Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Model Kurikulum Sekolah Layanan Khusus Smp/Mts Lengkap

Model Kurikulum Sekolah Layanan Khusus SMP/MTs Lengkap
Layanan pendidikan merupakan satu kajian penting untuk memenuhi kebutuhan belum dewasa berkebutuhan khusus (ABK), yang mempunyai keunikan tersendiri dalam jenis dan karakteristiknya, dan membedakan mereka dari belum dewasa normal pada umumnya. Keadaan inilah yang menuntut adanya pembiasaan dalam kontribusi layanan pendidikan yang dibutuhkan. Keragaman yang terjadi, memang terkadang menyulitkan guru dalam upaya kontribusi layanan pendidikan yang sesuai. Namun apabila guru telah mempunyai pengetahuan dan pemahaman mengenai cara memperlihatkan layanan yang baik, maka akan sanggup dilakukan secara optimal.

Pada bab unit ini saudara akan mengkaji konsep umum mengenai layanan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus, yang dilengkapi dengan beberapa ilustrasi yang akan memudahkan saudara untuk mengkajinya. Selain itu juga akan disampaikan model-model layanan pendidikan yang sesuai untuk anak berkebutuhan khusus. Di bab tamat kajian ini, secara khusus akan dibahas mengenai pendidikan inklusif belum dewasa berkebutuhan khusus di sekolah umum.
Model Kurikulum Sekolah Layanan Khusus Sekolah Menengah Pertama Model Kurikulum Sekolah Layanan Khusus SMP/MTs Lengkap
Model Kurikulum Sekolah Layanan Khusus SMP/MTs Lengkap

Untuk memperdalam kajian saudara dalam unit ini, saudara juga diminta untuk mengerjakan latihan-latihan yang disediakan. Dengan demikian usai mengikuti kajian ini saudara akan mempunyai pengetahuan dan keterampilan dalam memperlihatkan layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus.


Pendidikan inklusi merupakan seseuatu yang gres di dunia pendidikan Indonesia. Istilah pendidikan inklusif atau inklusi, mulai mengemuka semenjak tahun 1990, dikala konferensi dunia ihwal pendidikan untuk semua, yang diteruskan dengan pernyataan salamanca ihwal pendidikan inklusif pada tahun 1994.

Pendidikan inklusif  mempunyai prinsip dasar bahwa selama memungkinkan, semua anak seyogyanya berguru gotong royong tanpa memandang kesulitan ataupun perbedaan yang mungkin ada pada mereka. Tetapi yang membedakan ialah masyarakatnya, mereka berpandangan bahwa sekolah inklusif hanya untuk siswa berkebutuhan khusus dan belum sepenuhnya wali murid percaya pada sekolah inklusif ada yang lebih menentukan home schooling untuk anak mereka, yang menjadi pertanyaan disini ialah bagaimana semoga sekolah inklusif tidak dipandang rendah oleh masyarakat? dan bagaimana sekolah inklusif menerima kepercayaan dari masyarakat semoga belum dewasa mereka yang berkebutuhan khusus disekolahkan di sekolah inklusif? itulah yang menjadi kiprah pemerintah untuk memberdayakan sekolah inklusif lebih baik lagi dan menerima kepercayaan dikalangan masyarakat.

Silahkan Download Model Kurikulum Sekolah Layanan Khusus SMP/MTs Lengkap Di sini.

Link Download: