Format Pengolahan Nilai Mapel Pjok Kelas 4 Kk13
Format Pengolahan Nilai Mapel PJOK Kelas 4 KK13
Penilaian merupakan suatu kegiatan yang dilakukan guru yang berkaitan dengan pengambilan keputusan perihal pencapaian kompetensi dasar sesudah mengikuti proses pembelajaran. Data yang diperoleh pendidik selama pembelajaran berlangsung dijaring dan dikumpulkan melalui mekanisme dan alat penilaian yang sesuai dengan kompetensi dasar atau indikator yang akan dinilai. Dari proses ini, diperoleh potret/profil kemampuan penerima didik dalam mencapai sejumlah kompetensi dasar yang dirumuskan dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan masing-masing. Data tersebut dibutuhkan sebagai gosip yang diandalkan sebagai dasar pengambilan keputusan.
Format Pengolahan Nilai Mapel PJOK Kelas 4 KK13 |
Penilaian pendidikan ialah proses untuk mendapat gosip perihal prestasi atau kinerja penerima didik. Hasil penilaian dipakai untuk melaksanakan penilaian terhadap keberhasilan penerima didik dalam mengikuti pembelajaran dan efektivitas proses pembelajaran yang diselenggarakan bersama oleh guru dan penerima didik beserta perangkat pembelajaran lain yang digunakan. Fokus penilaian pendidikan ialah proses dan hasil berguru penerima didik dalam mencapai kompetensi yang ditentukan. Pada tingkat mata pelajaran, kompetensi yang harus dicapai berupa Standar Kompetensi Lulusan (SKL) sebagai sasaran final pada satuan pendidikan, Kompetensi Inti (KI) pada satuan tingkat kelas serta mata pelajaran yang selanjutnya dijabarkan dalam bentuk Kompetensi Dasar (KD) sebagai jabaran lebih lanjut dari kedua kompetensi sebelumnya.
Penilaian pendidikan merupakan suatu proses yang dilakukan melalui langkah-langkah perencanaan, penyusunan alat penilaian, pengumpulan gosip melalui sejumlah bukti yang mengatakan pencapaian hasil berguru penerima didik, pengolahan, dan penggunaan gosip perihal hasil berguru penerima didik. Penilaian dilaksanakan melalui banyak sekali teknik/cara, menyerupai penilaian unjuk kerja (performance), penilaian tertulis (paper and pencil test) atau lisan, penilaian proyek, penilaian produk, penilaian melalui kumpulan hasil kerja/karya penerima didik (portfolio), dan penilaian diri.
Penilaian hasil berguru baik formal maupun informal diadakan dalam suasana yang menyenangkan, sehingga memungkinkan penerima didik mengatakan apa yang dipahami dan bisa dikerjakannya. Hasil berguru seorang penerima didik dalam periode waktu tertentu dibandingkan dengan hasil yang dimiliki penerima didik tersebut sebelum mengikuti proses pembelajaran, dan dianalisis apakah ada peningkatan kemampuan, kalau tidak terdapat peningkatan yang signifikan, maka guru memunculkan pertanyaan; apakah aktivitas yang saya buat terlalu sulit?, apakah cara mengajar saya kurang menarik?, apakah media yang dipakai tidak sesuai?, dan lain-lain. Tingkat kemampuan satu penerima didik tidak dianjurkan untuk dibandingkan dengan penerima didik lainnya, biar tidak merasa rendah diri, merasa dihakimi oleh pendidik tetapi dibantu untuk mencapai kompetensi atau indikator yang diharapkan.
Berikut ini Format Pengolahan Nilai Mapel PJOK Kelas 4 KK13 yang dapat Bapak/Ibu guru download dengan membuka link download dibawah ini. Semoga bermanfaat...
Link Download:
Teknik Mapel PJOK Kelas 4 KK13