Latihan Soal Dan Kunci Tanggapan Usbn Pemrograman Dasar Smk 2019
Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN pemrograman Dasar Sekolah Menengah kejuruan 2019. Hai sobal pencari Soal Prediksi 2019, di kesempatan kali ini admin akan membagikan latihan soal di jurusan TKJ pada mata pelajaran bengkel pemrograman dasar.
Mata ujian ini mengacu pada pemrograman berbasis PHP, html, web, dan sebagainya. Dan masuk dalam jajaran Kurikulum 2013. Keseluruhan bahan berbeda 100% dari kurikulum lam KTSP.
Tingkat kesulitannya pun berbeda, dengan rincian bahan sebagai berikut :
- Dasar Struktur Algoritma
- Struktur Ontrol dan Perulangan
- Penerapan dari algortima ke program
- array
- fungsi
Latihan soal USBN pemrograman dasar ini sanggup membantu sahabat yang akan melakukan ujian tersebut. Bisa admin katakan terbaru sebab sudah dicocokkan dengan bahan pada kisi - kisi USBN SMK pemorgaman dasar terbaru.
Untuk dokumen yang berbentuk softfile sudah admin letakkan link downloadnya pada penggalan bawah soal, yaitu berbentuk PDF yang sanggup sahabat download secara gratis disini. Sedangkan untuk copy paste, tidak admin ijinkan. Terutama untuk di posting ulang pada blog.
Selamat mengerjakan
Mohon maaf, dikarenakan banyak sintaks - sintaks pemrogaman. Mungkin ada beberapa soal yang tidak sesuai dengan pemformatan aslinya. Makara admin sarankan untuk menentukan opsi ke-2, yaitu download file PDF-nya.
Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN Pemrograman Dasar Sekolah Menengah kejuruan 2019
A. Blaise Pascal
B. Al Khawarizmi
C. George Babbage
D. Mark Zuckerberg
E. Mark Twain
Jawaban : B
2. Pemrograman dalam teknologi warta mempunyai pelbagai bidang. Berikut yang tidak termasuk bidang pemrograman ialah pemrograman
A. sistem operasi
B. desain grafis
C. web
D. basis data
E. game
Jawaban : B
3. Structured Query Language ialah bahasa pemrograman untuk
A. web
B. domain
C. basis data
D. sistem operasi
E. routing
Jawaban : C
4. Operator relasional (perbandingan) yang dipakai untuk mencari nilai tidak sama dengan yaitu ...
A. !=
B. <=
C. >=
D. <
E. >
Jawaban : A
5. Berikut yang merupakan perintah keluaran ialah ….
A. input
B. get
C. print
D. switch
E. case
Jawaban : C
6. Dalam flowchart, simbol yang dipakai untuk percabangan ialah ...
Jawaban : B
7. Perhatikan algoritma percabangan dengan pseudocode berikut: Judul : Algoritma Membandingkan dua buah nilai
Kamus :
A, B: integer Algoritma :
input (A,B) if (A>B) then
output(“Bilangan terbesar A”) else
if (A<B) then output(“Bilangan terbesar B”)
else
Output(“Bilangan A dan B sama”) endif
endif
Jika A diisi dengan nilai 25 dan B diisi dengan nilai 10 maka outputnya ialah ...
A. Bilangan terbesar B
B. Bilangan terbesar A
C. Bilangan A dan B sama
D. Bilangan terkecil A
E. Bilangan terkecil B
Jawaban : B
8. Tampilan kegiatan di atas memakai komponen ….
A. toolbar
B. menubar
C. combobox
D. textfield
E. textarea
Jawaban : C
9. Perhatikan struktur percabangan berikut : if (x > 0)
cout << "x is positive"; else if (x < 0)
cout << "x is negative"; else
cout << "x is 0";
Jika variabel x diisi dengan nilai 15 maka outpunya ialah ...
A. x is positive
B. x is negative
C. x is 0
D. Tidak ada output
E. x is 15
Jawaban : A
10. Komponen kegiatan grafis di atas disebut ….
A. radio button
B. button
C. toggle button
D. list
E. chek box
Jawaban : A
11. Perhatikan algoritma perulangan berikut :
Judul : Algoritma Deret Bilangan
KAMUS:
jml, a : integer
ALGORITMA:
jml ß 0
For (a ß 1; a <= 5; a ß a + 1)
jml ß jml + a
EndFor
output(jml)
Apakah output yang akan tampil ...
A. 1,2,3,4,5,6,7,8,9,10
B. 1,2,3,4,5,6,7
C. 1,2,3,4,5
D. 1,2,3
E. 1,2
Jawaban : C
12. Setiap objek dalam Object Oriented Programming mempunyai dua komponen yaitu ….
A. input dan output
B. text dan grafis
C. desain dan koding
D. page dan insert
E. properties dan method Jawaban : E
13. Hubungan class dan objek pada Object Oriented Programmig ialah ….
A. class identik dengan objek
B. class ialah turunan objek
C. objek ialah turunan class
D. objek ialah cetak biru dari class
E. class ialah cetak biru dari objek
Jawaban : C
14. Untuk membentuk sebuah objek (instansiasi) umumnya dipakai keyword ….
A. view
B. review
C. special
D. new
E. section
Jawaban : D
15. Jawaban manakah yang sempurna untuk algoritma menyerupai berikut :
Susun algoritma untuk menampilkan angka 1 hingga dengan100 secara menaik
A. for (i=0;i<=100;i++)
Output (“nilai”,i)
B. while (i=1;i<100;i++)
Output (“nilai”,i)
C. for (i=1;i<=100;i++)
Output (“nilai”,i)
D. for (i=1;i<99;i++)
Output (“nilai”,i)
E. do i=1;
while i<100;
i--;
Output (“nilai”,i)
Jawaban : C
16. Aplikasi-aplikasi berikut yang bukan editor IDE bahasa pemrograman Java ialah ….
A. Delphi
B. BlueJ
C. Netbeans
D. Eclipse
E. JBuilder
Jawaban : A
17. Manakah penulisan deklarasi array berikut ini yang benar ...
A. [50]skor int;
B. [50]int skor;
C. ikor int[50];
D. int 50[skor];
E. int skor[50];
Jawaban : E
18. Sebelum dipakai baris-baris kegiatan diperiksa dan dilengkapi biar sanggup dimengerti komputer. Proses investigasi dan pelengkapan ini disebut ….
A. compile
B. refactor
C. instantiation
D. new object
E. messaging Jawaban : B
19. Penjelasan dari deklarasi fungsi berikut : double maks (double x, double y) yang paling sempurna ialah ...
A. fungsi maks( ) mempunyai sebuah argumen bertipe double.
B. fungsi mak( ) mempunyai dua buah argumen, dengan masing-masing argumen bertipe Long.
C. fungsi maks( ) mempunyai dua buah argumen, dengan masing-masing argumen bertipe Double.
D. fungsi maks( ) mempunyai tiga buah argumen, dengan masing-masing argumen bertipe int.
E. semua tanggapan benar
Jawaban : C
20. Pada penulisan program, tak jarang programmer menuliskan comment. Comment pada pemrograman sanggup didefiniskan sebagai ….
A. goresan pena pada baris-baris kegiatan yang tidak dihukum oleh aplikasi
B. goresan pena pada baris-baris kegiatan yang dihukum oleh aplikasi
C. goresan pena yang ditandai dengan sintaks sifat kegiatan menyerupai public, private
D. goresan pena yang paling awal dihukum oleh apikasi
E. goresan pena isyarat untuk melakukan fungsi
Jawaban : A
21. Bilangan bundar pada bahasa Java, sebaiknya memakai variabel
A. Double
B. Word
C. Integer
D. Float
E. Double
Jawaban : C
22. Potongan sebuah kegiatan disajikan berikut int a=5;
int b=7; int c=a+b
Pada kegiatan tersebut a,b,dan c disebut ….
A. faktor
B. isyarat
C. proses
D. variabel
E. fungsi
Jawaban : D
23. Perhatikan potongan isyarat dalam Basic 256
berikut angka1=1
angka2=22
angka3=333
angka4=4444 print angka1;
print angka2;
print angka3;
print angka4;
Hasil yang disajikan ialah
A. 1
22
333
4444
B. 122
333
444
C. 122
3334444
D. 122333
4444
E. 1223334444
Jawaban : E
24. Lampu kemudian lintas mengatur pemakai kemudian lintas, dengan menyalakan lampu merah untuk berhenti, lampu hijau untuk berjalan dan lampu kuning untuk persiapan. Prosedur paling sempurna untuk keadaan ini ialah ….
A. switch to
B. if then
C. on goto
D. case of
E. while do
Jawaban : B
25.
Perhatikan kode kegiatan di atas, manakah hasil yang sempurna jikalau kita memasukkan angka 4 sebagai nilai suku
A. 0
1
1
2
B. 2
1
1
0
C. 1
1
2
3
D. 0
1
1
4
E. 0
1
2
3
Jawaban : A
26. Instruksi Gosub menginstruksikan kegiatan utama mengakses subprogram. Apabila subprogram simpulan bekerja, alur kegiatan dikembalikan ke kegiatan utama. Instruksi yang diberikan pada subprogram ialah ….
A. back
B. set
C. else
D. return
E. select
Jawaban : D
27. Penulisan pemanggilan fungsi dalam Bahasa Java yang sempurna ialah ….
A. @stemba
B. //stemba
C. stemba()
D. /*stemba*/
E. stemba{}
Jawaban : C
28. Sebuah akun email sanggup diakses apabila username dan password untuk akun tersebut sesuai dengan database pengguna. Prosedur pemrograman yang sempurna dipakai untuk kondisi ini ialah ....
A. OR
B. AND
C. NOT
D. NOR
E. NAND
Jawaban : B
29. Sebuah sistem server sanggup diakses apabila hanya pin atau hanya keyword saja yang sesuai dengan database pengguna. Prosedur pemrograman yang sempurna dipakai untuk kondisi ini ialah ….
A. NOT
B. NOR
C. NAND
D. EXOR
E. EXNOR
Jawaban : C
30. Sebuah akun email sanggup diakses apabila username dan password untuk akun tersebut sesuai dengan database pengguna. Potongan mekanisme pemrograman sebagai berikut : user$=”joesti”
input “nama pengguna = “,nama$ if nama$ ……… user$ then print “login Anda salah” ….….
Koding pada baris ke-3 dilengkapi dengan isyarat
A. =
B. >
C. <
D. !=
E. <>
Jawaban : D
31. Sebuah akun email sanggup diakses apabila username dan password untuk akun tersebut sesuai dengan database pengguna. Potongan kode kegiatan sebagai berikut :
user$=”joesti” pass$=”stemba”
input “nama pengguna = “,nama$ input “password = “,sandi$
if ……………… then
print “Selamat Datang,”+nama else
print “Maaf, Anda tidak boleh mengakses” endif
Koding pada baris ke-5 dilengkapi dengan isyarat
A. user$ =nama$ and pass$=sandi$
B. user$ =nama$ or pass$=sandi$
C. user$ =nama$ not pass$=sandi$
D. user$ =nama$ xor pass$=sandi$
E. user$ >>nama$ and pass$>>sandi$
Jawaban : A
32. Siswa kelas XII TKJ melakukan pemasan jelang pelajaran olah raga. Mereka berlari mengelilingi lapangan sepakbola sebanyak tiga kali putaran.
Prosedur perulangan yang sempurna untuk kegiatan ini ialah ….
A. if then
B. for next
C. do until
D. while do
E. case of
Jawaban : B
33. “Ikhlash, tolong tengok daerah minum sapi di kandang”, kata Bunda
“Bila tak penuh, ambil air dari sumur sebelah kandang. Isi hingga penuh, ya” lanjut Bunda "Ya, Bunda”, jawab Ikhlash
Prosedur pemrograman paling sempurna untuk kegiatan Ikhlash nanti ialah ….
A. for next
B. do until
C. while do
D. case of
E. repeat do
Jawaban : C
34. Jemparingan ialah sebuah kompetisi memanah tradisional warisan kerajaan Mataram. Pada even ini setiap pemanah harus berbusana tabiat Jawa Mataram. Masing-masing diberi tiga anak panah untuk memanah sasaran berupa bandul putih dengan warna merah di atasnya yang digantung dengan tali sebagai sasaran tembaknya. Ada suara lonceng yang menandai jikalau anak panah itu tertancap pada bandul tersebut. Lomba dinyatakan usai bila sasaran terkena anak panah yang dilesatkan dari jarak 30 meter.
Prosedur paling sempurna untuk menggambarkan kegiatan tersebut ialah ….
A. if then
B. for next
C. do until
D. while do
E. case of
Jawaban : C
35. Variabel-variaberl berikut yang mengatakan variabel array ialah ….
A. stemba(7)
B. stemba{7}
C. stemba#7
D. stemba[7]
E. stemba@7
Jawaban : D
36. Hasil yang disajikan kode kegiatan berikut ialah
#array
dim a(5)
a[0]=100
a[1]=75
a[2]=a[0]-a[1]
a[3]=a[0]+a[1]
print "a[4]= "+a[4]
A. 175
B. 100
C. 75
D. 25
E. 0
Jawaban : E
37. Diketahui operasi matriks sebagai berikut :
Prosedur awal pemrograman untuk menuntaskan matriks tersebut ialah ….
A. dim A(2,2) dim B(3,2) dim C(3,2)
B. dim A(2,2) dim B(2,3) dim C(3,2)
C. dim A(2,2) dim B(2,3) dim C(2,3)
D. dim A(2,2) dim B(3,2) dim C(3,3)
E. dim A(2,3) dim B(3,2) dim C(3,2)
Jawaban : A
38. Hasil yang disajikan kegiatan berikut ialah …. dim a(3)
a[0]=10
a[1]=15
a[2]=a[0]
a[0]=a[1] print a[0] print a[1]
print a[2]
A. 10
15
15
B. 10
10
15
C. 10
10
10
D. 15
10
10
E. 15
15
10
Jawaban : E
39. Hasil yang disajikan kegiatan berikut ialah dim a$(4)
a$[0]='merah' a$[1]='kuning' a$[2]='hijau' a$[3]=a$[1] a$[0]=a$[2] print a$[0] print a$[1] print a$[2] print a$[3]
A. hijau kuning hijau kuning
B. merah kuning hijau hijau
C. hijau kuning merah kuning
D. kuning
hijau
merah
kuning
E. kuning hijau kuning hijau
Jawaban : A
40. Jawaban manakah yang sempurna untuk algoritma menyerupai berikut :
Susun algoritma untuk menampilkan angka 9 hingga dengan 1 dengan cara menurun dengan selisih tiap tingkatnya 0.5
A. A. For (f=10;f>=0;f-=0,5)
Output (“nilai”,f)
B. B. For (f=10;f<=0;f-=2)
Output (“nilai”,f)
C. C. For (f=10;f>=0;f-=1)
Output (“nilai”,f)
D. D. For (f=10;f<0;f-=1)
Output (“nilai”,f)
E. E. For (f=9;f>=0;f-=0,5)
Output (“nilai”,f)
Jawaban : E
Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN pemrograman Dasar Sekolah Menengah kejuruan 2019 PDF, DOWNLOADDemikian Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN pemrograman Dasar Sekolah Menengah kejuruan 2019 yang admin bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat