Rpp (Pengertian, Hakikat, Prinsip, Komponen, Dan Langkah Pengembangan Rpp)
-- RPP (Pengertian RPP, Hakikat RPP, Prinsip RPP, Komponen RPP, dan Langkah Pengembangan RPP) Kurikulum 2013/K13 - Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan pegangan seorang pendidik/guru ketika mengajar didalam atau diluar kelas. RPP. RPP dibentuk menurut Kompetensi Dasar dan Dasar Kompetensi materi pembelajaran.
Hakikat RPP
Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 65 tahun 2013 ihwal Standar Proses (salah satu 8 Standar Pendidikan Nasional), bahwa RPP merupakan persiapan sebelum aktivitas pembelajaran dimulai (tatap muka) dalam satu atau dua pertemuan.
Darimana RPP dikembangkan?
RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dikembangkan dari Silabus Pembelajaran sebagai upaya lebih terarahnya KBM penerima didik untuk mencapai kompetensi dasar.
Setiap Guru mata pelajaran baik di MI/SD, MTs/SMP, dan SMA/SMK wajib menciptakan RPP secara sistematis sesuai dengan petunjuk Permendikbud biar tujuan pembelajaran tercapai secara maksimal.
RPP harus disusun secara sistematis, interaktif, inspiratif, menyenangkan, lebih menantang, tidak kaku alias monoton, menjadi motivasi, dan lebih menawarkan ruang gerak terhadap penerima didik untuk lebih berbagi minat dan bakatnya.
Kapan RPP disusun dan dikembangkan?
RPP harus dikembangkan maksimal setiap awal tahun pedoman gres atau per semester. RPP dapat dikembangkan oleh seorang guru mata pelajaran atau kelompok kerja guru (KKG) istilah Madrasah MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran).
Prinsip RPP
- RPP dikembangkan dari Silabus pembelajaran di tingkat Nasional
- RPP supaya penerima didik lebih aktif
- RPP dikembangkan sesuai dengan tujuan Kurikulum 2013
- RPP disusun dan diterapkan menurut tantangan, peluang, terutama penerapan TIK
- RPP disusun menurut kerkaitan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)
- RPP harus berbagi budaya literasi
- RPP harus mecetak penerima didik yang lebih berdikari dan terus mencar ilmu
Komponen dan Sistematika Penyusunan RPP
Menurut Permendikbud Nomor 81 A Tahun 2013, bahwa RPP minimal harus terdiri dari komponen:
- Tujuan Pembelajaran,
- Materi Pembelajaran,
- Metode Pembelajaran,
- Sumber Belajar, dan
- Penilain
Contoh Format RPP Kurikulum 2013 revisi 2017
Contoh Format RPP K13 (Sebelum revisi)
Langkah Pengembangan RPP
RPP harus dikembangkan secara tematik, RPP tematik ini merupakan proses pembelajaran terpadu, jelas dari tema/materi yang sedang diajarkan. Berikut ini proses pengembangan RPP:
- Terlebih dahulu mengkaji Silabus Pembelajaran,
- Selanjutnya mengidentifikasi materi pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran,
- Menentukan Tujuan Pembelajaran,
- Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran mulai dari aktivitas pendahuluan, pembahasan, penilaian dan penutup,
- Penjabaran jenis penilaian
- Menentukan Alokasi Waktu
- Menentukan Sumber Belajar
Perbedaan RPP Kurikulum 13 dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
Komponen RPP Kurikulum 2013 (2016)
- Nama Sekolah
- Mata Pelajaran
- Kelas
- Topik
- Alokasi Waktu
- Kompetensi Inti
- Kompetensi Dasar & Indikator
- Materi Pembelajaran
- Kegiatan Pembelajaran (Pendahuluan, Inti, Penutup)
- Teknik Penilaian
- Media, alat, materi dan sumber belajar
- Tanda-tangan Guru Mata Pelajaran & Kepala Sekolah
Komponen RPP KTSP
- Satuan Pendidikan
- Mata Pelajaran
- Kelas/Semester
- Materi Pokok
- Standar Kompetensi
- Kompetensi Dasar
- Indikator
- Tujuan Pembelajaran
- Materi Pembelajaran
- Media, Alat dan Sumber Belajar
- Strategi Pembelajaran
- Langkah-langkah Pembelajaran
- Penilaian
Sudah saatnya seorang Guru/Tenaga Pendidik untuk lebih memahami, menyusun, mengkaji, mengevaluasi RPP secara utuh biar tujuan pembelajaran tersampaikan secara maksimal dan menghasilkan penerima didik yang mandiri, berkarakter, serta lebih menyayangi ilmu.
Sumber https://cariduit-dot.blogspot.com/