Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 74 Kota Bengkulu
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : V/ I
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
A. STANDAR KOMPETENSI
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan.
B. KOMPETENSI DASAR
4.1 Menulis karangan menurut pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan.
C. INDIKATOR
4.1.1 Memahami cara menulis karangan menurut pengalaman.
4.1.2 Menulis karangan menurut pengalaman.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa bisa memahami cara menulis karangan menurut pengalaman.
2. Siswa bisa menulis karangan menurut pengalaman
E. MATERI
Materi Pokok : Karangan
Karangan ialah sebuah cerita, hasil ciptaan atau hasil rangkaian (susunan). Suatu karangan sanggup ditulis dengan tema atau topik yang berbeda. Penulisan karangan harus memperhatikan penggunaan ejaan yang benar. Ejaan yang dipakai biasanya abjad besar, tanda titik, dan tanda koma.
Karangan terdiri atas paragraf-paragraf. Setiap paragraf terdiri atas kalimat-kalimat yang diurutkan satu persatu sehingga menjadi sebuah paragraf yang utuh. Mengarang bukanlah sekedar teori, melainkan keterampilan. Menulis karangan akan menyebarkan kreativitas, meningkatkan kecerdasan dan mendorong kemauan serta kemampuan mengumpulkan informasi. Kamu sanggup menulis karangan dari aneka macam hal di sekitarmu. Misalnya mengarang ihwal kebersihan, banjir, gempa, kesehatan, lingkungan, komunikasi dan sebagainya. Yang terpenting, dikala menulis karangan kalimat harus padu dan ejaan harus benar. Langkah-langkah menyusun karangan, yaitu:
a. Menentukan tema.
b. Menentukan judul.
c. Membuat kerangka karangan.
d. Menyusun atau menyebarkan kerangka karangan
F. MODEL / METODE PEMBELAJARAN
Model : Model pembelajaran deduktif
Metode : Ceramah, Deduktif, dan Tanya jawab
G. SUMBER PEMBELAJARAN
Buku Paket Bahasa Indonesia Untuk SD Kelas V
H. ALAT DAN BAHAN
- Contoh teks karangan
I. KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal (± 10 menit)
a. Kegiatan Awal (± 10 menit)
1) Guru menyapa penerima didik dengan salam
2) Guru mengarahkan penerima didik untuk Berdoa
3) Guru mengecek kehadiran siswa
4) Guru mengkondisikan siswa biar siap belajar
a) Orientasi
Guru menuliskan judul pembelajaran di papan tulis.
b) Apresiasi
Guru mengulang kembali bahan pembelajaran sebelumnya.
c) Motivasi
§ Guru memberikan tujuan pembelajaran dan memotivasi penerima didik akan manfaat bahan yang akan disampaikan.
§ Guru melaksanakan tanya jawab untuk memancing pengetahuan awal siswa ihwal karangan.
2. Kegiatan Inti (± 45 menit)
a. Guru meminta siswa membuka buku pelajarannya ihwal karangan.
b. Guru menjelaskan bahan pelajaran yang dipakai kepada penerima didik.
c. Guru memperlihatkan kesempatan kepada penerima didik untuk bertanya ihwal yang dijelaskan.
d. Guru dan siswa tanya jawab ihwal bahan yang diajarkan.
3. Kegiatan Akhir (± 15 menit)
a. Siswa dan guru menyimpulkan bahan yang telah dipelajari.
b. Untuk mengetahui sejauh mana pencapaian tujuan pembelajaran guru memperlihatkan evaluasi
c. Guru mengadakan refleksi dengan menanyakan kepada siswa bagaimana perasaan siswa mencar ilmu hari ini.
d. Tindak lanjut.
J. Sumber Pembelajaran
Buku Paket Bahasa Indonesia Untuk SD Kelas V
K. Penilaian
1. Teknik Penilaian.
Teknik penilaian yang dipakai pada pembelajaran ini ialah pada proses pembelajaran dan di simpulan pembelajaran (produk).
2. Bentuk Instrumen.
Bentuk penilaiannya melalui pengamatan pada dikala proses pembelajaran berlangsung dand iakhir pembelajaran(produk), berupa tes tertulis dan lisan.
3. Contoh Instrument
1. Apa yang dimaksud dengan karangan?
2. Sebutkan langkah-langkah menciptakan karangan?
3. Buatlah satu teladan karangan dengan tema bebas?
Mengetahui Kepala Sekolah ( ........................................... ) | Bengkulu, April 2016 Guru Bahasa Indonesia ( ....................................) |