia SMP di bawah ini.
Latihan Soal dan Kunci Jawaban UN/UNBK Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama 2019
Buka hanya latihan soal online saja yang admin bagikan ini. Melainkan juga file PDF pola latihan soal UN Bahasa indonesia Sekolah Menengah Pertama yang bisa sobat unduh dan mempelajarinya dengan cara offline/print out soal tersebut. Dan untuk Copy Paste tidak admin sertakan mengingat hal ini merugikan kami.
Selamat mengerjakan..
Tidur berafiliasi dengan kualitas dan kuantitas morbiditas dan mortalitas. Menurut data epidemiologi tidur yang kurang dari 6 jam atau tidur yang lebih dari 9 jam per hari, erat hubungannya dengan peningkatan mortalitas.
Kualitas dan kuantitas tidur yang kurang pada anak sanggup menjadikan terjadinya rasa kantuk yang berlebihan di siang hari dan penurunan tingkat atensi di siang hari. Gangguan pola tidur berupa pola tidur yang berlebihan sanggup mengakibatkan imbas negatif pada performa di sekolah, fungsi kognitif, dan mood sehingga sanggup mengakibatkan konsekuensi serius lainnya menyerupai peningkatan angka insiden kecelakaan kendaraan beroda empat dan motor.
Makna kata atensi dalam teks tersebut ialah ….
A. keinginan
B. perhatian
C. konsentrasi
D. ingatan
Jawaban : B
2. Bacalah Petunjuk Berikut!
Beberapa aspek yang perlu diperhatikan sebelum menyeberang jalan.
1) Pilihlah jalan yang tidak terlalu ramai.
2) Jika bersama bawah umur atau orang tua, pegang tangannya.
3) Gunakan zebra cross bila ada.
4) Jangan menyeberang di tikungan jalan.
Kalimat tercetak miring tersebut mempunyai makna ….
A. Penyeberang berjalan melewati zebra cross bila ada.
B. Penyeberang menggunakan zebra cross yang ada di jalan.
C. Penyeberang mematuhi peraturan dengan menggunakan zebra cross.
D. Penyeberang harus mencari zebra cross sebelum menyeberang jalan.
Jawaban : A
3. Bacalah Teks Berikut!
Dari hasil penelitian disebutkan bahwa berkurangnya waktu tidur dan jadwal tidur yang tidak teratur terkait erat dengan performa sekolah yang jelek pada remaja. Selain itu, pada penelitian sebelumnya terhadap siswa Sekolah Menengah Pertama didapatkan bahwa siswa yang menerima peringkat akademik yang baik mempunyai jadwal tidur yang lebih teratur dan waktu tidur yang lebih panjang dengan waktu tidur lebih awal dibandingkan dengan siswa dengan peringkat akademik yang lebih rendah. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat keterkaitan antara pola tidur atau bangun dan kemampuan persepsi mereka di sekolah dan mempengaruhi hasil peringkat akademik dan nilai ujian mereka.
Makna tersurat paragraf di atas ialah ….
A. Pola tidur tidak teratur, prestasi akademik baik.
B. Banyak tidur akan meningkatkan prestasi akademik.
C. Tidur teratur membantu meningkatkan prestasi akademik.
D. Sebelum mengemudikan kendaraan beroda empat atau motor sopir harus tidur.
Jawaban : C
Bacalah kutipan teks berikut kemudian kerjakan soal nomor 4 s.d. 5!
(1) Kacang hijau (Phaseolus radiatus L.) merupakan salah satu tumbuhan kacang-kacangan penting di Asia Tenggara dan Asia Selatan . (2) Di Indonesia , tumbuhan ini menempati urutan ketiga sesudah kedelai dan kacang tanah.(3) Urutan ketiga, baik mengenai luas areal penanaman dan produksinya maupun peranannya sebagai materi makanan. (4)Tanaman ini merupakan tumbuhan semusim berumur pendek, lebih kurang 65 hari.
Kandungan yang terdapat dalam biji kacang hijau sebagai berikut. Biji kacang hijau mempunyai kandungan protein sebanyak 24,4%, lemak 1% dan karbohidrat 64,6% . Selain itu, berdasarkan (Marzuki dan Soeprapto,2007), tumbuhan ini mengandung vitamin B l, vitamin A, dan C.
4. Kalimat utama paragraf pertama kutipan teks tersebut ditandai dengan nomor ….
A. (4)
B. (3)
C. (2)
D. (1)
4. Kalimat utama paragraf pertama kutipan teks tersebut ditandai dengan nomor ….
A. (4)
B. (3)
C. (2)
D. (1)
Jawaban : A
5. Gagasan utama paragraf pertama kutipan teks no. 4 tersebut ialah .…
A. kacang hijau umurnya lebih kurang 65 hari
B. kacang hijau tumbuhan pendek
C. kandungan biji kacang hijau
D. kacang hijau tumbuhan kacang-kacangan
Jawaban : D
6. Bacalah Paragraf Berikut!
Kasus wabah difteri yang terjadi di penghujung tahun 2017 disebut sebagai insiden luar biasa (KLB). Difteri yang terjadi tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Salah satunya lantaran pengidap difteri tidak hanya terjadi pada bawah umur saja, tetapi juga orang dewasa. Dalam catatan, korban difteri paling muda berumur 3,5 tahun dan usia paling renta 45 tahun. Difteri bukanlah penyakit baru. Difteri sudah ada semenjak ratusan tahun kemudian dan telah mewabah di banyak negara. Penyakit masa kemudian ini muncul pada tahun 1920-an dan 1930-an.
Simpulan isi kutipan teks tersebut ialah ....
A. Wabah difteri menyerang usia bawah umur dan cukup umur secara merata.
B. Difteri disebut juga penyakit masa kemudian yang mewabah di banyak negara.
C. Difteri muncul jauh sebelum tahun 1920-an dan 1930-an.
D. Wabah difteri menyerang orang-orang usia lanjut.
Kasus wabah difteri yang terjadi di penghujung tahun 2017 disebut sebagai insiden luar biasa (KLB). Difteri yang terjadi tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Salah satunya lantaran pengidap difteri tidak hanya terjadi pada bawah umur saja, tetapi juga orang dewasa. Dalam catatan, korban difteri paling muda berumur 3,5 tahun dan usia paling renta 45 tahun. Difteri bukanlah penyakit baru. Difteri sudah ada semenjak ratusan tahun kemudian dan telah mewabah di banyak negara. Penyakit masa kemudian ini muncul pada tahun 1920-an dan 1930-an.
Simpulan isi kutipan teks tersebut ialah ....
A. Wabah difteri menyerang usia bawah umur dan cukup umur secara merata.
B. Difteri disebut juga penyakit masa kemudian yang mewabah di banyak negara.
C. Difteri muncul jauh sebelum tahun 1920-an dan 1930-an.
D. Wabah difteri menyerang orang-orang usia lanjut.
Jawaban : A
7. Bacalah Paragraf Berikut!
Aesop populer di seluruh dunia lantaran dongeng yang ditulisnya. Cerita tersebut biasanya mengisahkan binatang-binatang dengan nasihat. Cerita menyerupai ini biasa disebut fabel. Siapa sebetulnya Aesop, tidak ada yang tahu secara pasti. Menurut cerita, ia ialah seorang budak yang hidup pada zaman Yunani Kuno, sekitar tahun 620-560M.
Aesop populer di seluruh dunia lantaran dongeng yang ditulisnya. Cerita tersebut biasanya mengisahkan binatang-binatang dengan nasihat. Cerita menyerupai ini biasa disebut fabel. Siapa sebetulnya Aesop, tidak ada yang tahu secara pasti. Menurut cerita, ia ialah seorang budak yang hidup pada zaman Yunani Kuno, sekitar tahun 620-560M.
Informasi yang sesuai dengan isi kutipan tersebut ialah ...
A. Aesop dikenal sebagai penulis dongeng fabel yang produktif.
B. Aesop seorang budak yang hidup pada zaman Yunani Kuno.
C. Ceritanya berkisah perihal hewan dan tumbuhan.
D. Aesop populer di seluruh dunia lantaran ia hidup pada zaman Yunani Kuno.
A. Aesop dikenal sebagai penulis dongeng fabel yang produktif.
B. Aesop seorang budak yang hidup pada zaman Yunani Kuno.
C. Ceritanya berkisah perihal hewan dan tumbuhan.
D. Aesop populer di seluruh dunia lantaran ia hidup pada zaman Yunani Kuno.
Jawaban : B
8. Bacalah Teks Berikut!
Setiap insan pastilah mempunyai cita-cita. Yang dimaksud impian ialah tujuan atau harapan seseorang untuk mendapatkan sesuatu di masa depan akan tetapi belum ada kepastiannya. Cita-cita juga merupakan salah satu unsur dari pandangan hidup. Cita-cita setiap orang berbeda satu sama lain. Dengan adanya cita-cita, insan mempunyai tujuan di dalam kehidupannya.
Semakin tinggi impian semakin sulit untuk menggapainya. Untuk menggapainya insan harus berjuang keras. Motivasi juga berperan penting untuk meraih cita-cita, tanpa motivasi akan sulit menggapai apa yang kita cita-citakan. Selain itu, pantang menyerah, percaya diri dan tanpa mengeluh ialah kunci dari keberhasilan dalam menggapai impian kita.
Setiap insan pastilah mempunyai cita-cita. Yang dimaksud impian ialah tujuan atau harapan seseorang untuk mendapatkan sesuatu di masa depan akan tetapi belum ada kepastiannya. Cita-cita juga merupakan salah satu unsur dari pandangan hidup. Cita-cita setiap orang berbeda satu sama lain. Dengan adanya cita-cita, insan mempunyai tujuan di dalam kehidupannya.
Semakin tinggi impian semakin sulit untuk menggapainya. Untuk menggapainya insan harus berjuang keras. Motivasi juga berperan penting untuk meraih cita-cita, tanpa motivasi akan sulit menggapai apa yang kita cita-citakan. Selain itu, pantang menyerah, percaya diri dan tanpa mengeluh ialah kunci dari keberhasilan dalam menggapai impian kita.
Ringkasan isi teks tersebut ialah ….
A. Manusia pastilah mempunyai tujuan di dalam kehidupannya.
B. Manusia tanpa mengeluh untuk menggapai cita-cita.
C. Manusia harus berjuang keras untuk meraih cita-cita.
D. Motivasi berperan penting untuk meraih cita-cita.
A. Manusia pastilah mempunyai tujuan di dalam kehidupannya.
B. Manusia tanpa mengeluh untuk menggapai cita-cita.
C. Manusia harus berjuang keras untuk meraih cita-cita.
D. Motivasi berperan penting untuk meraih cita-cita.
Jawaban : C
9. Bacalah kalimat berikut!
Andini (20) tampak duduk sambil terus mengipasi bara arang biar tetap mengkremasi daging sate di halaman samping gedung Agung Istana Kepresidenan, Yogyakarta, Minggu (4/3/2018).
Andini (20) tampak duduk sambil terus mengipasi bara arang biar tetap mengkremasi daging sate di halaman samping gedung Agung Istana Kepresidenan, Yogyakarta, Minggu (4/3/2018).
Alasan ketidaktepatan penggunaan ejaan pada kalimat tersebut ialah ….
A. Kata mengipasi seharusnya ditulis mengkipasi supaya sesuai dengan kaidah PUEBI.
B. Kata Istana seharusnya ditulis istana supaya sesuai dengan kaidah yang ditetapkan.
C. Kata Agung seharusnya ditulis agung lantaran bukan nama diri atau nama geografi.
D. Kata gedung seharusnya ditulis Gedung supaya sesuai kaidah PUEBI.
Jawaban : D
10. Bacalah kutipan teks ulasan berikut!
Novel Laskar Pelangi ini mempunyai gaya bahasa yang cukup menarik untuk dibaca. Selain itu, menunjukkan kenyamanan para pembaca ketika menyimak setiap alur ceritanya. Kisahnya menunjukkan pelajaran yang patut diteladani, terutama dalam aspek moral dan sosial. Novel ini di dalam ceritanya juga menanamkan perilaku selalu bersyukur atas apa yang ada dan diberikan oleh-Nya. Meski beberapa kata menggunakan bahasa kawasan yang tidak semua orang mengerti, novel ini tetap menunjukkan wawasan bagi pembaca.
Keunggulan kutipan teks tersebut ialah ...
A. Rangkaian kalimat yang dipakai dalam resensi novel Laskar Pelangi terkesan menggurui pembaca.
B. Penggunaan bahasa santun dan kata-katanya bermakna lugas tidak membingungkan pembaca.
C. Pemilihan kata yang dipakai kurang menarik sehingga membuat pembaca menjadi bingung.
D. Kelebihan dan kekurangan resensi novel Laskar Pelangi, disampaikan dengan cara tidak konsisten.
Novel Laskar Pelangi ini mempunyai gaya bahasa yang cukup menarik untuk dibaca. Selain itu, menunjukkan kenyamanan para pembaca ketika menyimak setiap alur ceritanya. Kisahnya menunjukkan pelajaran yang patut diteladani, terutama dalam aspek moral dan sosial. Novel ini di dalam ceritanya juga menanamkan perilaku selalu bersyukur atas apa yang ada dan diberikan oleh-Nya. Meski beberapa kata menggunakan bahasa kawasan yang tidak semua orang mengerti, novel ini tetap menunjukkan wawasan bagi pembaca.
Keunggulan kutipan teks tersebut ialah ...
A. Rangkaian kalimat yang dipakai dalam resensi novel Laskar Pelangi terkesan menggurui pembaca.
B. Penggunaan bahasa santun dan kata-katanya bermakna lugas tidak membingungkan pembaca.
C. Pemilihan kata yang dipakai kurang menarik sehingga membuat pembaca menjadi bingung.
D. Kelebihan dan kekurangan resensi novel Laskar Pelangi, disampaikan dengan cara tidak konsisten.
11. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Karyamin mencoba berjalan lebih cepat meskipun kadang secara tiba-tiba banyak kunang-kunang menyerbu ke dalam rongga matanya. Setelah melintasi titian, Karyamin melihat sebutir buah jambu yang masak. Dia ingin memungutnya, tetapi urung lantaran buah itu terlihat bekas gigitan kampret. Dilihatnya juga buah salak berceceran di tanah sekitar pohonnya. Karyamin memungut sebuah, digigit, kemudian dilemparkannya jauh-jauh. Lidahnya seakan terkena air tuba oleh rasa buah salak yang masih mentah. Dan, Karyamin terus berjalan. Telinganya mendenging ketika Karyamin harus menempuh sebuah tanjakan. Tetapi tak mengapa, lantaran di balik tanjakan itulah rumahnya.
Makna kata tercetak miring dalam kutipan cerpen tersebut ....
A. berjatuhan
B. bergelimpangan
C. berguguran
D. berhamburan
Karyamin mencoba berjalan lebih cepat meskipun kadang secara tiba-tiba banyak kunang-kunang menyerbu ke dalam rongga matanya. Setelah melintasi titian, Karyamin melihat sebutir buah jambu yang masak. Dia ingin memungutnya, tetapi urung lantaran buah itu terlihat bekas gigitan kampret. Dilihatnya juga buah salak berceceran di tanah sekitar pohonnya. Karyamin memungut sebuah, digigit, kemudian dilemparkannya jauh-jauh. Lidahnya seakan terkena air tuba oleh rasa buah salak yang masih mentah. Dan, Karyamin terus berjalan. Telinganya mendenging ketika Karyamin harus menempuh sebuah tanjakan. Tetapi tak mengapa, lantaran di balik tanjakan itulah rumahnya.
(Senyum Karyamin, Ahmad Tohari)
Makna kata tercetak miring dalam kutipan cerpen tersebut ....
A. berjatuhan
B. bergelimpangan
C. berguguran
D. berhamburan
12. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Dulam Akhmad, salah seorang pekerja yang haus akan informasi aktual. Ia pun semakin canggih dalam berkarya. Semua ia kerjakan atas perintah bos atau memang kebetulan ia mendapatkan informasi lebih dulu dan disetujui dalam rapat.
Ia rajin memasuki pelosok-pelosok tempat yang bobrok. Didekatinya para fakir miskin, dibujukinya biar mau menceritakan kisah suka sedih kehidupan mereka. Dulam selalu menjadi topik di antara koleganya. “ Pakar kemiskinan” julukannya. Ia menerima informasi yang gres dengan segar. Tulisannya enak dibaca lantaran ia pandai memberi bumbu yang lezat. Bos kantor bahagia korannya maju, iklan bertambah, semua orang ingin punya koran mereka.
Informasi tersurat dalam teks cerpen tersebut adalah...
A. Dulam Akhmad membuat teman-temannya iri lantaran ia lebih disukai oleh bosnya.
B. Tulisan-tulisan Dulam Akhmad enak dibaca lantaran ia pandai memberi bumbu yang enak pada tulisannya.
C. Dulam Akhmad menyukai goresan pena yang mengupas kehidupan para fakir miskin.
D. Kehidupan para fakir miskin selalu dijadikan topik goresan pena yang menarik pada koran yang diproduksi oleh kantor tempat Dulam Akhmad bekerja.
Dulam Akhmad, salah seorang pekerja yang haus akan informasi aktual. Ia pun semakin canggih dalam berkarya. Semua ia kerjakan atas perintah bos atau memang kebetulan ia mendapatkan informasi lebih dulu dan disetujui dalam rapat.
Ia rajin memasuki pelosok-pelosok tempat yang bobrok. Didekatinya para fakir miskin, dibujukinya biar mau menceritakan kisah suka sedih kehidupan mereka. Dulam selalu menjadi topik di antara koleganya. “ Pakar kemiskinan” julukannya. Ia menerima informasi yang gres dengan segar. Tulisannya enak dibaca lantaran ia pandai memberi bumbu yang lezat. Bos kantor bahagia korannya maju, iklan bertambah, semua orang ingin punya koran mereka.
Dikutip dari: Rayni Massardi, Pembunuh, Kompas, Jakarta, 2005
Informasi tersurat dalam teks cerpen tersebut adalah...
A. Dulam Akhmad membuat teman-temannya iri lantaran ia lebih disukai oleh bosnya.
B. Tulisan-tulisan Dulam Akhmad enak dibaca lantaran ia pandai memberi bumbu yang enak pada tulisannya.
C. Dulam Akhmad menyukai goresan pena yang mengupas kehidupan para fakir miskin.
D. Kehidupan para fakir miskin selalu dijadikan topik goresan pena yang menarik pada koran yang diproduksi oleh kantor tempat Dulam Akhmad bekerja.
Jawaban : B
13. Bacalah kutipan teks cerpen berikut!
Si paruh udang kembali melintas cepat dengan bunyi mencecet. Karyamin tak lagi membencinya lantaran sadar, burung yang demikian sibuk niscaya sedang mencari makan buat anak-anaknya dalam sarang entah di mana. Karyamin membayangkan bawah umur si paruh udang sedang meringkuk lemah dalam sarang yang dibangun dalam tanah di sebuah tebing yang terlindung. Angin kembali bertiup. Daun-daun jati beterbangan dan beberapa di antaranya jatuh ke permukaan sungai. Daun-daun itu selalu saja bergerak menentang arus lantaran dorongan angin.
A. permasalahan
B. perkenalan
C. titik puncak
D. peleraian
Si paruh udang kembali melintas cepat dengan bunyi mencecet. Karyamin tak lagi membencinya lantaran sadar, burung yang demikian sibuk niscaya sedang mencari makan buat anak-anaknya dalam sarang entah di mana. Karyamin membayangkan bawah umur si paruh udang sedang meringkuk lemah dalam sarang yang dibangun dalam tanah di sebuah tebing yang terlindung. Angin kembali bertiup. Daun-daun jati beterbangan dan beberapa di antaranya jatuh ke permukaan sungai. Daun-daun itu selalu saja bergerak menentang arus lantaran dorongan angin.
(Senyum Karyamin, Ahmad Tohari)
Kutipan teks cerpen di atas merupakan belahan alur …. A. permasalahan
B. perkenalan
C. titik puncak
D. peleraian
Jawaban : B
14. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Tiba-tiba langkahku terhenti di tempat yang banyak ditumbuhi pohon kamboja. Tempat yang sepi yang berada di perbatasan desa. Matahari sudah mulai beranjak ke barat. Tergerak hatiku untuk mengunjungi kakekku. Tanpa membawa apa-apa, saya eksklusif menuju ke sana. Aku duduk di sebelah kerikil yang bertuliskan nama kakekku. Karena saya tak membawa bunga, saya hanya membacakan doa untuk beliau.
Tiba-tiba langkahku terhenti di tempat yang banyak ditumbuhi pohon kamboja. Tempat yang sepi yang berada di perbatasan desa. Matahari sudah mulai beranjak ke barat. Tergerak hatiku untuk mengunjungi kakekku. Tanpa membawa apa-apa, saya eksklusif menuju ke sana. Aku duduk di sebelah kerikil yang bertuliskan nama kakekku. Karena saya tak membawa bunga, saya hanya membacakan doa untuk beliau.
Latar tempat dan waktu kutipan cerpen tersebut ialah ....
A. di makam sore hari
B. di makam siang hari
C. di perbatasan desa sore hari
D. di perbatasan desa siang hari
A. di makam sore hari
B. di makam siang hari
C. di perbatasan desa sore hari
D. di perbatasan desa siang hari
Jawaban : A
15. Bacalah kutipan novel berikut!
Seekor burung malam melintas di atas rumah Eyang Mus sambil mencecet ketika Darsa membuka pintu kemudian turun ke halaman. Masih di bawah tatapan Eyang Mus, Darsa berhenti dan bengong dalam keremangan sinar gemintang. Darsa tidak merasa niscaya ke arah manakah dia akan melangkah. Pulang ke rumah untuk mendapatkan kehampaan yang amat menyakitkan hati atau kembali ke kerikil datar di tengah Kalirong untuk bersujud? Entahlah. Dan mungkin Darsa tak sepenuhnya sadar ketika langkahnya berbelok ke samping rumah Eyang Mus. Darsa membasuh kaki di bak yang berdinding batu-batu kali kemudian naik ke surau. Dalam surau kecil itulah dulu Darsa menghabiskan setiap malam masa kanak-kanaknya. Kini ia kembali bukan untuk ngaji menyerupai dulu melainkan untuk mencoba bercakap-cakap dengan kenyataan pahit yang sedang menghadang hidupnya.
A. orang pertama sebagai pelaku utama
B. orang pertama sebagai pelaku sampingan
C. orang ketiga serba tahu
D. orang ketiga sebagai pengamat
Jawaban : C
Seekor burung malam melintas di atas rumah Eyang Mus sambil mencecet ketika Darsa membuka pintu kemudian turun ke halaman. Masih di bawah tatapan Eyang Mus, Darsa berhenti dan bengong dalam keremangan sinar gemintang. Darsa tidak merasa niscaya ke arah manakah dia akan melangkah. Pulang ke rumah untuk mendapatkan kehampaan yang amat menyakitkan hati atau kembali ke kerikil datar di tengah Kalirong untuk bersujud? Entahlah. Dan mungkin Darsa tak sepenuhnya sadar ketika langkahnya berbelok ke samping rumah Eyang Mus. Darsa membasuh kaki di bak yang berdinding batu-batu kali kemudian naik ke surau. Dalam surau kecil itulah dulu Darsa menghabiskan setiap malam masa kanak-kanaknya. Kini ia kembali bukan untuk ngaji menyerupai dulu melainkan untuk mencoba bercakap-cakap dengan kenyataan pahit yang sedang menghadang hidupnya.
(Bekisar Merah, Ahmad Tohari)
Sudut pandang pengarang pada kutipan novel tersebut ialah …. A. orang pertama sebagai pelaku utama
B. orang pertama sebagai pelaku sampingan
C. orang ketiga serba tahu
D. orang ketiga sebagai pengamat
Jawaban : C
16. Bacalah kutipan teks cerpen berikut!
Pagi-pagi sekali ia bangun dan pulang ke rumah sang ibu diantar sang nenek. Melihat ibu, ia mula-mula melihat nyala api yang besar di hadapan sang ibu. Sang anak gemetaran, dan ingin lari dari hadapan ibunya. Seketika ia mencicipi ada bisik,
Pagi-pagi sekali ia bangun dan pulang ke rumah sang ibu diantar sang nenek. Melihat ibu, ia mula-mula melihat nyala api yang besar di hadapan sang ibu. Sang anak gemetaran, dan ingin lari dari hadapan ibunya. Seketika ia mencicipi ada bisik,
"Tinggalkan ibumu.la akan memarahi dan membencimu lantaran kau lari dari rumah."
Melihat kegelisahan sang anak, Sang ibu pun menyaksikan nyala api di mata sang anak. Saat itu pula sang ibu tersenyum dan berkata, "Anak ibu, mari kita menggambar cahaya. Api yang keterlaluan dalam gambarmu, akan membuatmu jauh dari cahaya untuk sayang ibu. Ibu sayang kau dan Tuhan sayang pada anak yang mengasihi ibunya, sehingga ia akan ditemani oleh cahaya-cahaya yang bagus, indah . . . ."
Melihat kegelisahan sang anak, Sang ibu pun menyaksikan nyala api di mata sang anak. Saat itu pula sang ibu tersenyum dan berkata, "Anak ibu, mari kita menggambar cahaya. Api yang keterlaluan dalam gambarmu, akan membuatmu jauh dari cahaya untuk sayang ibu. Ibu sayang kau dan Tuhan sayang pada anak yang mengasihi ibunya, sehingga ia akan ditemani oleh cahaya-cahaya yang bagus, indah . . . ."
(Cahaya dan Nyala Api, Yusrizal K.W.)
Makna simbol pada kutipan teks cerpen di atas ialah …. A. kehangatan
B. kesakitan
C. kesusahan
D. kemarahan
Jawaban : D
17. Bacalah kutipan dongeng berikut!
“Boleh kami tahu nama Bapak siapa?” Tanya Laila sopan. “Apakah artinya sebuah nama?” Bapak itu menantangnya. “Mungkin... lantaran tak ada yang abadi, Pak. Kemarin lahir, hari ini tumbuh dan esok punah. Satu-satunya yang bisa dikekalkan dan dikenangkan, hanyalah nama,” lanjutnya.
Bapak itu tersenyum sebelum kesannya berlalu. Sayup terdengar ia berbisik sehalus desir angin.
Amanat kutipan dongeng tersebut ialah ...
A. Kenangan pahit dan manis teringat selamanya.
B. Perbuatan yang baik, hasilnya juga baik.
C. Jangan pernah takut untuk berbuat kebaikan.
D. Jika ditanya oleh seseorang sebaiknya menjawab.
Jawaban : D
“Boleh kami tahu nama Bapak siapa?” Tanya Laila sopan. “Apakah artinya sebuah nama?” Bapak itu menantangnya. “Mungkin... lantaran tak ada yang abadi, Pak. Kemarin lahir, hari ini tumbuh dan esok punah. Satu-satunya yang bisa dikekalkan dan dikenangkan, hanyalah nama,” lanjutnya.
Bapak itu tersenyum sebelum kesannya berlalu. Sayup terdengar ia berbisik sehalus desir angin.
Amanat kutipan dongeng tersebut ialah ...
A. Kenangan pahit dan manis teringat selamanya.
B. Perbuatan yang baik, hasilnya juga baik.
C. Jangan pernah takut untuk berbuat kebaikan.
D. Jika ditanya oleh seseorang sebaiknya menjawab.
Jawaban : D
18. Bacalah kutipan teks cerpen berikut!
“Sudahlah, saya tahu apa yang ada dalam pikiranmu!” lelaki itu melotot, air mukanya berlipat. “Apakah kau ingin tahu mengapa saya selalu berdiri di jembatan ini setiap magrib?” lelaki aneh itu menatap wajahku. Aku yang ingin tau dan memang ingin tahu eksklusif manggut-manggut mengiyakan.
“Aku ialah anak tunggal, tinggal bersama kedua orang tuaku. Keluarga kami begitu tepat rasanya. Sampai ayahku meninggal lantaran kecelakaan di jembatan ini. Sejak itu ibuku menyerupai kehilangan kewarasannya. Dia selalu menagis setiap magrib. Aku tak sanggup untuk pulang ke rumah. Maka ketika magrib saya akan berdiri di jembatan ini untuk menghilangkan rasa lelah dan resah di hatiku. Aku tak tahan mendengar tangisnya jadi saya akan meninggalkannya hingga habis salat isya lantaran bila habis salat isya Ibuku biasanya sudah tertidur.” Aku tergagap, menelan ludah, meyeka keringat di pelipis.
Penyebab terjadinya konflik dalam kutipan dongeng tersebut ialah ....
A. Ayahnya meninggal lantaran kecelakaan di jembatan.
B. Kesedihan tokoh lelaki mendengar tangis ibunya.
C. Ibu si lelaki hilang kewarasannya.
D. Rasa ingin tau tokoh saya dengan lelaki aneh.
“Sudahlah, saya tahu apa yang ada dalam pikiranmu!” lelaki itu melotot, air mukanya berlipat. “Apakah kau ingin tahu mengapa saya selalu berdiri di jembatan ini setiap magrib?” lelaki aneh itu menatap wajahku. Aku yang ingin tau dan memang ingin tahu eksklusif manggut-manggut mengiyakan.
“Aku ialah anak tunggal, tinggal bersama kedua orang tuaku. Keluarga kami begitu tepat rasanya. Sampai ayahku meninggal lantaran kecelakaan di jembatan ini. Sejak itu ibuku menyerupai kehilangan kewarasannya. Dia selalu menagis setiap magrib. Aku tak sanggup untuk pulang ke rumah. Maka ketika magrib saya akan berdiri di jembatan ini untuk menghilangkan rasa lelah dan resah di hatiku. Aku tak tahan mendengar tangisnya jadi saya akan meninggalkannya hingga habis salat isya lantaran bila habis salat isya Ibuku biasanya sudah tertidur.” Aku tergagap, menelan ludah, meyeka keringat di pelipis.
Penyebab terjadinya konflik dalam kutipan dongeng tersebut ialah ....
A. Ayahnya meninggal lantaran kecelakaan di jembatan.
B. Kesedihan tokoh lelaki mendengar tangis ibunya.
C. Ibu si lelaki hilang kewarasannya.
D. Rasa ingin tau tokoh saya dengan lelaki aneh.
Jawaban : A
19. Cermati kalimat berikut!
Sumber daya ekonomi terkini bukan lagi kekayaan alam letak geografis jumlah penduduk dan tenaga kerja murah melainkan pengetahuan katanya.
Sumber daya ekonomi terkini bukan lagi kekayaan alam letak geografis jumlah penduduk dan tenaga kerja murah melainkan pengetahuan katanya.
Penggunaan tanda baca untuk kalimat tersebut ialah ....
A. “Sumber daya ekonomi terkini bukan lagi kekayaan alam, letak geografis, jumlah penduduk, dan tenaga kerja murah, melainkan pengetahuan,” katanya.
B. “Sumber daya ekonomi, terkini bukan lagi, kekayaan alam, letak geografis, jumlah penduduk, dan tenaga kerja murah, melainkan pengetahuan,” katanya.
C. “Sumber daya ekonomi terkini, bukan lagi, kekayaan alam, letak geografis, jumlah penduduk, dan tenaga kerja murah, melainkan pengetahuan?” katanya.
D. “Sumber daya ekonomi terkini bukan lagi, kekayaan alam, letak geografis, jumlah penduduk, dan tenaga kerja murah melainkan pengetahuan!” katanya.
A. “Sumber daya ekonomi terkini bukan lagi kekayaan alam, letak geografis, jumlah penduduk, dan tenaga kerja murah, melainkan pengetahuan,” katanya.
B. “Sumber daya ekonomi, terkini bukan lagi, kekayaan alam, letak geografis, jumlah penduduk, dan tenaga kerja murah, melainkan pengetahuan,” katanya.
C. “Sumber daya ekonomi terkini, bukan lagi, kekayaan alam, letak geografis, jumlah penduduk, dan tenaga kerja murah, melainkan pengetahuan?” katanya.
D. “Sumber daya ekonomi terkini bukan lagi, kekayaan alam, letak geografis, jumlah penduduk, dan tenaga kerja murah melainkan pengetahuan!” katanya.
20. Bacalah kutipan teks cerpen berikut!
Ketika Tini esoknya mesti belanja lagi, toko itu kelihatan ramai. Semua buah tomat terjual habis. “Kali ini saya tidak bisa memberimu tomat. Besok saja, ya? Doakan dagangan saya laku, “ kata pemilik toko menghibur Tini.
Tini kemudian melempar belanjaannya. Dia tidak pulang ke rumah. Tini merasa semua orang mencuri tomatnya.
Di tengah sebuah jalan raya Tini berhenti. Ia melihat semua benda bergerak rama ke sana ke mari. Keasyikan yang rasanya belum pernah dialaminya.
Akibat konflik dalam kutipan di atas ialah ….
A. Tini menemukan keasyikan tersendiri di jalan raya.
B. Tini berhenti di jalan raya dan melihat kemudian lintas sangat ramai.
C. Tini melempar belanjaannya dan tidak pulang ke rumah.
D. Pemilik toko didoakan biar dagangannya laku.
Ketika Tini esoknya mesti belanja lagi, toko itu kelihatan ramai. Semua buah tomat terjual habis. “Kali ini saya tidak bisa memberimu tomat. Besok saja, ya? Doakan dagangan saya laku, “ kata pemilik toko menghibur Tini.
Tini kemudian melempar belanjaannya. Dia tidak pulang ke rumah. Tini merasa semua orang mencuri tomatnya.
Di tengah sebuah jalan raya Tini berhenti. Ia melihat semua benda bergerak rama ke sana ke mari. Keasyikan yang rasanya belum pernah dialaminya.
Akibat konflik dalam kutipan di atas ialah ….
A. Tini menemukan keasyikan tersendiri di jalan raya.
B. Tini berhenti di jalan raya dan melihat kemudian lintas sangat ramai.
C. Tini melempar belanjaannya dan tidak pulang ke rumah.
D. Pemilik toko didoakan biar dagangannya laku.
Jawaban : C
21. Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1
Teng ... teng ... teng ... teng ....
Jam dinding berdentang empat kali membangunkan saya dari tidur malamku yang nyenyak. Alhamdulillah, saya masih diberi kesempatan bangun kembali dan bersiap melaksanakan acara rutin. Kusingkap selimut tebalku dan kulipat. Bergegas kuambil air wudu untuk segera bersujud menghadap Sang Khalik.
Di luar matahari semakin meninggi, hari cerah. Akankah ini perlambang cerahnya hari yang kujalani. Insyaallah.Kusiapkan semua keperluan bawah umur dan suami dengan baik biar mereka bisa menjalani hari dengan baik pula.
Teks 2
“Bu, ini nomor manis untuk kendaraan beroda empat kita!” kata Dea menyodorkan angka untuk nomor calon kendaraan beroda empat impiannya.
“Wah, gak bisa Dea, nomor kendaraan beroda empat nanti harus mempunyai makna yang monumental. Mobil ini sebagai wujud rasa syukur keluarga kita atas kelulusan sertifikasi ayahmu. Karena itu, nomor plat pun harus bermakna menjurus ke arah itu,” kata Bu Dalijo memberi alasan kepada anaknya.
Memang, semenjak terbit Sertifikat Pendidik sebagai tanda keberhakan atas santunan sertifikasi Pak Dalijo, keluarga itu berencana mempunyai sebuah kendaraan beroda empat menyerupai halnya teman-teman seprofesi yang kini terlihat semakin perlente.
Teks 1
Teng ... teng ... teng ... teng ....
Jam dinding berdentang empat kali membangunkan saya dari tidur malamku yang nyenyak. Alhamdulillah, saya masih diberi kesempatan bangun kembali dan bersiap melaksanakan acara rutin. Kusingkap selimut tebalku dan kulipat. Bergegas kuambil air wudu untuk segera bersujud menghadap Sang Khalik.
Di luar matahari semakin meninggi, hari cerah. Akankah ini perlambang cerahnya hari yang kujalani. Insyaallah.Kusiapkan semua keperluan bawah umur dan suami dengan baik biar mereka bisa menjalani hari dengan baik pula.
Teks 2
“Bu, ini nomor manis untuk kendaraan beroda empat kita!” kata Dea menyodorkan angka untuk nomor calon kendaraan beroda empat impiannya.
“Wah, gak bisa Dea, nomor kendaraan beroda empat nanti harus mempunyai makna yang monumental. Mobil ini sebagai wujud rasa syukur keluarga kita atas kelulusan sertifikasi ayahmu. Karena itu, nomor plat pun harus bermakna menjurus ke arah itu,” kata Bu Dalijo memberi alasan kepada anaknya.
Memang, semenjak terbit Sertifikat Pendidik sebagai tanda keberhakan atas santunan sertifikasi Pak Dalijo, keluarga itu berencana mempunyai sebuah kendaraan beroda empat menyerupai halnya teman-teman seprofesi yang kini terlihat semakin perlente.
A. menggambarkan tahap penyelesaian duduk masalah (Teks 1), menggambarkan puncak duduk masalah (Teks 2)
B. menggambarkan munculnya permasalahan (Teks 1), menggambarkan perkenalan tokoh
C. menggambarkan perkenalan tokoh (Teks 1), menggambarkan munculnya permasalahan (Teks 2)
D. menggambarkan puncak duduk masalah (Teks 1), menggambarkan tahap penyelesaian duduk masalah (Teks 2)
Jawaban C
22. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Kutipan Cerpen 1
Aku tertawa. Ron tertawa. Ron bangkit, masuk ke dalam kamar, menyetel lagi lagu Slank keras-keras, menirukan bunyi Kaka, vokalis Slank. Ron berdiri dan berjoget, saya mengkutinya.
Kutipan Cerpen 1
Aku tertawa. Ron tertawa. Ron bangkit, masuk ke dalam kamar, menyetel lagi lagu Slank keras-keras, menirukan bunyi Kaka, vokalis Slank. Ron berdiri dan berjoget, saya mengkutinya.
Hujan membekap bunyi kami dengan deras air dan siur angin.
Kutipan cerpen 2
Ia tidak menjawab. Matanya melotot. Lantas membuang muka. Ada bus kota datang. Bus tingkat dari jauh sudah kelihatan miring ke kiri. Perempuan itu menyerupai mau beranjak., tapi tidak jadi. Tingkat atas penuh penumpang. Di bawah apalagi. Penumpang hingga berdesak di tangga. Kedua pintu bisa dipenuhi dengan orang-orang yang bergelantungan. Kernetnya berteriak menyerukan nama-nama tempat tujuan dengan lantang. Orang-orang masuk menyelusup masuk saling berdesakan.
Perbandingan penggunaan bahasa cerpen berikut ialah ….
A. menggunakan istilah (cerpen 1), menggunakan ungkapan (cerpen 2)
B. menggunakan ungkapan (cerpen 1), menggunakan majas (cerpen 2)
C. menggunakan majas (cerpen 1), menggunakan istilah (cerpen 2)
D. menggunakan majas (cerpen 1), menggunakan ungkapan (cerpen 2)
Jawaban : D
23. Cermati kutipan teks berikut!
(1) “Tentu saja, Nona. Semua kendaraan beroda empat keluaran terbaru mempunyai fitur itu.” Jawaban yang sama. (2) “Bagus. Sekarang kau terbang, saya memerintahkanmu!” (3) “Nona, saya harus memperingatkanmu. Memaksa kendaraan beroda empat taksi untuk terbang ialah tindakan pelanggaran protokoler keselamatan penumpang. (4) “Baiklah, kalau begitu saya ikuti kemauanmu,” jawab Nona. (5) Nona pun tak jadi memaksa taksi untuk terbang.
Bukti tabiat tokoh Nona penurut pada kutipan dongeng tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (5)
(1) “Tentu saja, Nona. Semua kendaraan beroda empat keluaran terbaru mempunyai fitur itu.” Jawaban yang sama. (2) “Bagus. Sekarang kau terbang, saya memerintahkanmu!” (3) “Nona, saya harus memperingatkanmu. Memaksa kendaraan beroda empat taksi untuk terbang ialah tindakan pelanggaran protokoler keselamatan penumpang. (4) “Baiklah, kalau begitu saya ikuti kemauanmu,” jawab Nona. (5) Nona pun tak jadi memaksa taksi untuk terbang.
Bukti tabiat tokoh Nona penurut pada kutipan dongeng tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (5)
Jawaban : D
24. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Peluru itu menembus salah satu belahan badan Oki. Tapi ia tidak jatuh. Ia masih terus menempel, melilit tiang bendera.
Dor!
Tangan Oki lemah memeluk.
Dor!
Oki terus melilit tiang. Tetapi bom itu lepas dari pegangannya. Dengan diselimuti oleh bendera, bom itu melayang ke bawah. Sepuluh, atau seribu, kalau tidak berjuta-juta tangan yang menadah berebutan hendak menjemput barang yang jatuh itu.
Oki masih sempat mendengar ledakan yang dahsyat. Ia masih sanggup membayangkan tangan-tangan itu lepas dari badan pemiliknya, terlempar ke udara sambil menyerakkan darah. Ia masih bisa melihat seratus, seribu atau berjuta-juta orang kehilangan tangan. Tangan anaknya, tangan istrinya, tangan tetangganya, tangan begitu banyak orang terlempar tepat mengenai mukanya. Ia mengaduh.
Kalau boleh menentukan lagi ia tidak akan menjamah bom itu. Akan ia biarkan saja tergolek di tempat tidurnya sebagai tragedi atau mimpi buruk. Ia tidak tahu dari mana asalnya, siapa telah mengaturnya. Dan yang lebih penting ia tidak usah merasa mempunyai kewajiban apa-apa. Apalagi secara rahasia menaruh harapan untuk menyelamatkan orang banyak.
Sambil tersiksa oleh jawaban perbuatannya, Oki mati perlahan-lahan. Tubuhnya bagai sekerat dendeng, tetap tergantung di tiang bendera itu, hingga sekarang.
A. Setiap melaksanakan sesuatu hendaklah berpikir terlebih dahulu supaya tidak menyesal kemudian.
B. Isi cerpen itu tidak baik untuk ditiru, kita hendaknya tidak gampang terpengaruh orang lain.
C. Pemilihan latar pada kutipan cerpen tersebut kurang sesuai, seharusnya pemilihan latarnya di pasar .
D. Akhir cerpen tersebut mustahil terjadi dalam kehidupan nyata.
Peluru itu menembus salah satu belahan badan Oki. Tapi ia tidak jatuh. Ia masih terus menempel, melilit tiang bendera.
Dor!
Tangan Oki lemah memeluk.
Dor!
Oki terus melilit tiang. Tetapi bom itu lepas dari pegangannya. Dengan diselimuti oleh bendera, bom itu melayang ke bawah. Sepuluh, atau seribu, kalau tidak berjuta-juta tangan yang menadah berebutan hendak menjemput barang yang jatuh itu.
Oki masih sempat mendengar ledakan yang dahsyat. Ia masih sanggup membayangkan tangan-tangan itu lepas dari badan pemiliknya, terlempar ke udara sambil menyerakkan darah. Ia masih bisa melihat seratus, seribu atau berjuta-juta orang kehilangan tangan. Tangan anaknya, tangan istrinya, tangan tetangganya, tangan begitu banyak orang terlempar tepat mengenai mukanya. Ia mengaduh.
Kalau boleh menentukan lagi ia tidak akan menjamah bom itu. Akan ia biarkan saja tergolek di tempat tidurnya sebagai tragedi atau mimpi buruk. Ia tidak tahu dari mana asalnya, siapa telah mengaturnya. Dan yang lebih penting ia tidak usah merasa mempunyai kewajiban apa-apa. Apalagi secara rahasia menaruh harapan untuk menyelamatkan orang banyak.
Sambil tersiksa oleh jawaban perbuatannya, Oki mati perlahan-lahan. Tubuhnya bagai sekerat dendeng, tetap tergantung di tiang bendera itu, hingga sekarang.
Kalau Boleh Memilih, Putu Wijaya)
Komentar terhadap isi cerpen di atas ialah …. A. Setiap melaksanakan sesuatu hendaklah berpikir terlebih dahulu supaya tidak menyesal kemudian.
B. Isi cerpen itu tidak baik untuk ditiru, kita hendaknya tidak gampang terpengaruh orang lain.
C. Pemilihan latar pada kutipan cerpen tersebut kurang sesuai, seharusnya pemilihan latarnya di pasar .
D. Akhir cerpen tersebut mustahil terjadi dalam kehidupan nyata.
Jawaban : A
25. Bacalah kutipan teks berikut!
Dari penelitian medis, memang terdapat beberapa kandungan antioksidan yang tinggi dalam daun sirsak yang sanggup mendapatkan amanah untuk membasmi kanker. Penelitian lebih lanjut mengenai daun sirsak masih terus dikembangkan dan menjadi salah satu yang paling dinantikan dalam dunia medis. [...] Namun harus diperhatikan cara yang benar untuk menggunakan daun sirsak ini sebagai obat biar menunjukkan manfaat yang maksimal untuk badan manusia.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan tersebut ialah ...
A. Manfaat daun sirsak untuk kanker masih dalam perdebatan yang sangat panjang.
B. Belum ada yang menandakan daun sirsak bermanfaat mengobati kanker.
C. Secara garis besar, penyakit kanker hingga ketika ini sulit disembuhkan.
D. Beberapa pasien mencoba daun sirsak untuk mengobati penyakit kanker.
Dari penelitian medis, memang terdapat beberapa kandungan antioksidan yang tinggi dalam daun sirsak yang sanggup mendapatkan amanah untuk membasmi kanker. Penelitian lebih lanjut mengenai daun sirsak masih terus dikembangkan dan menjadi salah satu yang paling dinantikan dalam dunia medis. [...] Namun harus diperhatikan cara yang benar untuk menggunakan daun sirsak ini sebagai obat biar menunjukkan manfaat yang maksimal untuk badan manusia.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan tersebut ialah ...
A. Manfaat daun sirsak untuk kanker masih dalam perdebatan yang sangat panjang.
B. Belum ada yang menandakan daun sirsak bermanfaat mengobati kanker.
C. Secara garis besar, penyakit kanker hingga ketika ini sulit disembuhkan.
D. Beberapa pasien mencoba daun sirsak untuk mengobati penyakit kanker.
Jawaban : D
26. Bacalah kutipan teks laporan berikut!
Mengatasi Rasa Sakit Tersiram Air Panas
(1) Ambillah sepelepah daun pengecap buaya!
(2) Cuci hingga bersih!
(3) […]
(4) Tempelkan pada belahan yang tersiram air panas!
(5) Ulangi beberapa kali hingga rasa sakit hilang
Kalimat yang tepat untuk melengkapi petunjuk tersebut ialah …
A. Kupas belahan kulitnya!
B. Biarkan sekitar 10 menit!
C. Tempelkan pada kulit yang luka!
D. Lepaskan dari luka bila sudah sembuh!
Jawaban : A
Mengatasi Rasa Sakit Tersiram Air Panas
(1) Ambillah sepelepah daun pengecap buaya!
(2) Cuci hingga bersih!
(3) […]
(4) Tempelkan pada belahan yang tersiram air panas!
(5) Ulangi beberapa kali hingga rasa sakit hilang
Kalimat yang tepat untuk melengkapi petunjuk tersebut ialah …
A. Kupas belahan kulitnya!
B. Biarkan sekitar 10 menit!
C. Tempelkan pada kulit yang luka!
D. Lepaskan dari luka bila sudah sembuh!
Jawaban : A
27. Bacalah kutipan puisi berikut!
Lihat...!
Sungai yang dulu mengalir deras
Kini tampak kecil dan surut
[....]
Pepohonan yang mulanya hijau dan teduh
Dan lihatlah
Tanah semakin tandus
Kalimat bermajas sesuai dengan kutipan puisi di atas ialah ….
A. Mulai menguning dan merenggang
B. Mulai merintih dan menangis.
C. Berwarna kuning dan mengering.
D. Menjadi kering dan tiada air.
Lihat...!
Sungai yang dulu mengalir deras
Kini tampak kecil dan surut
[....]
Pepohonan yang mulanya hijau dan teduh
Dan lihatlah
Tanah semakin tandus
Kalimat bermajas sesuai dengan kutipan puisi di atas ialah ….
A. Mulai menguning dan merenggang
B. Mulai merintih dan menangis.
C. Berwarna kuning dan mengering.
D. Menjadi kering dan tiada air.
Jawaban : B
28. Perhatikan kutipan pantun berikut!
Cempedak matang di luar pagar
Tarik galah tolong julurkan
[ … ]
[ … ]
Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut ialah ….
A. Saya tak berakal bernyanyi
Sembarang lagu saya nyanyikan
B. Kalau utang harus dibayar
Jangan hingga di bawa mati
C. Saya siswa yang gres mencar ilmu
Kalau salah tolong tunjukkan
D. Kamu jangan suka melempar
nanti buahnya jatuh terkapar
Cempedak matang di luar pagar
Tarik galah tolong julurkan
[ … ]
[ … ]
Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut ialah ….
A. Saya tak berakal bernyanyi
Sembarang lagu saya nyanyikan
B. Kalau utang harus dibayar
Jangan hingga di bawa mati
C. Saya siswa yang gres mencar ilmu
Kalau salah tolong tunjukkan
D. Kamu jangan suka melempar
nanti buahnya jatuh terkapar
Jawaban : C
29. Bacalah kalimat berikut!
Berita yang yang disaijkan itu tidak sesuai dengan realita.
Kata realita pada kalimat tersebut sanggup diganti dengan kata ….
A. harapan
B. bukti
C. kenyataan
D. pernyataan
Berita yang yang disaijkan itu tidak sesuai dengan realita.
Kata realita pada kalimat tersebut sanggup diganti dengan kata ….
A. harapan
B. bukti
C. kenyataan
D. pernyataan
Jawaban : C
30. Cermati kalimat berikut!
Doni bermain layang-layang.
Kalimat berpola sama dengan kalimat tersebut ialah ….
A. Genta menanam pohon mangga.
B. Ibu berbelanja sayuran.
C. Pokja biopori membuat lubang biopori.
D. Ani membuat baju daur ulang.
Jawaban : B
Doni bermain layang-layang.
Kalimat berpola sama dengan kalimat tersebut ialah ….
A. Genta menanam pohon mangga.
B. Ibu berbelanja sayuran.
C. Pokja biopori membuat lubang biopori.
D. Ani membuat baju daur ulang.
Jawaban : B
31. Cermati kalimat berikut!
Para pemimpin pada hari Jum’at (8/12) terus melaksanakan konsultasi intensip untuk mencari bentuk reaksi kolektif.
Perbaikan kesalahan ejaan pada kalimat tersebut ialah ....
Para pemimpin pada hari Jum’at (8/12) terus melaksanakan konsultasi intensip untuk mencari bentuk reaksi kolektif.
Perbaikan kesalahan ejaan pada kalimat tersebut ialah ....
Jawaban : C
32. Bacalah kutipan wawancara berikut!
Pewawancara : “Gigi berlubang, gusi berdarah, dan plak pada gigi apa penyebabnya, Dok?
Narasumber : “Ketiga duduk masalah kesehatan gigi tersebut pada dasarnya berawal dari kebiasaan yang tidak sehat, mungkin kita tidak gosok gigi atau menyikat secara asal-asalan.”
Pewawancara : “Untuk menggosok gigi yang baik itu, waktunya kapan aja, Dok?
Narasumber : “Waktu yang baik menggosok gigi yaitu pada ketika malam dan pagi hari.”
Pewawancara : “Terus bagaimana cara menggosok gigi yang baik dan benar?”
Narasumber : “Cara menyikat yang baik dan benar yaitu, pertama mulailah dengan menyikat gigi yang dipakai untuk mengunyah, selanjutnya sikat gigi dimiringkan, gigi disikat secara memutar dengan sudut 45 derajat.”
Pewawancara : “Gigi berlubang, gusi berdarah, dan plak pada gigi apa penyebabnya, Dok?
Narasumber : “Ketiga duduk masalah kesehatan gigi tersebut pada dasarnya berawal dari kebiasaan yang tidak sehat, mungkin kita tidak gosok gigi atau menyikat secara asal-asalan.”
Pewawancara : “Untuk menggosok gigi yang baik itu, waktunya kapan aja, Dok?
Narasumber : “Waktu yang baik menggosok gigi yaitu pada ketika malam dan pagi hari.”
Pewawancara : “Terus bagaimana cara menggosok gigi yang baik dan benar?”
Narasumber : “Cara menyikat yang baik dan benar yaitu, pertama mulailah dengan menyikat gigi yang dipakai untuk mengunyah, selanjutnya sikat gigi dimiringkan, gigi disikat secara memutar dengan sudut 45 derajat.”
Narasi yang sesuai dengan kutipan wawancara tersebut ialah ...
A. Masalah kesehatan gigi berawal dari kebiasaan yang tidak sehat, mungkin tidak gosok gigi atau mengikat gigi asal-asalan. Waktu yang baik mengosok gigi yaitu pada malam hari dan pagi hari. Cara menyikat yang baik dan benar yaitu, pertama mulailah dengan menyikat gigi yang dipakai untuk mengunyah, selanjutnya sikat gigi dimiringkan, gigi disikat secara memutar dengan sudut 45 derajat.
B. Masalah kesehatan gigi berawal dari kebiasaan yang tidak sehat, mungkin kita tidak gosok gigi. Cara menyikat yang baik dan benar yaitu, pertama mulailah dengan menyikat gigi yang dipakai untuk mengunyah, menghilangkan sisa-sisa makanan, selanjutnya sikat gigi dimiringkan, gigi disikat secara memutar dengan sudut 45 derajat. Dengan demikian gigi akan tetap higienis dan terawat.
C. Waktu yang baik menggosok gigi yaitu pada ketika malam dan pagi hari. Cara menyikat yang baik dan benar yaitu, pertama mulailah dengan menyikat gigi yang dipakai untuk mengunyah, menghilangkan sisa-sisa makanan, selanjutnya sikat gigi dimiringkan, gigi disikat secara memutar dengan sudut 45 derajat. Jika hal tersebut dilakukan maka kita akan terhindar dari sakit gigi.
D. Masalah kesehatan gigi berawal dari kebiasaan yang tidak sehat, mungkin kita tidak gosok gigi. Bisa juga kita cuma menyikat asal-asalan. Waktu yang baik menggosok gigi yaitu pada ketika malam dan pagi hari. Oleh lantaran itu, mari kita jaga kesehatan gigi kita dengan menjaga kebersihan gigi, tidak lupa menyikat gigi sehari dua kali, dan bila ada gangguan pada gigi segeralah pergi ke dokter gigi.
A. Masalah kesehatan gigi berawal dari kebiasaan yang tidak sehat, mungkin tidak gosok gigi atau mengikat gigi asal-asalan. Waktu yang baik mengosok gigi yaitu pada malam hari dan pagi hari. Cara menyikat yang baik dan benar yaitu, pertama mulailah dengan menyikat gigi yang dipakai untuk mengunyah, selanjutnya sikat gigi dimiringkan, gigi disikat secara memutar dengan sudut 45 derajat.
B. Masalah kesehatan gigi berawal dari kebiasaan yang tidak sehat, mungkin kita tidak gosok gigi. Cara menyikat yang baik dan benar yaitu, pertama mulailah dengan menyikat gigi yang dipakai untuk mengunyah, menghilangkan sisa-sisa makanan, selanjutnya sikat gigi dimiringkan, gigi disikat secara memutar dengan sudut 45 derajat. Dengan demikian gigi akan tetap higienis dan terawat.
C. Waktu yang baik menggosok gigi yaitu pada ketika malam dan pagi hari. Cara menyikat yang baik dan benar yaitu, pertama mulailah dengan menyikat gigi yang dipakai untuk mengunyah, menghilangkan sisa-sisa makanan, selanjutnya sikat gigi dimiringkan, gigi disikat secara memutar dengan sudut 45 derajat. Jika hal tersebut dilakukan maka kita akan terhindar dari sakit gigi.
D. Masalah kesehatan gigi berawal dari kebiasaan yang tidak sehat, mungkin kita tidak gosok gigi. Bisa juga kita cuma menyikat asal-asalan. Waktu yang baik menggosok gigi yaitu pada ketika malam dan pagi hari. Oleh lantaran itu, mari kita jaga kesehatan gigi kita dengan menjaga kebersihan gigi, tidak lupa menyikat gigi sehari dua kali, dan bila ada gangguan pada gigi segeralah pergi ke dokter gigi.
Jawaban : A
33. Cermati kalimat berikut!
Pada bulan Februari Ayu melaksanakan transaksi melalui Bank Jaya sejumlah 5 milyar.
Kesalahan ejaan pada kalimat tersebut ialah ....
A. Februari
B. transaksi
C. Bank Jaya
D. milyar
Pada bulan Februari Ayu melaksanakan transaksi melalui Bank Jaya sejumlah 5 milyar.
Kesalahan ejaan pada kalimat tersebut ialah ....
A. Februari
B. transaksi
C. Bank Jaya
D. milyar
Jawaban : D
34. Bacalah kutipan teks berikut!
(1) Rekreasi ialah acara yang bertujuan untuk mencari hiburan, atau sekadar untuk melepaskan lelah sesudah ulet bekerja. (2) Kegiatan rekreasi merupakan belahan yang tidak penting dalam kehidupan manusia. (3) Dengan melaksanakan rekreasi insan sanggup memperoleh kembali keseimbangan fisik, mental, dan emosiaonal. (4) Keseimbangan itu sangat penting biar bisa melaksanakan pekerjaan atau rutinitas dalam kehidupan.
Kesalahan penggunaan kalimat pada teks di atas ditunjukkan nomor ….
A. (2)
B. (3)
(1) Rekreasi ialah acara yang bertujuan untuk mencari hiburan, atau sekadar untuk melepaskan lelah sesudah ulet bekerja. (2) Kegiatan rekreasi merupakan belahan yang tidak penting dalam kehidupan manusia. (3) Dengan melaksanakan rekreasi insan sanggup memperoleh kembali keseimbangan fisik, mental, dan emosiaonal. (4) Keseimbangan itu sangat penting biar bisa melaksanakan pekerjaan atau rutinitas dalam kehidupan.
Kesalahan penggunaan kalimat pada teks di atas ditunjukkan nomor ….
A. (2)
B. (3)
C. (4)
D. (5)
D. (5)
Jawaban : A
35. Bacalah kalimat berikut!
Kerja sama ekonomi antarnegara sanggup menjadi cara menarik bagi para [ … ] untuk menanamkan modalnya di Indonesia.
Kerja sama ekonomi antarnegara sanggup menjadi cara menarik bagi para [ … ] untuk menanamkan modalnya di Indonesia.
Istilah yang tepat untuk melengkapi teks di atas ialah ….
A. fasilitator
B. investor
C. induktor
D. konduktor
A. fasilitator
B. investor
C. induktor
D. konduktor
Jawaban : B
36. Cermati paragraf berikut!
Lingkungan hidup ialah segala sesuatu yang ada di sekitar insan dan [. . .] timbal balik. Lingkungan hidup ini meliputi benda hidup dan benda mati. Benda hidup perlu masakan dan [. . .] biak, menyerupai manusia, binatang, dan tumbuhan. Benda mati, antara lain tanah, air, api, batu, dan udara. Jika [. ..] dengan baik, lingkungan hidup itu sanggup membuat masyarakat sehat, aman, tenteram, lahir, dan batin.
Kata berimbuhan tepat untuk melengkapi paragraf tersebut ialah ....
A. menghubungi, perkembangan, memelihara
B. berhubungan, mengembangkan, memelihara
C. menghubungi, berkembang, terpelihara
D. berhubungan, berkembang, terpelihara
Lingkungan hidup ialah segala sesuatu yang ada di sekitar insan dan [. . .] timbal balik. Lingkungan hidup ini meliputi benda hidup dan benda mati. Benda hidup perlu masakan dan [. . .] biak, menyerupai manusia, binatang, dan tumbuhan. Benda mati, antara lain tanah, air, api, batu, dan udara. Jika [. ..] dengan baik, lingkungan hidup itu sanggup membuat masyarakat sehat, aman, tenteram, lahir, dan batin.
Kata berimbuhan tepat untuk melengkapi paragraf tersebut ialah ....
A. menghubungi, perkembangan, memelihara
B. berhubungan, mengembangkan, memelihara
C. menghubungi, berkembang, terpelihara
D. berhubungan, berkembang, terpelihara
Jawaban : D
37. Bacalah kutipan teks berikut!!
(1) Perum Perhutani, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Utara, menutup pendakian Gunung Prau, Jawa Tengah di awal 2018. (2) Langkah tersebut sebagai tindakan rutin yang dilakukan setiap tahun. (3) Ribuan pendaki berada di puncak Gunung Prau, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. (4) Selama itu, akan dilakukan perbaikan jalur-jalur pendakian hingga acara penghijauan/konservasi.
Perbaikan kalimat (3) pada kutipan teks tersebut ialah ...
A. Penutupan tersebut mulai 5 Januari 2018 hingga 4 April 2018.
B. Pendaki yang tetap naik ketika masa penutupan dikenakan sanksi.
C. Pendaki yang tetap ingin mendaki harus izin terlebih dahulu.
D. Pendaki bisa menghubungi pos Gunung Prau terdekat.
(1) Perum Perhutani, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Utara, menutup pendakian Gunung Prau, Jawa Tengah di awal 2018. (2) Langkah tersebut sebagai tindakan rutin yang dilakukan setiap tahun. (3) Ribuan pendaki berada di puncak Gunung Prau, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. (4) Selama itu, akan dilakukan perbaikan jalur-jalur pendakian hingga acara penghijauan/konservasi.
Perbaikan kalimat (3) pada kutipan teks tersebut ialah ...
A. Penutupan tersebut mulai 5 Januari 2018 hingga 4 April 2018.
B. Pendaki yang tetap naik ketika masa penutupan dikenakan sanksi.
C. Pendaki yang tetap ingin mendaki harus izin terlebih dahulu.
D. Pendaki bisa menghubungi pos Gunung Prau terdekat.
Jawaban : A
38. Bacalah kalimat berikut!
Wali kelas berkata, “Semua siswa harap membawa alat-alat tulis: pulpen, pensil, dan penghapus untuk persiapan ujian.”
Alasan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut ialah ….
A. tanta titik (.) seharusnya tanda seru (!)
B. tanda petik dua (“…”) seharusnya dihilangkan
C. tanda titik koma (;) seharusnya tanda koma (,)
D. tanda titik koma (;) seharusnya tanda titik dua (:)
Wali kelas berkata, “Semua siswa harap membawa alat-alat tulis: pulpen, pensil, dan penghapus untuk persiapan ujian.”
Alasan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut ialah ….
A. tanta titik (.) seharusnya tanda seru (!)
B. tanda petik dua (“…”) seharusnya dihilangkan
C. tanda titik koma (;) seharusnya tanda koma (,)
D. tanda titik koma (;) seharusnya tanda titik dua (:)
Jawaban : D
39. Bacalah kalimat berikut!
Kwalitas barang buatan dalam negeri tidak perlu diragukan lagi.
Penggunaan ejaan yang salah pada kalimat tersebut ialah ….
A. negeri
B. buatan
C. kwalitas
D. diragukan
Kwalitas barang buatan dalam negeri tidak perlu diragukan lagi.
Penggunaan ejaan yang salah pada kalimat tersebut ialah ….
A. negeri
B. buatan
C. kwalitas
D. diragukan
Jawaban : C
40. Bacalah kalimat berikut!
1. Dia tertawa keras ketika adiknya melucu.
2. Ujian sudah dekat; dia belum mencar ilmu dengan serius.
3. Rina, sedang menuntaskan pekerjaan rumahnya di kamar.
4. Ayah mengajakku ke rumah nenek, tetapi saya punya program lain.
Penggunaan tanda baca yang salah pada kalimat tersebut ialah ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (4)
D. (1) dan (4)
1. Dia tertawa keras ketika adiknya melucu.
2. Ujian sudah dekat; dia belum mencar ilmu dengan serius.
3. Rina, sedang menuntaskan pekerjaan rumahnya di kamar.
4. Ayah mengajakku ke rumah nenek, tetapi saya punya program lain.
Penggunaan tanda baca yang salah pada kalimat tersebut ialah ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (4)
D. (1) dan (4)
Jawaban : B
Latihan Soal dan Kunci Jawaban UN/UNBK Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama 2019 PDF, DOWNLOAD
Demikian Latihan Soal dan Kunci Jawaban UN/UNBK Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama 2019 yang berada di artikel ini. Semoga bermanfaat, dan sobat bisa mendapatkan hasil terbaik di UN/UNBK tahun pelaajran 2018/2019 kelak.