Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahaya Kebiasaan Terlalu Sering Menekan Tombol Refresh (F5)

STOP Menekan F5 Terus Menerus

Kebanyakan pengguna komputer terutama komputer dengan Operating System keluaran Windows pernah atau bahkan sering menekan tombol Tombol Klik Kanan kemudian klik Refresh pada Desktop atau memakai tombol shortcut-nya pada keyboard yaitu tombol fungsi F5, dengan maksud semoga komputer lebih cepat bekerja, sehingga hal ini menjadi kebiasaan dimanapun dan pada komputer siapapun akan melaksanakan hal yang sama

Perlu diketahui refresh pada desktop berbeda dengan refresh page atau reload page pada browser. Kadangkala alasannya ialah kemudian lintas internet yang padat, ada halaman internet yang tidak sanggup dimuat secara sempurna. Fungsi refresh pada browser ini ialah untuk memuat kembali halaman yang gagal dimuat sebelumnya. Sedangkan, refresh pada desktop mempunyai fungsi yang berbeda dengan tombol refresh yang terdapat di dalam browser. Kebanyakan pengguna komputer gres atau awam, menyerupai saya sendiri, pada awalnya meyakini bahwa tombol refresh berfungsi untuk meng-update atau memperbaharui kondisi siaga (idle) komputer sehabis terjadi perubahan dan menghapus perintah sebelumnya dari RAM, sehingga komputer yang kita gunakan akan berjalan dengan lebih lancar dan lebih cepat. Namun, menyerupai yang telah diungkapkan sebelumnya, ternyata merupakan mitos semata.

Lalu Kenapa Desktop harus di Refresh? Mengapa ada orang yang suka me-refresh Desktop terus-menerus? Kita mungkin sering memperhatikan ada pengguna komputer yang suka mengklik kanan mouse dan mengklik opsi “refresh” terus menerus, mungkin ini sudah menjadi kebiasaan atau hanya meniru? untuk me-refresh desktop terus-menerus. Kalian mungkin juga memperhatikan terutama dikalangan teknisi komputer atau pakar IT yang terobsesi dengan memakai pilihan “Refresh”.

Yang mengkhawatirkan dari mereka, mungkin alasannya ialah mereka tidak tahu alasan sesungguhnya mengapa mereka menekan tombol ini. Parahnya lagi, mereka yang mempunyai alasan berpengaruh mengapa mereka menekan tombol ini justru meyakini mitos yang salah wacana fungsi tombol refresh tersebut. Apa alasannya? Tidak ada dan tidak ada alasan untuk melakukannya, ini hanya kebiasaan semata. Kita mungkin perlu untuk merefresh (menyegarkan) desktop windows dalam situasi berikut:

1. Desktop tidak menampilkan file atau folder yang gres saja kita buat, pindah, hapus, simpan atau diganti namanya.

2. Kita perlu untuk menyelaraskan ikon di desktop.

3. Kita menemukan ada ikon yang tidak sanggup dipakai (diklik)

4. File yang dibentuk oleh aplikasi pihak ke-3 tidak muncul.
 
5. Dan situasi yang sama menyerupai di mana isi dari desktop atau folder tersebut tidak berubah jikalau diharapkan.
 
6. Ukuran Wallpaper yang melebihi ukuran Display

7. Icon Hang atau Tidak muncul di Dekstop alasannya ialah Cache tidak merespon
 
Kadang kala jikalau kita melaksanakan perubahan pada shortcut di desktop, perubahan tersebut tidak ditampilkan secara instan. Pada masalah ini, barulah kita perlu untuk melaksanakan refresh pada desktop kita, untuk menampilkan perubahan yang telah dilakukan di desktop. Contohnya, kita telah mengatur shortcut di desktop semoga namanya sesuai dengan urutan abjad. Saat kita menambahkan shortcut gres pada desktop, shortcut gres tersebut tidak akan pribadi tersortir sesuai urutan abjad, tetapi akan berada di bab paling bawah daftar shortcut. Jika kita menekan tombol refresh desktop, semua shortcut akan diatur ulang kembali dan shortcut yang gres tersebut akan menempati posisinya sesuai abjadnya. Ini ialah fungsi tombol refresh desktop yang sebenarnya. Selain itu, refresh juga punya fungsi yang sama pada Windows Explorer. Jadi, jikalau kita punya kebiasaan melaksanakan refresh pada desktop kita berkali-kali tanpa mengetahui maksud dan fungsi sesungguhnya tombol ini, maka kita sebaiknya menghentikan kebiasaan tersebut. Karena agan hanya membuang waktu dan perhatian kita untuk melaksanakan pekerjaan yang sesungguhnya sia-sia.

Apabila komputer / laptop agan mengalami duduk kasus karna sering refresh silahkan kita restart komputer / laptop agan, semoga kembali normal, refresh terus menerus memakai tombol F5 bukan untuk menciptakan RAM menjadi LEGA, tapi menciptakan RAM menjadi LEBIH NAMBAH
 
Kita sanggup melaksanakan percobaan untuk menguji refresh melalui F5

1. Pertama, Kamu masuk ke Task Manager, Tekan "CTRL + Alt + Del", kemudian pilih Task Manager

2. Kemudian pilih Tab "Performance" kemudian perhatikan CPU Usage-nya. Dalam keadaan belum di Refresh, CPU Usage saya ialah 2%.

Sebelum




Sesudah





Naik DRASTIS kan, awalnya CPU Usage hanya 2% kemudian naik jadi 42% ... bagaimana ? masih mau menekan Refresh dan terus menerus memakai tombol F5 ?


Semoga Bermanfaat.