Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Tata Cara Bacaan Niat Mandi Sunnah Idul Fitri Keramas Sebelum Shalat Ied Hari Raya

Doa Tata Cara Niat Mandi Sunnah Idul Fitri Sebelum Shalat Ied Hari Raya - Ketika menjelang shalat ied idul fitri, selain harus memakai pakaian bersih dan suci juga di anjurkan untuk melakukan mandi sebelumnya. Tujuannya selain sebagai sunnah juga agar ketika nanti mengerjakan shalat lebih terasa khusus karena keadaan badan terasa segar dan tidak ngantuk, Dan hal seperti ii juga sama di lakukan ketika akan menjelang datang waktu melaksanakan shalat idul adha.

Sedikit kita bahas bagai mana keagungan dari idul fitri yang hanya datang satu tahun sekali, keberadaan hari raya ini menjadi suatu anugerah yang sangat besar bagi kalangan umat islam sebab mereka kembali lagi pada kesucian diri dan jiwa setalah selama sebulan lamanya melaksanakan kewajiban puasa. Sehingga tidak heran jika tidak sedikit dari mereka yang menyambutnya dengan rasa suka cita contohnya dengan saling mengirim ucapan idul fitri padahal hakikatnya harus merasa sedih karena bulan agung ramadhan akan meninggalkan kita.

Shalat ied idul fitri ini termasuk shalat di anjurkan oleh baginda rosul serta memiliki hukum sebagai sunnah muakad yang mana beliau sendiri tidak pernah meninggalkannya. karmaka dari itu alangkah baiknya jika sebagai umatnya yang baik, untuk tidak penah melalaikannya, karena tidak semata-mata rosul mencotohkan terhadap umatnya jika di dalamnya tidak memiliki hal yang istimewa.

Doa Tata Cara Niat Mandi Sunnah Idul Fitri Sebelum Shalat Ied Hari Raya Doa Tata Cara Bacaan Niat Mandi Sunnah Idul Fitri Keramas Sebelum Shalat Ied Hari Raya

Di karenakan shalat ied idul fitri ini termasuk yang suatu yang sangat di anjurkan, alangkah baiknya jika melaksanakan juga dengan cara baik yaitu melaksanakan hal-hal yang di sunnahkan baik itu sebelum atau sesudah shalat ied, salah satunya adalah dengan melaksanakan mandi adus atau keramas sebelum melaksanakan shalat ied idul fitri, sebab aktivitas mandi ini di sunnahkankan pula. Yang mana jenis mandi seperti ini di anjurkan pula pada shalat lainnya seperti sebelum shalat ied idul adha, shalat jumat, hari arofahdan yang lainnya.

Niat Mandi Hari Raya Idul Fitri

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِيَوْمِ عِيْدِ الْفِطْرِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla liyaumi 'iiedil fitri sun-natan lillahi ta'alaa

Artinya : Sengaja saya mandi pada hari Raya Idul Fitri Sunnah karena Allah Ta'ala

Dalam sebuah hadist yang di riwayatkan oleh al-baihaqi "Dari ali bin abi tholib, Seseorang pernah bertanya kepada ali ra mengenai mandi, lalu beliau menjawab mandilah setiap hari jika kamu mau. orang tersebut bertanya lagi, bukan, maksudku manakah mandi yang di anjurkan.? ali menjawab, mandi pada hari idul fitri, idul adha, hari jum'at dan arofah".

Demikianlah pembahasan yang berkaitan dengan niat mandi idul fitri meskipun tidak begitu lengkap, tetapi mudah-mudahan bisa bermanfaat khusunya bagi yang membutuhkan. Jangan lupa untuk senantiasa mempelajari semua yang berkaitan dengan tata cara doa niat mandi sunnah keramas menjelang sholat hari raya idul fitri dan adha, sebelum puasa, menyambut bulan puasa, gerhana bulan, lebaran, latin dan lain sebagainya secara teliti.
Sumber http://santriema.blogspot.com/